DetikForum

DetikForum (http://forum.detik.com/index.php)
-   Hidup Sehat (http://forum.detik.com/forumdisplay.php?f=30)
-   -   Pertanda ataukah ketakutan Belaka,.... (http://forum.detik.com/showthread.php?t=108262)

d4nk_83 27th June 2009 13:06

Pertanda ataukah ketakutan Belaka,....
 
Assalamu Alaikum Wr. Wb.

Akhir2 ini saya sering merasa takut akan yang namanya kematian, bayangan2 akan keluarga dan teman yg sy akan tinggalkan apabila mati, ketakutan akan siksa kubur, ketakutan akan dosa yg banyak kuperbuat, dan ketakutan2 lain yang berhubungan dengan kematian itu. Bahkan tak jarang sy sering terdiam, membayangkan semua ketakutan2ku itu…..

Mungkin sy bisa bercerita awal mula munculnya rasa takutku ini,…

Tanggal 24 april lalu, ayahandaku tercinta meninggal dunia karena serangan jantung, tanpa ada peringatan akan sakit, atau perawatan dari kami sekeluarga. Sebagai anaknya, saya mengikuti semua prosesi penguburannya dengan sedih yang mendalam, bahkan saya harus menahan kesedihanku atau isak tangisku agar ibunda saya tidak ikut menangis dan dapat bersabar. Padahal rasa kehilangan dan sakit yang kualamai luar biasa besarnya. Ini pengalaman pertamaku melihat secara langsung proses penguburan dan juga ikut memandikan jasad almarhum.

Ketakutanku pertama muncul, pada saat mengetahui bahwa Jantung dan Gula dapat menurun kepada anak laki2nya. Akhirnya saya memulai beraktivitas2 yang dapat menyehatkan jantung dan menjaga kondisi tubuh saya untuk tetap sehat. Karena sy diliputi bayang2 ketakutan, bahwa saya juga kemungkinan besar terkena jantung dan gula,…

Tak lama berselang, saya dan teman teman menonton ceramah taksiyah, yang mengatakan beberapa tanda2 kematian, yaitu : 1. Tangan akan berbunyi apabila diusap, 2. Langit2 mulut akan geli jika bersentuhan dengan ujung lidah, 3. Keringat dan air mata terasa asin. Setelah menonton ceramah tersebut, saya sangat rajin melakukan semua yang diucapkan ustadz tersebut, bahkan mulai berpikiran tentang kematian yang mungkin menimpa diriku. Belum lagi, beruntun setelah kematian ayahandaku, banyak teman2ku yang meninggal dunia,…Inna Lillahi Wa Inna Ilaihi Rajiunnn,…..

Setelah itu, rasa ingin tahuku bertambah, aku sempat memberanikan diri untuk mencari tahu lebih jelas tanda2 kematian yang lain, terutama melalui web,….mulailah aku mendapat tanda2 kematian mulai dari 100 hari, sampai pada proses pencabutan nyawa seseorang. Dikatakan bahwa 100 hari sblm meningglnya seseorang, seluruh tubuhnya akan merasakan getaran pada waktu menjelang ashar, walhasil, aku selalu berimajinasi seakan2 tubuhku memang bergetar. Tanda yang lain, 7 hari sebelum kematian, jika lidah menyentuh langit2 mulut tidak akan geli, tiap hari dan tiap jam, seya selalu melakukannya, akhrinya sampai pada puncaknya kemarin siang, dimana saya tidak lagi merasakan geli di langit2 mulut saya,…ketakutanku akhirnya semakin memuncak…aku bertanya2 terus ke diriku,…apakah ini pertanda bagi saya,..?? ataukah karena ada logika medis di belakangnya,…karena rasa geli itu kadang muncul, tapi kadang juga tidak….sebagai informasi, saya salah seorang perokok aktif, saya sering merasa ada sesuatu di langit2 mulut saya,….apakah karena itu,…bukan karena memang pertanda saya akan meninggal,..????

Belum lagi, setelah menceritakan perasaan ketakutanku ini terhadap teman dan keluargaku, mereka semua menangis,...saya merasa bahwa itu mungkin salah satu tanda juga,....sehingga bukannya perasaanku bisa tenang setelah menceritakannya, tapi malah bertambah takut,...

Depresi, tertekan dan merasa takut luar biasa,….semakin mewarnai hari2ku,…aku sadar setelah rasa ketakutan ini muncul aku semakin rajin beribadah, karena rasa takutku untuk menghadapi siksa kubur, api neraka, dan rasa betapa kotornya diriku sebagai manusia yang penuh dosa…..saya merasa mungkin ini hikmah dari semua ini…..tapi ketakutan2ku tetap saja muncul,…semakin hari semakin besar….apalagi setelah sempat merasa langit2 mulutku tidak geli apabila bersentuhan dengan ujung lidahku….tiap kejadian selalu sy anggap pertanda atau firasat datangnya kematian itu,…tapi saya sendiri belum tahu pasti,…apakah itu benar atau tidak,….

Harap bantuannya,….penjelasan secara medis (terutama masalah langit2 mulut yang kadang terasa geli, kadang tidak), maupun religious sangat diharapkan,…terima kasih sebelmunya,…

Wassalamu Alaikum Wr. Wb.

bizon 27th June 2009 14:37

Wah mas, maaf aja ya. Tapi kalo gitu sih anda bisa benar2 mati karena ketakutan anda sendiri. Daripada fokus sama kematiannya lebih baik fokus sama hal positifnya.

Contohnya begini, sekarang anggap aja mas bakal mati beberapa minggu lagi.

1. Apa yang bisa anda lakukan untuk orang2 yang anda cintai seandainya hidup anda benar2 tinggal sebentar lagi?
2. Anda ingin mati dikenang sebagai apa?
3. Apa yang ingin anda tinggalkan untuk orang2 tercinta?

Hidup atau mati itu ditangan Tuhan mas. Kita bisa aja ngerencanain mati tapi kalo Tuhan ga ngasih, kita ga bakalan mati. Fokus untuk melakukan yang terbaik aja selagi masih hidup. Dekatkan diri sama Tuhan, perbanyak silaturahmi, perbanyak amal ibadah, sedekah dll. Jadi kalopun harus mati insyaalloh amalnya udah cukup, soalnya mati itu bisa kapan aja, di mana aja, dan pada siapa aja.

Quote:

Originally Posted by d4nk_83 (Post 8321837)
Tak lama berselang, saya dan teman teman menonton ceramah taksiyah, yang mengatakan beberapa tanda2 kematian, yaitu : 1. Tangan akan berbunyi apabila diusap, 2. Langit2 mulut emang kadang geli kadang nggak kalo bersentuhan dengan ujung lidah, 3. Keringat dan air mata terasa asin.

Wah ga salah tuh mas? Tangan kalo diusap ya bakal bunyi gesekan gitu. Langit2 mulut kalo disentuh ujung lidah emang geli, kadang ga juga sih kalo udah dibiasain mah. Trus keringat dan air mata itu emang rasanya asin kok setau gw. Dibohongin tuh sama yang ceramahnya :sweatdrop:

d4nk_83 27th June 2009 17:37

Quote:

Originally Posted by bizon (Post 8322427)
Wah ga salah tuh mas? Tangan kalo diusap ya bakal bunyi gesekan gitu. Langit2 mulut kalo disentuh ujung lidah emang geli, kadang ga juga sih kalo udah dibiasain mah. Trus keringat dan air mata itu emang rasanya asin kok setau gw. Dibohongin tuh sama yang ceramahnya :sweatdrop:

masa sih,...?? emang sih,...gw sering banget nyentuhin ujung lidah di langit2 mulut gw...mungkin karena keseringan kali yah,..??:sweatdrop:
emang sih,...gw kadang merasa geli, kadang tidak,....kalo udah lama g gw gerak2in lg,....biasanya rasa gelinya muncul lagi....

ataukah pengaruh sugesti gw kali yah,..??

jadi intinya,...ini cuma ketakutan gw aja yah bro,..?? ada saran g bro cara ngilangin ketakutan gw ini,....

kitkatku 27th June 2009 20:07

sama, gw juga ...:sweatdrop:

d4nk_83 27th June 2009 20:25

Quote:

Originally Posted by kitkatku (Post 8324548)
sama, gw juga ...:sweatdrop:

masa sih bro,..???? :speachless:

seriusss,...???

ketakutanku memang berlebih....terkadang sesuatu yang biasa selalu sy anggap sebagi tanda2 kematian sendiri,...

contohnya,...tiba2 keinginanku datang untuk makan buah, sy anggap itu firasat kematian,...
trus,....baru2 ini mata gw sakit sebalah kanan, dan mata kiri gw berdenyut denyut,....eh,...gw malah negative thinking lagi.....gw bilang " jangan2 ini pertanda juga,..???"

kitkatku 27th June 2009 21:25

Quote:

Originally Posted by d4nk_83 (Post 8324627)
masa sih bro,..???? :speachless:

seriusss,...???

ketakutanku memang berlebih....terkadang sesuatu yang biasa selalu sy anggap sebagi tanda2 kematian sendiri,...

contohnya,...tiba2 keinginanku datang untuk makan buah, sy anggap itu firasat kematian,...
trus,....baru2 ini mata gw sakit sebalah kanan, dan mata kiri gw berdenyut denyut,....eh,...gw malah negative thinking lagi.....gw bilang " jangan2 ini pertanda juga,..???"

ketakutan itu mang selalu ada tiba2 di gw, dan impaknya membuat gw harus cepet2 selesaiin masalah gw, dan membuat gw gak mau ada masalah ma sekitar gw, termasuk gw juga harus prepare buat orang2 sekitar gw, supaya mereka ga terlalu sedih kalau tiba2 ajal datang, yang pasti gw yakin bahwa ajal itu bisa datang kapan saja dan selama kita dah memberikan yang terbaik tuk sekitar kita, pasti gw akan siap kapan aja ajal gw tiba .... Insyallah... Amien. :roses:

d4nk_83 28th June 2009 02:55

Quote:

Originally Posted by kitkatku (Post 8324913)
ketakutan itu mang selalu ada tiba2 di gw, dan impaknya membuat gw harus cepet2 selesaiin masalah gw, dan membuat gw gak mau ada masalah ma sekitar gw, termasuk gw juga harus prepare buat orang2 sekitar gw, supaya mereka ga terlalu sedih kalau tiba2 ajal datang, yang pasti gw yakin bahwa ajal itu bisa datang kapan saja dan selama kita dah memberikan yang terbaik tuk sekitar kita, pasti gw akan siap kapan aja ajal gw tiba .... Insyallah... Amien. :roses:

menurut bro,...
kira2 cara bwt ngilangin rasa takut ini gmana,..??

jadi mungkin ini cuma psikologis aja yah bro,..??

bizon 28th June 2009 09:28

Quote:

Originally Posted by d4nk_83 (Post 8327086)
menurut bro,...
kira2 cara bwt ngilangin rasa takut ini gmana,..??

jadi mungkin ini cuma psikologis aja yah bro,..??

Yap. Jangan sampe deh mati karena stress.

Persepsi terhadap kematiannya itu yang harus diubah bro. Kematian itu indah kalo yang kita tuju adalah surga.

Yang bisa gw saranin adalah: daripada fokus sama ketakutan akan kematian, coba deh fokus pada rasa syukur atas semua nikmat yang pernah bro terima. Bro bisa bikin jurnal syukur harian. Bukan buat menghitung nikmat loh, tapi buat melatih diri untuk menyadari bahwa bro sebenarnya sangat beruntung, anggota tubuh masih lengkap, masih punya keluarga yang saling menyayangi, masih punya kerjaan, masih bisa bernafas, masih bisa makan, dll. Ga bakalan kehitung deh bro, nikmat yang udah bro terima.

Setiap bangun tidur, cobalah bersyukur karena masih bisa bangun, kemudian tersenyumlah. Kemudian yakinkan diri bahwa setiap hari adalah hari terbaik dalam hidup bro.

Trus, tips lainnya coba rutinkan olahraga bro, kalo bisa tambahin olahraga pernafasan, soalnya itu membantu pikiran buat rileks. Kondisi mental kita sangat dipengaruhin oleh kondisi fisik, begitu juga sebaliknya, kondisi fisik dipengaruhi oleh kondisi pikiran. Tubuh dan pikiran itu satu kesatuan.

Gunakan kata-kata positip setiap harinya. Dan kalo perasaan takut itu tiba-tiba muncul, cobalah berkata begini pada diri sendiri:

"Ya Alloh, meskipun saya takut mati, saya ikhlas menerima perasaan takut ini, dan saya pasrahkan kepada-Mu sepenuhnya ketenangan hati saya."

Ulangi berkali-kali sampai perasaan itu hilang.

Kalo masih terasa sulit untuk menghilangkan ketakutan itu, bro lebih baik hubungi terapis NLP, terapis SEFT, atau hypnoterapist.

Semoga membantu

kitkatku 28th June 2009 18:53

Quote:

Originally Posted by bizon (Post 8327847)
Yap. Jangan sampe deh mati karena stress.

Persepsi terhadap kematiannya itu yang harus diubah bro. Kematian itu indah kalo yang kita tuju adalah surga.

Yang bisa gw saranin adalah: daripada fokus sama ketakutan akan kematian, coba deh fokus pada rasa syukur atas semua nikmat yang pernah bro terima. Bro bisa bikin jurnal syukur harian. Bukan buat menghitung nikmat loh, tapi buat melatih diri untuk menyadari bahwa bro sebenarnya sangat beruntung, anggota tubuh masih lengkap, masih punya keluarga yang saling menyayangi, masih punya kerjaan, masih bisa bernafas, masih bisa makan, dll. Ga bakalan kehitung deh bro, nikmat yang udah bro terima.

Setiap bangun tidur, cobalah bersyukur karena masih bisa bangun, kemudian tersenyumlah. Kemudian yakinkan diri bahwa setiap hari adalah hari terbaik dalam hidup bro.

Trus, tips lainnya coba rutinkan olahraga bro, kalo bisa tambahin olahraga pernafasan, soalnya itu membantu pikiran buat rileks. Kondisi mental kita sangat dipengaruhin oleh kondisi fisik, begitu juga sebaliknya, kondisi fisik dipengaruhi oleh kondisi pikiran. Tubuh dan pikiran itu satu kesatuan.

Gunakan kata-kata positip setiap harinya. Dan kalo perasaan takut itu tiba-tiba muncul, cobalah berkata begini pada diri sendiri:

"Ya Alloh, meskipun saya takut mati, saya ikhlas menerima perasaan takut ini, dan saya pasrahkan kepada-Mu sepenuhnya ketenangan hati saya."

Ulangi berkali-kali sampai perasaan itu hilang.

Kalo masih terasa sulit untuk menghilangkan ketakutan itu, bro lebih baik hubungi terapis NLP, terapis SEFT, atau hypnoterapist.

Semoga membantu


Alhamdullilah, sampai hari ini Allah masih memberikan umur kepada gw ...:roses:

testakraze 30th June 2009 06:04

Quote:

Tak lama berselang, saya dan teman teman menonton ceramah taksiyah, yang mengatakan beberapa tanda2 kematian, yaitu : 1. Tangan akan berbunyi apabila diusap, 2. Langit2 mulut akan geli jika bersentuhan dengan ujung lidah, 3. Keringat dan air mata terasa asin.
gua punya nih ciri ciri

kalau penyebab ketakutan dimulai dari penyakit keturunan
coba cek kesehatan

yang namanya kematian juga ada kualitas
kualitas kaya apa? suasana dan kondisi ketika seseorang meninggal

Quote:

Wah mas, maaf aja ya. Tapi kalo gitu sih anda bisa benar2 mati karena ketakutan anda sendiri. Daripada fokus sama kematiannya lebih baik fokus sama hal positifnya.

Contohnya begini, sekarang anggap aja mas bakal mati beberapa minggu lagi.

1. Apa yang bisa anda lakukan untuk orang2 yang anda cintai seandainya hidup anda benar2 tinggal sebentar lagi?
2. Anda ingin mati dikenang sebagai apa?
3. Apa yang ingin anda tinggalkan untuk orang2 tercinta?
gua setuju ama bizon
mati itu semua orang mengalami
tapi pengaruhnya kepada orang-orang yang anda cintai, andalah yang menentukannya


All times are GMT +8. The time now is 07:18.


Powered by vBulletin
Copyright © 2000 - 2006, Jelsoft Enterprises Ltd.