DetikForum

DetikForum (http://forum.detik.com/index.php)
-   Sosial Budaya (http://forum.detik.com/forumdisplay.php?f=52)
-   -   Kisah menarik Sacha The muslim (http://forum.detik.com/showthread.php?t=1707085)

PokokePaket 1st May 2018 09:30

Kisah menarik Sacha The muslim
 

My story of Islam
WARNING: Video 21 menit, bisa mengakibatkan ketuaan pada Kids zaman Now

Ini kisah Sacha dari Islam "ekstrem" (aka Text book) yg ber-niqab hingga akhirnya melepas hijab

Menurut gw, apa yg dilakukan Sacha sebagai org yg ingin mendalami "sesuatu" sudah benar, yaitu belajar langsung dari sumbernya

Tapi anehnya dia malah ketakutan sendiri. karena kata (dia) "Kalau udah mengetahui sesuatu itu dilarang, dan masih melakukannya, maka akan kena hukumannya"


Di kolom komentar banyak yg mengatakan : hal ini terjadi karena Sacha tidak mendalami tauhid terlebih dahulu
(PS: Tauhid boleh diartikan sebagai suatu keyakinan yang mutlak terhadap Allah s.w.t. tanpa disekutukan dengan yang lain.)

Tapi bukankah proses yang benar adalah :
Tidak percaya >> Dipelajari >> outputnya

Dan bukannya
Tidak percaya >> Langsung percaya >> baru dipelajari

Bagi gw, proses yg kedua lebih mirip percaya buta :bingung1:


Dan singkatnya, saat ini Sacha menganggap dirinya Islam KTP, tapi setidaknya hidup dia bisa lebih tenang :thumbsup1:

4e853460 1st May 2018 09:56

hebat nih mbak nya, bisa hafal 6 juz, kita ajah palingan hafal ayat kursi sama surat dhuha yang agak jauhan dikit, apakah mbak nya juga bisa bahasa arab juga kok bisa lancar bicara bahasa indonesia.

OmniScience 1st May 2018 10:47

Memang biasanya yang Muallaf lebih "hardcore" dibanding yang warisan.
Ini gak terjadi ama Islam saja, coba liat saja PKB yang kemarin baru masuk Katolik.

Nah pada Sacha ini, mungkin saat itu dia terlalu semangat, sampai di tengah2 malah bingung sendiri dengan semua itu.
Selain itu, values yang diajarin saat kecil (masih non-Muslim) pasti berbeda dengan values yang diajarkan oleh Islam.
Padahal values yang tertanam saat kecil, membekas sampai dewasa.
Seandainya Sacha diajarkan Islam dari kecil, mungkin bagi dia gak bakal ada conflicting values, atau kebutuhan untuk merasionalisasi atas pemahaman dia terhadap Islam.

Dan kalau bener2 mau konstekstual, seperti yang coba dilakukan oleh Sacha, maka pasti bener2 sulit mempratekkan hidup 1400 tahun yang lalu dengan saat sekarang.

Toh pada akhirnya anggap saja itu semua adalah suatu proses :music:

eko.brawijayadi 1st May 2018 13:50

Quote:

Originally Posted by PokokePaket (Post 38100767)

My story of Islam
WARNING: Video 21 menit, bisa mengakibatkan ketuaan pada Kids zaman Now

Ini kisah Sacha dari Islam "ekstrem" (aka Text book) yg ber-niqab hingga akhirnya melepas hijab

Menurut gw, apa yg dilakukan Sacha sebagai org yg ingin mendalami "sesuatu" sudah benar, yaitu belajar langsung dari sumbernya

Tapi anehnya dia malah ketakutan sendiri. karena kata (dia) "Kalau udah mengetahui sesuatu itu dilarang, dan masih melakukannya, maka akan kena hukumannya"


Di kolom komentar banyak yg mengatakan : hal ini terjadi karena Sacha tidak mendalami tauhid terlebih dahulu
(PS: Tauhid boleh diartikan sebagai suatu keyakinan yang mutlak terhadap Allah s.w.t. tanpa disekutukan dengan yang lain.)

Tapi bukankah proses yang benar adalah :
Tidak percaya >> Dipelajari >> outputnya

Dan bukannya
Tidak percaya >> Langsung percaya >> baru dipelajari

Bagi gw, proses yg kedua lebih mirip percaya buta :bingung1:


Dan singkatnya, saat ini Sacha menganggap dirinya Islam KTP, tapi setidaknya hidup dia bisa lebih tenang :thumbsup1:

iman itu rank-nya sangat lebar dari iman yang seberat biji sawi atau bahkan lebih kecil dari itu sampai seberat gunung uhud atau bahkan lebih, mis. seberat Arsy-Nya .....demikian juga amal sholeh itu amat luas cakupannya dari sekedar menyingkirkan duri di jalan, memberi minum anjing yang kehausan, dll sampai yang diwajibkan dalam agama (Islam), sehingga pilihan untuk beramal sholeh itu amat luas sekali......justru kita dilarang memberat-beratkan diri dalam beragama (Islam), dianjurkan mengerjakan yang tidak memberatkan bagi kita....dan Alloh subhanahu wa ta'ala lebih suka kepada amal yang dikerjakan secara ajek atau istiqomah meskipun sedikit.....intinya jangan menghalalkan yang di haromkan Alloh subhanahu wa ta'ala dan Utusan-Nya, meskipun kita mengerjakan yang harom itu dan kita berdosa karena itu....dan jangan mengharomkan apa yang dihalalkan Alloh subhanahu wa ta'ala dan Utusan-Nya, meskipun kita tidak mengerjakan yang halal itu dan kita bisa berdosa karena itu.....kita manusia tidak akan luput dari dosa dan Alloh subhanahu wa ta'ala dan Utusan-Nya telah memberikan solusi untuk itu dengan cara selalu beristighfar, mohon ampun, dan bertobat......jangan sampai iman itu hilang dari diri kita dengan mengingkari Alloh subhanahu wa ta'ala dan utusan-Nya....

jadi no problem dengan apa yang dikerjakan sacha asal saja tetep menjaga iman kepada Alloh subhanahu wa ta'ala

dan proses yang benar itu....belajar---> percaya/iman----> amal sholeh

4e853460 1st May 2018 19:33

Quote:

Originally Posted by eko.brawijayadi (Post 38102006)
iman itu rank-nya sangat lebar dari iman yang seberat biji sawi atau bahkan lebih kecil dari itu sampai seberat gunung uhud atau bahkan lebih, mis. seberat Arsy-Nya .....demikian juga amal sholeh itu amat luas cakupannya dari sekedar menyingkirkan duri di jalan, memberi minum anjing yang kehausan, dll sampai yang diwajibkan dalam agama (Islam), sehingga pilihan untuk beramal sholeh itu amat luas sekali......justru kita dilarang memberat-beratkan diri dalam beragama (Islam), dianjurkan mengerjakan yang tidak memberatkan bagi kita....dan Alloh subhanahu wa ta'ala lebih suka kepada amal yang dikerjakan secara ajek atau istiqomah meskipun sedikit.....intinya jangan menghalalkan yang di haromkan Alloh subhanahu wa ta'ala dan Utusan-Nya, meskipun kita mengerjakan yang harom itu dan kita berdosa karena itu....dan jangan mengharomkan apa yang dihalalkan Alloh subhanahu wa ta'ala dan Utusan-Nya, meskipun kita tidak mengerjakan yang halal itu dan kita bisa berdosa karena itu.....kita manusia tidak akan luput dari dosa dan Alloh subhanahu wa ta'ala dan Utusan-Nya telah memberikan solusi untuk itu dengan cara selalu beristighfar, mohon ampun, dan bertobat......jangan sampai iman itu hilang dari diri kita dengan mengingkari Alloh subhanahu wa ta'ala dan utusan-Nya....

jadi no problem dengan apa yang dikerjakan sacha asal saja tetep menjaga iman kepada Alloh subhanahu wa ta'ala

dan proses yang benar itu....belajar---> percaya/iman----> amal sholeh

emang ceritanya aneh-aneh sih, katanya umar bin katab ke surga dengan burung, ada juga yang ke surga dengan sepotong roti.

Fan_fan 1st May 2018 19:57

Quote:

Originally Posted by 4e853460 (Post 38104187)
emang ceritanya aneh-aneh sih, katanya umar bin katab ke surga dengan burung, ada juga yang ke surga dengan sepotong roti.

Surga itu banyak pintunya.

dibawasuami 1st May 2018 23:00

Quote:





WWW. J U A L D O K U M E N .COM


ANTI PENIPUAN,TERPERCAYA DAN SELLER NOMOR 1 PALING RAMAI DI DETIK FORUM
SILAHKAN ADD BBM/WA UNTUK LIHAT RATUSAN TESTIMONI DOKUMEN KAMI YG SUDAH SAMPAI KE PELANGGAN



jasa pengurusan surat penting dan berharga proses ga ribet aman dan terpercaya
jual - E KTP - KK - NPWP - IJAZAH S1
JUAL IJAZAH SD - SMP - SMU - S1 - D3 - AKTE LAHIR - KTP
JUAL BUKU / AKTE NIKAH - AKTE TANAH - SERTIFIKAT TOEFL
JUAL IJAZAH IJASAH TERPERCAYA DAN TERAMAN








j u a l d o k u m e n KTP | KK |NPWP | ijasah SMA SMP SD | IJAZAH S1 S2 S3 | BPKB | STNK |AKTE LAHIR | AKTE NIKAH/kimpoi KAMI BISA MENYEDIAKANNYA DAN BERIKUT DOKUMEN ASLI / PALSU
HUBUNGI :
WA (WHATSAPP) : 083117772727
BBM : DE272A4C
YM/EMAIL : c s j u a l d o k u m e n @ y a h o o . c o m



WWW . J U A L D O K U M E N . COM TERPERCAYA


Selamat Datang di J u a l D o k u m e n . c o m

SEBUAH WEBSITE LIVE 24 JAM YANG SENGAJA KAMI BUAT HANYA UNTUK MEMBANTU ANDA SEMUA, DALAM HAL JASA UNTUK MEMBANTU MENGURUS DAN MEMBUAT ATAU MENDUPLIKAT SURAT-SURAT PENTING DAN BERHARGA ANDA

Tujuan kami adalah membantu anda untuk menyediakan jasa penduplikatan, pengurusan dan pembuatan segala macam dokumen ataupun surat penting dalam kehidupan anda sehari hari. Karena Surat atau dokumen tersebut sangat dibutuhkan dalam kegiatan kita sehari-hari baik untuk pribadi anda maupun untuk hal lainnya.

J u a l D o k u m e n . c o m hanyalah berniat membantu anda semua untuk mempermudah dan mempersingkat waktu proses pengurusan atau pembuatan surat / dokumen yang diinginkan, kami berkerja secara professional dan tidak akan pernah berniat untuk mengecewakan anda apalagi berniat menipu. Karena kepercayaan dan loyalitas anda pada kami adalah segalanya bagi kami.

J u a l D o k u m e n . c o m dalam pembuatan surat/dokumen anda hanya menggunakan Form Asli sehingga mungkin saja harga kami mungkin lebih tinggi dibanding yang lain yang hanya menggunakan form hasil print atau percetakan. Tetapi anda dapat membandingkan hasil kami dari yang lainnya.

BEST REGARDS

J u a l D o k u m e n . c o m

Jenis dokumen yang dapat kami bantu untuk membuatnya :

IJAZAH SD
IJAZAH SLTP
IJAZAH SMU
IJAZAH S1
IJAZAH S2
IJAZAH DI DII DIII
KTP
KARTU KELUARGA
KTP+KARTU
KELUARGA
AKTA KELAHIRAN
AKTA NIKAH
BUKU NIKAH
AKTA CERAI
AKTA KEMATIAN
SERTIFIKAT TOELF
SERTIFIKAT RUMAH
SERTIFIKAT TANAH
PBB
STNK
BPKB MOBIL
REKENING KORAN
BUKU TABUNGAN BANK
UTILITY BILL (BILLING STATEMENT)
SIUP
TDP
NPWP
SURAT KETERANGAN KERJA
SLIP GAJI CARBONIZED
SURAT KETERANGAN SAKIT







j u a l d o k u m e n KTP | KK |NPWP | ijasah SMA SMP SD | IJAZAH S1 S2 S3 | BPKB | STNK |AKTE LAHIR | AKTE NIKAH/kimpoi KAMI BISA MENYEDIAKANNYA DAN BERIKUT DOKUMEN ASLI / PALSU
HUBUNGI :
WA (WHATSAPP) 083117772727
BBM : DE272A4C
YM/EMAIL : c s j u a l d o k u m e n @ y a h o o . c o m


WWW . J U A L D O K U M E N . C O M TERPERCAYA


bodong 1st May 2018 23:35

Kuncinya untuk non muslim belajar islam yg baik dan benar adalah pertama Niatnya luruskan dahulu, Niatkan untuk mengenal lebih dekat dengan Allah swt.. Karena in syaa allah bila niatnya mendekati Allah swt maka janjinya Allah swt akan mendekati dirimu juga.. Setelah niatnya lurus dan diperbaiki setiap hari maka saatnya untuk memohon HidayahNya di setiap saat kita berdoa.. Tanya kenapa? Karena tanpa seijinNya tanpa hidayahNya dan petunjukNya di setiap hari, maka anda mustahil, tidak mungkin bisa belajar islam dgn baik dan benar..


Faktanya ada byk non muslim di dunia barat khususnya jurusan teologi yg hapal Alquran, hapal hadits, hapal buku buku ulama tetapi tidak juga tertarik untuk masuk islam.. Tanya kenapa? Karena merasa dirinya lebih baik, lebih tinggi dan lebih pintar dari Allah swt atau dg kata lain tidak memohon hidayahNya serta petunjukNya untuk mempelajari ilmu islam..

Allah swt yang Maha Mengatur tidak pernah tidur sedetik pun.. Silakan belajar ilmu islam tetapi minta ijin dulu dong kepada Allah swt supaya bisa menikmati kebenaran ilmu islam.. Wassalam

bodong 1st May 2018 23:40

Quote:

Originally Posted by bodong (Post 38106198)
Kuncinya untuk non muslim belajar islam yg baik dan benar adalah pertama Niatnya luruskan dahulu, Niatkan untuk mengenal lebih dekat dengan Allah swt.. Karena in syaa allah bila niatnya mendekati Allah swt maka janjinya Allah swt akan mendekati dirimu juga.. Setelah niatnya lurus dan diperbaiki setiap hari maka saatnya untuk memohon HidayahNya di setiap saat kita berdoa.. Tanya kenapa? Karena tanpa seijinNya tanpa hidayahNya dan petunjukNya di setiap hari, maka anda mustahil, tidak mungkin bisa belajar islam dgn baik dan benar..


Faktanya ada byk non muslim di dunia barat khususnya jurusan teologi yg hapal Alquran, hapal hadits, hapal buku buku ulama tetapi tidak juga tertarik untuk masuk islam.. Tanya kenapa? Karena merasa dirinya lebih baik, lebih tinggi dan lebih pintar dari Allah swt atau dg kata lain tidak memohon hidayahNya serta petunjukNya untuk mempelajari ilmu islam..

Allah swt yang Maha Mengatur tidak pernah tidur sedetik pun.. Silakan belajar ilmu islam tetapi minta ijin dulu dong kepada Allah swt supaya bisa menikmati kebenaran ilmu islam.. Wassalam

Saran ini juga berlaku untuk diriku dan semua muslim yg lain termasuk yg islam ktp

PokokePaket 2nd May 2018 08:44

Quote:

Originally Posted by OmniScience (Post 38101127)
Memang biasanya yang Muallaf lebih "hardcore" dibanding yang warisan.
Ini gak terjadi ama Islam saja, coba liat saja PKB yang kemarin baru masuk Katolik.

Nah pada Sacha ini, mungkin saat itu dia terlalu semangat, sampai di tengah2 malah bingung sendiri dengan semua itu.
Selain itu, values yang diajarin saat kecil (masih non-Muslim) pasti berbeda dengan values yang diajarkan oleh Islam.
Padahal values yang tertanam saat kecil, membekas sampai dewasa.
Seandainya Sacha diajarkan Islam dari kecil, mungkin bagi dia gak bakal ada conflicting values, atau kebutuhan untuk merasionalisasi atas pemahaman dia terhadap Islam.

Dan kalau bener2 mau konstekstual, seperti yang coba dilakukan oleh Sacha, maka pasti bener2 sulit mempratekkan hidup 1400 tahun yang lalu dengan saat sekarang.

Toh pada akhirnya anggap saja itu semua adalah suatu proses :music:

yg merah: seperti mau rebus katak yah om, katanya kan ngga boleh langsung diceburin ke air panas, tapi harus dari air adem, baru direbus pelan2 #OOTdikit :nyengir:

Padahal secara keilmuan Sacha bisa masuk LIPIA yg kabarnya susah. Jadi kepikiran klo gw diposisi Sacha, apa akan mengalami hal yg sama


All times are GMT +8. The time now is 22:30.


Powered by vBulletin
Copyright © 2000 - 2006, Jelsoft Enterprises Ltd.