DetikForum

DetikForum (http://forum.detik.com/index.php)
-   Pendidikan (http://forum.detik.com/forumdisplay.php?f=128)
-   -   Ujian Nasional (http://forum.detik.com/showthread.php?t=5384)

EOS550D 19th November 2007 14:25

Ujian Nasional
 
Perlu gak seh sebenernya dilanjutin??
kalo menurut gw, kayaknya itu cuma proyek untuk segelintir orang..

salah satunya yang gw liat selama ini, sama sekali gak ada tindak lanjut dari UN taon-taon sebelumnya...

Lanto 19th November 2007 15:01

Quote:

Originally Posted by 4lun (Post 174425)
Perlu gak seh sebenernya dilanjutin??
kalo menurut gw, kayaknya itu cuma proyek untuk segelintir orang..

salah satunya yang gw liat selama ini, sama sekali gak ada tindak lanjut dari UN taon-taon sebelumnya...

tetep perlu...kalo ngga,gimana nentuin standarnya...kalo mslh proyek..???mmmm...ya emang proyek...

kramotak1 20th November 2007 20:38

:iagree: YA JELAS PERLU DONG, MALAH KALO BS STANDART KELULUSANNYA DI TINGKATKAN AND DIREVISI TERUS:lol:

emblazon 21st November 2007 00:13

Ini pelu sekali, tetapi untuk mendorong anak supaya belajar, harus nya pemerintah dan sekolah2 SLTP / SLTA harus kasih standard, misalkan untuk SLTP, dari 6 top pelajaran, harus ada nilai 500 untuk sekolah ternama di Indonesia, untuk SLTA, Universitas A misalnya harus ada nilai 450 dari 5 pelajaran test UN.

Jika tidak, murid akan mengharapkan untuk pas pasan sekitar 60an, Kalo kita bisa mencoba dongkrak kenapa ngak? Lantas ada pula kan murid yang padahal berhasil banget, tapi ga dapet fakultas yang ia mau karena ga ada dana. Ijasah lulus saja tidak berarti kalo ternyata nilai nya pas pasan. Harus terus memaksa si murid belajar lebih giat untuk mendapatkan pelajaran apa yang ia mau.

M agung 21st November 2007 09:23

Ini tetap harus dilanjutkan beberapa faktor harus dipertimbangkan
1. Meratakan standar pendidikan hingga ke desa2, guna menciptakan sumberdaya manusia yg andal.
2. Memperdayakan guru2 untuk lebih aktif di Sekolah dalam belajar dan mengajar karena jikalau banyak murid yg tidak lulus disekolahnya maka sekolah tersebut akan sepi peminat.
3.Untuk orang tua akan lebih aktif juga mendidik pola belajar anak sewaktu di rumah.
4. Murid akan lebih disibukan dengan kegiatan seperti kursus atau belajar bersama ketimbang tawuran dan hal2 lain yg berbau negatif.

Kesemua itu akan saling terkait dengan sendirinya.

MAJULAH INDONESIAKU

ctrlaltdel 21st November 2007 14:20

diadakan sih gpp
jadi jgn jadi syarat kelulusan
syarat kelulusan nya seharusnya akumulasi dari semua nilai ulangan, PR, absen, perilaku murid, kerapihan, keaktifan dll

colabs 21st November 2007 14:57

Ya iyalah harus tetap ada tiap tahun. Negara-negara lain kan juga ada ujian nasional tiap tahun.
Ujian nasional kan gunanya untuk evaluasi apakah siswa benar-benar belajar dengan baik selama menempuh pendidikan di sekolah. Kalo memang belajar yg benar, pasti lulus kan ?

Gw sempat kecewa waktu kemarin liat ada anak sekolah yg demo supaya UN dihapuskan. Ironis banget. Apa sih yg harus ditakutkan ? Masa sih nilai 5,25 aja nggak bisa dilewatin buat lulus ? Emangnya waktu belajar di sekolah selama ini dihabiskan buat apa aja ?
Jangan jadikan proyek segelintir orang sebagai alasan untuk menolak UN.

naferyo 21st November 2007 14:58

Kalo g ada UN terus diganti apa? Isi TTS:lol:

M agung 21st November 2007 18:59

Quote:

Originally Posted by ctrlaltdel (Post 190106)
diadakan sih gpp
jadi jgn jadi syarat kelulusan
syarat kelulusan nya seharusnya akumulasi dari semua nilai ulangan, PR, absen, perilaku murid, kerapihan, keaktifan dll

PR, Ulangan, Absen, dll untuk menentukan standar dari mana ? dari sekolah..? gw rasa itu udah ga effektif lagi, alias bisa dimanipulasi oleh pihak sekolah pada akhirnya.

m4rt3n 24th November 2007 03:02

Ujian nasional saya rasa masih perlu.. dan perlu mendapat perhatian kita semua. Banyak kejanggalan2 dalam pelaksanaan UN, seperti bocornya soal misalnya...

Kita juga perlu tau knapa ujian nasional skarang jadi permasalahan buat guru atau siswa. Setau saya, dulu jamannya masih pk EBTANAS, ga ada siswa demo suruh ilangin EBTANAS tapi ga tau sih..

Tanya Knapa ?


All times are GMT +8. The time now is 07:08.


Powered by vBulletin
Copyright © 2000 - 2006, Jelsoft Enterprises Ltd.