DetikForum

DetikForum (http://forum.detik.com/index.php)
-   Politik (http://forum.detik.com/forumdisplay.php?f=49)
-   -   [diskusi sehat] Rumah susun berlapis2 masuk ngakal gak? (http://forum.detik.com/showthread.php?t=1617721)

celingak-celinguk 6th November 2017 13:49

[diskusi sehat] Rumah susun berlapis2 masuk ngakal gak?
 
Quote:

Minggu 05 November 2017, 15:48 WIB
Sandiaga Jelaskan Tentang Konsep Program Rumah Berlapis

Jakarta - Salah satu rencana program Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wagub Sandiaga Uno yang berkaitan dengan tempat tinggal warga ialah program Rumah Berlapis. Konsep program ini sejatinya sama serupa rumah susun.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan Rumah Berlapis adalah perumahan yang berbentuk vertikal. Namun jumlah lantainya tidak banyak.

"Bahwa itu konsepnya adalah lapis 1, lapis 2, lapis 3, dan itu yang menurut kami harus digunakan yaitu vertikal. Tapi jangan dibayangkan 16 lantai begitu," terang Sandiaga saat ditemui di Masjid Al Ikhlas, Jl Cipete III, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (5/11/2017).

Meski demikian, menurut dia konsep rumah berlapis ini belum matang. Katanya, warga juga harus memberikan masukan ihwal konsep dan lokasinya.

"Ini mungkin yang lebih cocok dengan ekosistem masyarakat yang secara aktif mengusulkan, juga bagaimana mereka ingin ditata. Jadi, kita ingin merangkul juga," ujar dia.

Sandiaga pun mengklaim sudah ada pengembang yang ingin merealisasikan program rumah berlapis. "Tapi katanya ada beberapa pengembang swasta sudah ready untuk launching," katanya.
(bag/bag)
Ada tiga poin utama dari berita di atas:
1. Rumah Lapis
2. Konsepnya belum matang
3. Butuh masukan dari warga dari sisi konsep dan lokasi


Sumber beritanya banya, secara lebih detail silakan baca di link2 dibawah ini
LINK 1
LINK 2
Quote:

Anies menyebut terminologi "lapis" memiliki arti yang sama dengan "susun". Dalam konsep rumah berlapis, rumah-rumah bisa disusun satu tingkat, dua tingkat, dan seterusnya.

"Sebenarnya kalau Anda lihat izin, tulisannya apa? Lapis. Satu lapis, dua lapis, tiga lapis. Boleh Anda sebut susun, boleh sebut lapis, sama saja," ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Sabtu (4/11/2017).
LINK 3

------------
Jadi udah deh lupakan soal janji rumah tapak depa depe nal nol itu...udah gak bakalan terwujud. Kasian klo didesak terus sampe ke pojokan juga gak bakalan jadi tuh janji. Toh sudah cukup bahagia dengan ditutupnya alexis kan?

Kita disini bahas yg lebih rasional saja...gimana realisasi dari rumah susun berlapis2 ini. Gak usah didebat beda rumah susun ama rumah lapis...anis udah bilang kalo itu sama aja. Pengen taun rumah susun yg lapis2nya gak banyak? bisa diliat di tanah abang deket2 rumahnya rijik..itu udah termasuk rumah susun jaman dahulu kala...jd ide rumah lapis ini bukan ide baru

Nah...mari kita kasih solusi utk mereka berdua daripada kelimpungan ditanyak muluk ama wartawan:

Dimana lokasinya? klo menurut ane yg paling bagus utk pencitraan adalah kampung akuarium. Kalo terwujud maka setidaknya penataan kampung akuarium akan memenuhi janji kampanye walau soal rumah DP nol koma kosong udah gagal

Buat siapa? ntar dulu...kita musti tau dulu ini status kepemilikannya gimana? sewa atau hak milik? sebaiknya sih hak milik..minimal setengah janji kampanye lah terwujud..klo sewa kan sama aja ama ahok

oke..buat siapa? ntar dulu...kita musti jelas dulu kira2 mau dijual berapa? cicilan wajar 20 persen dari penghasilan UMP adalah 20% x 3.6juta = cicilan 800rban per bulan. Angka 3.6juta adalah dari angka UMP. Kalo harga segini maka kelas buruh atau warga kampung akuarium bisa nyicil (tentu saja tetap tanpa DP baik dalam rupiah maupun persen). Jadi harga total sekitar 200-300juta per unit...harga segini masih nembus janji kampanye soal rumah murah walau udah gak sanggup memenuhi rumah tapak.

Kapan mau dibangun? ntar ya dipelajari dulu proyeknya...urusan mempelajari sepatu dinas aja belum kelar nih...kan ente2 lagi diminta kasih masukan...jadi jangan nanyak kapan dibangunnya.

Berapa lapis? biar warga gak gempor naik turun tanpa menggunakan lift maka maksimal 4 lantai (ini pun kadang ada yg bilang harus ada lift klo 4 lantai)...idealnya 3 lantai saja.

oke udah...jadi buat siapa? krn lokasinya yg pertama ane usulin di kampung akuarium...maka ya buat warga sonoh lah..

oke...silakan memberikan masukan kepada pemimpin jakarta...kurlebnya isi saran ente2 adalah:
Lokasi dimana?
Harga berapa?
Hak milik atau sewa?
Siapa yg boleh beli?
Target berapa unit?

shaymala 6th November 2017 13:55

kan masih menunggu sayembara walikota mana yang duluan punya jalan keluar

marple 6th November 2017 13:56

kira2 kalo cuma 4 lantai bisa berapa banyak tuh? bisa ga orang2 yg msh belum punya rumah dapet semua jatah beli di situ?

jgn2 yg bisa beli org2 yg berhubungan dengan proyek tsb dan dijual mahal.

biasanya sih gitu :oooh..:

celingak-celinguk 6th November 2017 14:16

Quote:

Originally Posted by marple (Post 36899445)
kira2 kalo cuma 4 lantai bisa berapa banyak tuh? bisa ga orang2 yg msh belum punya rumah dapet semua jatah beli di situ?

jgn2 yg bisa beli org2 yg berhubungan dengan proyek tsb dan dijual mahal.

biasanya sih gitu :oooh..:

3 lantai saja sudah bisa mengurangi 3 kali lipat kepadatan rumah kampung akuarium dan dari sisi pemeliharaan nantinya bisa dikelola mandiri..

sisa 2/3 lokasi bisa utk RTH atau fasum lainnya.

kalo soal pembelinya ya utk kampung akuarium ya khusus utk mereka

klo lokasi lain kita kembalikan ke janji kampanye yg bikin halusinasi depa depe nol koma kosong dulu itu mau dikasih buat siapa?

yg dulu demo paling depan boleh lah ambil antrian awal

:thumbsup1:

marple 6th November 2017 14:37

Quote:

Originally Posted by celingak-celinguk (Post 36899723)
3 lantai saja sudah bisa mengurangi 3 kali lipat kepadatan rumah kampung akuarium dan dari sisi pemeliharaan nantinya bisa dikelola mandiri..

sisa 2/3 lokasi bisa utk RTH atau fasum lainnya.

kalo soal pembelinya ya utk kampung akuarium ya khusus utk mereka

klo lokasi lain kita kembalikan ke janji kampanye yg bikin halusinasi depa depe nol koma kosong dulu itu mau dikasih buat siapa?

yg dulu demo paling depan boleh lah ambil antrian awal

:thumbsup1:

kampung aquarium di mana sih, mas :blushing001:

kalo lokasi laen emg msh banyak yg kosong di jkt utk bangun rumah DP 0% gitu

shaymala 6th November 2017 14:38

Pulau Seribu bukannya termasuk wilayah DKI

celingak-celinguk 6th November 2017 14:40

Quote:

Originally Posted by marple (Post 36900126)
kampung aquarium di mana sih, mas :blushing001:

kalo lokasi laen emg msh banyak yg kosong di jkt utk bangun rumah DP 0% gitu

katanya sih yg digusur ama ahok


ya minimal direalisasikan di sana lah...kan janjinya mau belain warha kampung sonoh itu


klo lokasi lain ya ntar dipikirin dan dipelajari dulu lagi..

:thumbsup1:

angel111 6th November 2017 15:11

Hahhahaha......siiiippp gan...

angel111 6th November 2017 15:13

Quote:

Originally Posted by shaymala (Post 36899434)
kan masih menunggu sayembara walikota mana yang duluan punya jalan keluar

Enak ya, dikit2 lempar walikota... kl nggak ya dipelajari dulu....emang warga terpelajar Bang Sandy

dwi2124 6th November 2017 15:25

Bisa kalau mau gelontorin uang banyak....

pertama tama harus ada pembebasan lahan dulu ( kalau bisa yang dekat dengan kampung mereka) misal yang tinggal di tepi sungai ya bebasin lahan yang ada di pinggir jalan yg dekat dengan sungai itu. Pembebasan harus disertai paksaan dan harga yg diberikan 10 x lipat dari NJOP tau lebih tinggi dari itu, pokoknya lahan harus bebas.....

kemudian rumahnya dirobohkan dan dibangun kue lapis mandarin. Bahannya ya seadanya, mau pakai mertega, tepung gandum dan telor juga bisa.... pokoknya yg murah .... ide pakai bambu aja.... ( paling penting bisa tahan 5 thn sampai pilkada lagi) buat tiga tingkat. jadilah kandang burung dan dp 0%...

oh iya jangun lupa dilukis dan di cat warna warni sesuai budaya betawi...

pinggir sungai bersih, tidak digusur cuma dipindahkan dekat, dan DP 0%, murah lagi cuma harga tanah dan bangunan disubsidi pemerintah.... bisa gratis bahkan....

hebat khan ide saya..... pokoknya OK OCE.....:senyummanis::thumbsup1::thumbsup1:


All times are GMT +8. The time now is 09:48.


Powered by vBulletin
Copyright © 2000 - 2006, Jelsoft Enterprises Ltd.