DetikForum

DetikForum (http://forum.detik.com/index.php)
-   Berita Ekonomi (http://forum.detik.com/forumdisplay.php?f=91)
-   -   Penting! Berikut tips menabung untuk generasi Milenial! (http://forum.detik.com/showthread.php?t=1590188)

scofi.tech 15th September 2017 10:18

Penting! Berikut tips menabung untuk generasi Milenial!
 
https://cdns.klimg.com/merdeka.com/i...di-bii-yuk.jpg


Hobi nongkrong dan belanja di tempat-tempat hits dan punya gaya hidup fancy di Ibukota, rasanya udah ngedeskripsiin banget generasi millennial saat ini. Ditambah lagi, generasi ini udah dicap banget sama perilakunya yang gabisa lepas dari gadget.

Seiring berjalan zamannya, teknologi udah semakin maju dan gabisa kita tolak. Hal itu juga diiringin sama hadirnya media sosial yang booming banget hingga saat ini. Meskipun saat ini segala sesuatunya menjadi lebih mudah karena adanya teknologi, perilaku yang hedon juga semakin menjadi bagi generasi milenials ini. Gaheran generasi ini cenderung lebih konsumtif dan boros. Padahal menabung itu adalah langkah masa depan yang cerdas bagi kita. Gaada kata terlambat untuk berubah Millenials….
Yuk ikuti tips nabung berikut ini!

1. Persiapin catatan keuangan
Sebelum kita menabung, baiknya kita nyiapin catatan keuangan tersendiri gan. Gunanya buat apa? Gunanya untuk mencatat pengeluaran dan pemasukan kita setiap bulan, dari pengeluaran kecil hingga yang besar sekalipun. Selain itu, catatan keuangan juga dapat memperlihat arus keuangan agan secara menyeluruh, sehingga kita dapat mengkoreksi pengeluaran yang tidak penting di setiap bulannya jika ada.

2. Jangan lupa tentukan target yang ingin dicapai
Tak hanya memiliki catatan keuangan, sebelum menabung kita pun harus punya target yang nantinya akan kita dicapai dalam waktu tertentu. Contohnya, dalam 1,5 hingga 5 tahun kedepan kita harus punya sebanyak 500 juta. Dengan adanya target, memudahkan kita untuk tahu berapa uang yang harus kita sisihkan setiap bulan agar target tercapai di waktu yang telah ditentukan pada akhirnya.

3. Jual barang-barang yang sudah tidak bermanfaat.
Banyak dari Millenials memiliki barang yang sebetulnya tidak terlalu penting untuk mereka. Nah, daripada jadi sia-sia dan lapuk dimakan zaman, alangkah lebih baik jika agan menjualnya untuk menambah tabungan agan dan siapa tahu barang tersebut bisa bermanfaat bagi orang lain. Sebaiknya cari info jika ada bazar di sekitar lingkungan tempat agan tinggal.

4. Buat celengan pribadi
Terkadang kita sering ngerasa bete ketika mendapatkan kembalian uang receh setelah berbelanja dan malah membuangnya, seperti ane gan dulu. Daripada di buang, buat celengan pribadi mu dan simpan seluruh kembalian uang receh kalian ke celengan pribadi ini. Jangan salah meskipun nilainya sedikit, jika disimpan semakin sering akan jadi besar loh jumlahnya. Sedikit demi sedikit lama lama jadi bukit gan. Hehehe

5. Persiapkan asuransi untuk langkah jangka panjang
Buat yang satu ini, banyak banget millennials yang pasti belum sadar akan pentingnya asuransi. Asuransi ini penting banget untuk mempersiapkan rencana jangka panjang. Saat ini asuransi pun beranekaragam mulai dari asuransi pendidikan, kendaraan, hingga kesehatan dengan manfaat yang berbeda-beda. Selain itu, gunanya asuransi adalah mengcover kebutuhan kita terjadi hal-hal yang tidak terduga seperti kecelakaan ataupun sakit. Apalagi pola hidup generasi millennials yang gak terkontrol, mengonsumsi makanan yang kurang sehat sering dilakukan. So, wajib banget buat kita minimal memiliki asuransi kesehatan, agar ngerasa aman saat hal yang tak terduga melanda. Ane sendiri saat ini punya asuransi yang saat ini menggunakan sistem cashless yang bisa digunakan di lebih dari 800 rumah sakit, jadi gak perlu ribet mikirin biaya berobat lagi.

Hal – hal diatas tadi adalah tips untuk menabung untuk generasi millennials menurut ane, Gan. Ingat, millennials juga harus punya rencana jangka panjang okey bukan sekedar gaya hidup yang kece!

Punya tips lain nabung lain untuk Millenials? Share di komen ya gan:D


scofi.tech 15th September 2017 10:19

:D :D :D :D :D

citralestari47 15th September 2017 11:15

Terima kasih atas tipsnya.

Jangan lupa juga investasi ke pada hal-hal yang vital.




NeverBlock, Internet Cepat, VPN Cepat, VPN Murah, VPN Gratis, VPN Aman, VPN Indonesia, VPN Terbaik, Buka internet positif, Neverblock.me

anditaayu 25th September 2017 11:59

Kalo denger kata milenials tuh agak gimana gitu ya. hahaha

gesitnd 25th September 2017 12:39

jadi tantangan tersendiri ya harus nabung buat generasi millenial wkwk

myvasanta 22nd May 2019 07:53

mantul bener agan ini

retroboxphotoboothjakarta 20th June 2019 12:47

yah mudah2an gw masih termasuk generasi milenials .. :D

suitmed1 20th June 2019 14:59

Terimakasih infonya gan, memang harus di persiapkan sejak dini


All times are GMT +8. The time now is 03:45.


Powered by vBulletin
Copyright © 2000 - 2006, Jelsoft Enterprises Ltd.