DetikForum

DetikForum (http://forum.detik.com/index.php)
-   Sejarah (http://forum.detik.com/forumdisplay.php?f=191)
-   -   12 suku israel.. Ada yg suka sejarah 10 suku israel yang hilang..? (http://forum.detik.com/showthread.php?t=254203)

Abieseka 18th April 2011 21:32

12 suku israel.. Ada yg suka sejarah 10 suku israel yang hilang..?
 
Adanya legenda 10 suku israel yang hilang dan terpisah dr 2 suku yg lainnya.mereka adalah anak2 nabi yakub/jacob.merekalah asal usul bani israil..

albisia 29th April 2011 18:03

zzzzzzzzzzzzzz....

ngorok deh albi....


aku kira TS mo bagi cerita....

taunya nanya:no:


padahal aku juga penasaran tentang sejarah suku Ibrani ini

Abieseka 29th April 2011 19:03

Aku critain dikit aja ya.lg pake hp soalnya,lg ntn royal wedding,komputer di kamar.

Thread diatas lebih kepada mambahas kisah 10 suku israel yg hilang.Dimana asal dari suku israel ini sendiri berasal dari trah yakub.
Nabi yakub yang juga putra dari ishak bin ibrahim memiliki 12 putra yang menjadi cikal bakal dr bani israil,yang lebih sering disebut 12 suku israel.Keduabelas nama tersebut adalah yusuf,benyamin,yehuda,dan,asyer,zebulun,gad,naftal i,ruben,isakhar,simeon,lewi.
Jadi cikal bakal dari 12 suku israel ini tidak lain adalah nabi yakub anak ishak anak ibrahim dari siti sarah,istri pertamanya.
Kalau pernah dengar cerita nabi yusuf yang dulu dimasukkan kedalam sumur oleh saudara2nya ,ya yang diatas itu.Yang pada akhirnya nabi yusuf hidup di mesir dan mempunyai pangkat yang terhormat,saat itu pula saudara saudatanya beserta ayahnya diajak untuk tinggal di Mesir bersamanya.Ini juga yang menjadi cikal bakal hidupnya bani israil di tanah mesir.Mereka beranak pinak selama beratus tahun di mesir dengan hidup yg bercukupan sampai dengan pernah hidup sebagai budak,seperti cerita dari jaman nabi Musa atau Moses.
Musa sendiri berasal dari suku lewi yg dimana dia dipercaya dihanyutkan disungai untuk menghindari pembantaian bayi laki laki bani israil.Sampai pada akhirnya Musa yang sempat hidup di istana memimpin eksodus besar besaran bani israil yang menjadi budak untuk keluar dari mesir.
Gt dulu ya,ntar ak sambung lagi.
Yukkk

albisia 30th April 2011 13:11

duuuuh pengen ngepost susah amet gara2 fitur baru LG:mad:





btw....

ya, albi pernah baca ttg 12 ato 10 suku Israil yg diturunin sama Nabi Ibrahim/Abraham...


cuman yg albi belom mahfum banget tuh perkembangannya dari ke 12 suku tersebut & penyebarannya di zaman sekarang...

kira2 distinguishing/perbedaan antara klan satu dgn yg lain tuh gimana?

kan kalo di suku albi (batak) setiap klan dipisahin ama marga2...





trus apa hubungannya ke 12 klan israil tsb dengan Isa/Yesus, Daud/David, Zakaria/Zachary, Musa/Moses, dan Harun/Aaron?

Abieseka 30th April 2011 14:46

Kalau perkembangan dijaman skarang ane kagak gt paham.ribet,ada hubungannya sama holocaust juga.gak gt trtarik sama sejarah modern.

Tp diyakini yg skarang hidup di istael sana tu turunanny suku yehuda sama suku benyamin.
.jadi td ak crita dah sampai musa/moses yg mengajak bani israil keluar dr tanah mesir menuju tanah kana'an setelah mereka berhasil melewati kejaran tentara firaun(ramsesII,meneftah ,msh dlm perdebatan).Nah nabi musa (1527-1428SM) ini adalah keturunan suku lewi (slh satu 12 suku israel) harun juga,karena mereka saudara.Musa anak dr amram dan yokhebed dr bani israil yg saat itu hidup sebagai budak.Pada jaman nabi yusuf(1745-1635 SM) mereka hidup makmur,tapi setelah yusuf wafat,hidup bani israil tidak sama lagi.Seratus tahun lebih usai yusuf tiada,lahirlah musa yg dihanyutkan di sungai dan pernah hidup di istana.
Nah kalau daud/king david ini beda lagi.
Daud/david adalah menantu dari raja pertama israil serikat yaitu saul.Catatan saja,Saul berasal dr suku benyamin .Daud dr suku yehuda pernah mengalahkan jaluth atau goliath ini mendapat tempat dihati para rakyat bani israil.daud adalah raja kedua kerajaan israel,memerintah dr(1010-970 SM).
Raja ketiga nya adalah salomon/sulaiman.Anak dari daud.
Solomon juga raja terakhir kerajaan israel serikat.Karena setelah wafatnya Solomon,Israel terpecah menjadi 2 kerajaan,selatan dan utara.Selatan bernama kerajaan yehuda beribukota di yerusalem dan di utara kerajaan Israel ibukota bernama samaria.Kerajaan yehuda didukung 2 suku israil(benyamin dan yehuda) dan kerajaan israel didukung 9 suku lainnya.

.Zakharia ini juga termasuk nabi dari bani israil.Masa hidupnya jauh dr masa masa kerajaan israel.hidup di masa skitar 100 SM.Dia dr garis solomon,berarti dr suku yehuda.Dia dipercaya juga sebagai ayah angkat mariam(ibu isa) zakaria ini yg memiliki istri bernama elizabeth yg hamil pada usia tua dan akhirnya mempunyai anak bernama yahya atau yohannes,yg kelak akan menjadi nabi besar sebelum kelahiran isa.Saya duga yohannes ini adalah yohannes sang pembaptis.
.
Sedangkan nabi isa/yesus lahir sekitar 2SM.Isa lahir dr rahim maria yang masih kerabat dengan elizabeth istri zakharia.Maria bertunangan dengan yusuf yg berasal dr trah daud.Diperkirakan maria berasal dr trah harun yg berarti dr suku lewi,ad juga yg mengatakan maria jg berasal dr trah daud.
Gt dulu yah..

albisia 3rd May 2011 14:58

^
siapa juga yg mo ngebahas holocaust...

albi juga males kalo Israil tuh dikit2 identik dengan holocaust Nazi...


yg aku maksud sih lebih baik kita bahas sesuai thread, yaitu sejarah kaum yahudi dari zaman romawi dahulu, ke abad pertengahan sampe masa revolusi Industri yg menjadi 'bangsa pengembara' di permukaan bumi ini...


pas jaman Musa dan Aaron dulu aku juga pas pelajaran sejarah islam sedikit mengupas tentang perjalanan kaum Israil itu dari tanah mesir ke Yerikho...

nah setelah itu aku gak tau lagi gimana nasib kaum Yahudi itu:(

dan apa yg terjadi setelah penyebrangan laut merah

hamal 3rd May 2011 15:25

Quote:

Originally Posted by Abieseka (Post 13034335)
Thread diatas lebih kepada mambahas kisah 10 suku israel yg hilang.Dimana asal dari suku israel ini sendiri berasal dari trah yakub.
Nabi yakub yang juga putra dari ishak bin ibrahim memiliki 12 putra yang menjadi cikal bakal dr bani israil,yang lebih sering disebut 12 suku israel.Keduabelas nama tersebut adalah yusuf,benyamin,yehuda,dan,asyer,zebulun,gad,naftal i,ruben,isakhar,simeon,lewi.

Quote:

Originally Posted by Abieseka (Post 13040344)

Tp diyakini yg skarang hidup di istael sana tu turunanny suku yehuda sama suku benyamin.

Sedikit menambahkan ...
Walaupun Yakub memiliki 12 putra sebagaimana nama-nama di atas, tetapi ketika pembagian tanah, maka keturunan Yusuf diwakili oleh dua suku, yaitu Efraim dan Manasye, sedangkan keturunan Lewi tidak mendapat bagian. Keturunan Lewi justru dianggap memiliki kedudukan yang penting, yaitu sebagai imam bagi suku2 lain, oleh karena itu kuturunan Lewi membaur dengan ke-12 suku yang ada tsb.

Nah, kemudian Kerajaan Israel terpecah menjadi dua (Utara dan Selatan), dimana Utara diwakili oleh suku Efraim dan 9 suku lainnya (total ada 10). sedangkan Kerajaan Selatan hanya diwakili oleh suku Yehuda dan Benyamin. sebenarnya suku Lewi tetap eksis di kedua negara tsb, cmiiw.
Dan ketika Alkitab mencatat bahwa hanya suku Yehuda dan Benyamin saja yang tercatat kembali dari pembuangan, sebenarnya suku Lewi pun juga masih eksis, karena memang suku Lewi membaur di setiap suku yang ada.
Itu bisa menjelaskan kenapa di jaman nabi Yesus, suku Lewi pun masih ada.


.
Quote:

Originally Posted by Abieseka (Post 13040344)
Sedangkan nabi isa/yesus lahir sekitar 2SM.Isa lahir dr rahim maria yang masih kerabat dengan elizabeth istri zakharia.Maria bertunangan dengan yusuf yg berasal dr trah daud.Diperkirakan maria berasal dr trah harun yg berarti dr suku lewi,ad juga yg mengatakan maria jg berasal dr trah daud.
Gt dulu yah..

Saya pribadi percaya bahwa Maria berasal dari suku Lewi, dan masih keturunan Harun.

Abieseka 3rd May 2011 16:58

Kaisar Vesvasianus dr roma adalah kaisar yang memerintahkan untuk menindas bangsa yahudi di palestina,dan mereka terusir dr palestina/kana'an di jaman kuno.
Jd pada jaman vesvasianus inilah mereka tersebar.Entah itu yahudi jilid berapa.Mungkin itu adalah cicit cicit dr suku yehuda dan benyamin.

si.mania 3rd May 2011 17:02

Quote:

Originally Posted by Abieseka (Post 13040344)
Kalau perkembangan dijaman skarang ane kagak gt paham.ribet,ada hubungannya sama holocaust juga.gak gt trtarik sama sejarah modern.

Tp diyakini yg skarang hidup di istael sana tu turunanny suku yehuda sama suku benyamin.
.jadi td ak crita dah sampai musa/moses yg mengajak bani israil keluar dr tanah mesir menuju tanah kana'an setelah mereka berhasil melewati kejaran tentara firaun(ramsesII,meneftah ,msh dlm perdebatan).Nah nabi musa (1527-1428SM) ini adalah keturunan suku lewi (slh satu 12 suku israel) harun juga,karena mereka saudara.Musa anak dr amram dan yokhebed dr bani israil yg saat itu hidup sebagai budak.Pada jaman nabi yusuf(1745-1635 SM) mereka hidup makmur,tapi setelah yusuf wafat,hidup bani israil tidak sama lagi.Seratus tahun lebih usai yusuf tiada,lahirlah musa yg dihanyutkan di sungai dan pernah hidup di istana.
Nah kalau daud/king david ini beda lagi.
Daud/david adalah menantu dari raja pertama israil serikat yaitu saul.Catatan saja,Saul berasal dr suku benyamin .Daud dr suku yehuda pernah mengalahkan jaluth atau goliath ini mendapat tempat dihati para rakyat bani israil.daud adalah raja kedua kerajaan israel,memerintah dr(1010-970 SM).
Raja ketiga nya adalah salomon/sulaiman.Anak dari daud.
Solomon juga raja terakhir kerajaan israel serikat.Karena setelah wafatnya Solomon,Israel terpecah menjadi 2 kerajaan,selatan dan utara.Selatan bernama kerajaan yehuda beribukota di yerusalem dan di utara kerajaan Israel ibukota bernama samaria.Kerajaan yehuda didukung 2 suku israil(benyamin dan yehuda) dan kerajaan israel didukung 9 suku lainnya.

.Zakharia ini juga termasuk nabi dari bani israil.Masa hidupnya jauh dr masa masa kerajaan israel.hidup di masa skitar 100 SM.Dia dr garis solomon,berarti dr suku yehuda.Dia dipercaya juga sebagai ayah angkat mariam(ibu isa) zakaria ini yg memiliki istri bernama elizabeth yg hamil pada usia tua dan akhirnya mempunyai anak bernama yahya atau yohannes,yg kelak akan menjadi nabi besar sebelum kelahiran isa.Saya duga yohannes ini adalah yohannes sang pembaptis.
.
Sedangkan nabi isa/yesus lahir sekitar 2SM.Isa lahir dr rahim maria yang masih kerabat dengan elizabeth istri zakharia.Maria bertunangan dengan yusuf yg berasal dr trah daud.Diperkirakan maria berasal dr trah harun yg berarti dr suku lewi,ad juga yg mengatakan maria jg berasal dr trah daud.
Gt dulu yah..

oh maria bertunangan dg yusuf :bingung:

Abieseka 3rd May 2011 17:32

Quote:

Originally Posted by si.mania (Post 13064235)
oh maria bertunangan dg yusuf :bingung:

maria kan punya tunangan yang bernama yusuf.maria ibunya isa/yesus.
Kalau yusuf anaknya yakub itu beda lagi.


All times are GMT +8. The time now is 05:55.


Powered by vBulletin
Copyright © 2000 - 2006, Jelsoft Enterprises Ltd.