DetikForum

DetikForum (http://forum.detik.com/index.php)
-   Medan (http://forum.detik.com/forumdisplay.php?f=122)
-   -   Buat Pakar adat Batak Mohon bantuan!!! (http://forum.detik.com/showthread.php?t=83980)

joe.perdon 29th January 2009 21:29

Buat Pakar adat Batak Mohon bantuan!!!
 
Horas,

Mohon bantuan para pakar. Saya lg pacaran dengan seorang cewek, cuma ada sedikit ganjalan. Kebetulan ibunya satu marga dengan saya (jadi dia martulang sm sya). Sya pengen tau, kira2 bisa ngak nantinya pernikahan seperti ini di bawa ke acara adat batak?

Thanks.

Elite 2nd February 2009 19:10

Quote:

Originally Posted by joe.perdon (Post 6356944)
Horas,

Mohon bantuan para pakar. Saya lg pacaran dengan seorang cewek, cuma ada sedikit ganjalan. Kebetulan ibunya satu marga dengan saya (jadi dia martulang sm sya). Sya pengen tau, kira2 bisa ngak nantinya pernikahan seperti ini di bawa ke acara adat batak?

Thanks.

Saya bukan pakar ito. bisa saja menikah dengan cewek yang ibunya semarga dengan cowoknya. Yang penting, hubungan darahnya masih jauhhhh....
Kan sekarang, komunitas satu marga itu uda banyak bangat. Jadi, kalau ditarik-tarik hubungan darahnya bisa udah jauh bangat. Uda banyak contoh koq.
Jadi, engak usah khawatir deh. Kecuali Ito masih satu oppung dengan Ibunya cewek itu, bisa kacau...hula-hulanya parboru berubah jadi borunya...derajat Ito dan orang tua Ito, turun secara adat. cara menjalankan adatnya pun jadi simpang siur. Kalau hubungan darah terlalu dekat, orang tua memang cenderung melarang.

jstsu 3rd February 2009 11:50

Quote:

Originally Posted by Elite (Post 6414795)
Saya bukan pakar ito. bisa saja menikah dengan cewek yang ibunya semarga dengan cowoknya. Yang penting, hubungan darahnya masih jauhhhh....
Kan sekarang, komunitas satu marga itu uda banyak bangat. Jadi, kalau ditarik-tarik hubungan darahnya bisa udah jauh bangat. Uda banyak contoh koq.
Jadi, engak usah khawatir deh. Kecuali Ito masih satu oppung dengan Ibunya cewek itu, bisa kacau...hula-hulanya parboru berubah jadi borunya...derajat Ito dan orang tua Ito, turun secara adat. cara menjalankan adatnya pun jadi simpang siur. Kalau hubungan darah terlalu dekat, orang tua memang cenderung melarang.

ts, ikutan2 ya.. au pe dang pakar ateh, na mambege2 hata ni natua2 taringot tu paradaton do..

mungkin tergantung lokasi dan pribadi jg nambru.. walau sudah banyak kejadian yang mentolerir hal2 seperti itu.. bahkan sudah ada yang dari masih satu "punguan" sudah mentolerir hal seperti itu.. :sweatdrop:

tapi, masih banyak daerah2 yg menentang hal2 sperti "terdakwa" :cekakakan:
ada banyak tempat yg bilang "selama masih ada persamaan diantara marga atau bersilangan [seperti kasus "terdakwa"] pasti ditolak karna bagaimanapun si laki2 adalah tulang dari si cewek, walaupun sejauh mana hubungan darah itu.

artinya tergantung kebijakan ts dan keluarga serta kondisi "paradaton" lahhhhhhh.... klo sudah mentolerir, hajarrrr bleh!!! :music:

qadhal.athrex 4th February 2009 17:14

@ TS......gw sih bukan pakarnya adat, cuma sekedar sharing pengalaman aja......

tante gw yg paling kecil merit sama cowok yg marganya sama dgn nenek gw (mama-nya tante gw) dan gw tau betul itu tdk pernah dipermasalahkan dari awal dulu sampai skrg, so kesimpulan gw bukan sesuatu yg tabu sih.....

kalo mengenai urusan tata cara adatnya waktu ada pesta atau gimana, ya gw sih gak terlalu tau, tapi yg jelas blm pernah gw dengar bermasalah....dah pernah kok ada bbrp kali upacara adat, lancar-lancar aja kok.....

kalo bisa bikin elo lbh tenang, suaminya tante gw itu, orang tua & keluarganya masih tinggal di daerah asal mereka yg asli, jadi bisa diasumsikan mereka pasti tau betul & masih megang ketat urusan adat.
jadi asumsi gw sih kalo itu emang tabu ya pasti mereka dari awal dah ribut dong.....

sekali lagi, gw emang gak bisa jelasinnya secara adat, tapi yg jelas gw dah ngeliat langsung kejadian kayak gitu dan aman-aman aja.....

Milan_maniac 4th February 2009 17:26

Awak hanya bisa ucapkan selamat berjuang ya..
semoga jodohnya dapat..
Aku bukan orang Batak jadi cuma bisa kirim doa ya

Zelothes 5th February 2009 13:05

Masa TS mo kawin ama cucunya sendiri?

mrsleon 9th February 2009 10:19

Quote:

Originally Posted by joe.perdon (Post 6356944)
Horas,

Mohon bantuan para pakar. Saya lg pacaran dengan seorang cewek, cuma ada sedikit ganjalan. Kebetulan ibunya satu marga dengan saya (jadi dia martulang sm sya). Sya pengen tau, kira2 bisa ngak nantinya pernikahan seperti ini di bawa ke acara adat batak?

Thanks.

berarti ibunya itu sejajar dengan namboru / ito / anak kamu bukan ??

bukannya tidak dibolehkan menikahi anaknya namboru / ito / anak ???




:music:

joe.perdon 9th February 2009 14:05

Quote:

Originally Posted by qadhal.athrex (Post 6445326)
@ TS......gw sih bukan pakarnya adat, cuma sekedar sharing pengalaman aja......

tante gw yg paling kecil merit sama cowok yg marganya sama dgn nenek gw (mama-nya tante gw) dan gw tau betul itu tdk pernah dipermasalahkan dari awal dulu sampai skrg, so kesimpulan gw bukan sesuatu yg tabu sih.....

kalo mengenai urusan tata cara adatnya waktu ada pesta atau gimana, ya gw sih gak terlalu tau, tapi yg jelas blm pernah gw dengar bermasalah....dah pernah kok ada bbrp kali upacara adat, lancar-lancar aja kok.....

kalo bisa bikin elo lbh tenang, suaminya tante gw itu, orang tua & keluarganya masih tinggal di daerah asal mereka yg asli, jadi bisa diasumsikan mereka pasti tau betul & masih megang ketat urusan adat.
jadi asumsi gw sih kalo itu emang tabu ya pasti mereka dari awal dah ribut dong.....

sekali lagi, gw emang gak bisa jelasinnya secara adat, tapi yg jelas gw dah ngeliat langsung kejadian kayak gitu dan aman-aman aja.....

Thanks ats sharingnya. Jadi tmbh semnagt stlh bacanya :). Trs terang yg jdi ganjlan dlm pikiran sy slm ni adlh ttg acra adatnya. Klo dri sisi yg laen sya rasa gak d mslh dgn hubungan kmi ini.

Mudah2 bsa lancar :)

joe.perdon 9th February 2009 14:08

Quote:

Originally Posted by Elite (Post 6414795)
Saya bukan pakar ito. bisa saja menikah dengan cewek yang ibunya semarga dengan cowoknya. Yang penting, hubungan darahnya masih jauhhhh....
Kan sekarang, komunitas satu marga itu uda banyak bangat. Jadi, kalau ditarik-tarik hubungan darahnya bisa udah jauh bangat. Uda banyak contoh koq.
Jadi, engak usah khawatir deh. Kecuali Ito masih satu oppung dengan Ibunya cewek itu, bisa kacau...hula-hulanya parboru berubah jadi borunya...derajat Ito dan orang tua Ito, turun secara adat. cara menjalankan adatnya pun jadi simpang siur. Kalau hubungan darah terlalu dekat, orang tua memang cenderung melarang.

Makasih ito, senang bca reply nya. kmi ud jauh kok hubungan daarahnya. :)

joe.perdon 9th February 2009 14:14

Quote:

Originally Posted by mrsleon (Post 6507048)
berarti ibunya itu sejajar dengan namboru / ito / anak kamu bukan ??

bukannya tidak dibolehkan menikahi anaknya namboru / ito / anak ???




:music:

Setau sya kalo anak namboru kandung emang gk boleh. ksus sy kn bkn anak namboru kandng :). beberpa marga sy liat udh byk yng menikah walau msh serumpun. Nah untuk ksus sya, sy blm liat sendiri soalnya. Mknya sdkt ragu.


All times are GMT +8. The time now is 00:26.


Powered by vBulletin
Copyright © 2000 - 2006, Jelsoft Enterprises Ltd.