View Single Post
Old 1st December 2010, 13:00
#183  
Hafilova
Mania Member
Hafilova is offline

Hafilova's Avatar

Join Date: May 2009
Posts: 1,481
Hafilova is a divo/divaHafilova is a divo/divaHafilova is a divo/divaHafilova is a divo/divaHafilova is a divo/divaHafilova is a divo/diva

Default

That Evening Sun (2009)



Abner Meecham: " I worked too hard. And too long. I aint goin down without a fight "


Story: Abner Meecham (Hal Holbrook) baru saja melarikan diri dari panti jompo tempat dimana ia dititipkan oleh putranya selama ini. Dengan menumpang sebuah taksi, pria lanjut usia satu ini berupaya kembali pulang ke rumahnya di Tennessee. Namun betapa terkejutnya ia setelah mengetahui rumahnya itu telah disewakan oleh putranya kepada Lonzo Choat (Ray McKinnon), seorang pria yang sudah menjadi musuhnya sejak lama.

Lonzo jelas tidak begitu saja gampang di usir, bukan hanya karena dirinya sudah secara legal mendapatkan rumah tersebut, namun juga ia tidak mungkin membiarkan istrinya, Ludie (Carrie Preston) dan putrinya, Pamela (Mia Wasikowska) melihatnya sebagai seorang pecundang yang mudah diusir begitu saja, apalagi oleh orang yang dibencinya selama ini. Abner yang keras kepala ini kemudian menempati rumah kecil, atau mungkin lebih layak disebut gudang yang terletak di pinggir bekas rumahnya dan menyatakan dirinya tidak akan pindah sebelum rumah tersebut kembali ketangannya.


Review:
Diadapatasi dari sebuah kisah pendek berjudul I Hate to See That Evening Sun Go Down buah karya William Gay. Film yang disutradarai Scott Teems dan ditulis oleh William Gay ini mencoba menggambarkan kisah seorang manusia, dalam kasus ini seorang pria lanjut usia keras kepala yang wakili oleh karakter Abner Meecham dalam menjaga kenangan masa lalunya, khususnya kenangan akan istri tercintanya dalam bentuk rumah beserta perkarangannya.

Ya, mungkin menonton That Evening Sun akan membuat kita sedikit banyak teringat dengan Gran Torino-nya Clint Eastwood, kedua film sama-sama menggambarkan kisah seorang pria lanjut keras kepala dalam mepertahankan ego-nya, kedua karakternya juga sama-sama belajar dari persitiwa disekitarnya untuk menjadi manusia yang lebih baik, dan keduanya sama-sama didukung oleh akting hebat dari dua aktor utamanya. Namun That Evening Sun tidak menawarkan alur senyaman Gran Torino yang memang dasarnya adalah sebuah film ditujukan untuk kalangan penonton umum. Film produksi Dogwood Entertainment ini memiliki cita rasa indie yang kental, dengan cerita yang sederhana, alur lambat dan ruang lingkup sempit serta sedikit karakter mampu membuat That Evening Sun terlihat realistis dalam memaparkan kisah dan konfliknya. Karakter-karakternya mampu berkembang dengan dinamis, bahkan karakter seorang supir taksi pun mampu berinteraksi dengan baik. Banyak momen-momen "diam" yang disajikan dengan indah dan penuh makna disini, semuanya memegang peranan besar untuk mewakili perasaan karakter-karakternya.

Karaktersiasi memang memegang peranan begitu besar. Setiap karakter tidak perlu harus berkata-kata bahwa ia sedang sedih, atau gembira, karena kita akan langsung mengetahui dan dapat menangkap apa yang sedang mereka alami hanya dengan melihat aksi diam mereka. Hal Holbrook jelas merupakan orang penting disini. Diusianya yang menginjak 85 tahun Holbrook menunjukan kelasnya sebagai aktor berkualitas, walaupun selama ini ia lebih sering tampil sebagai aktor pemabantu, namun dalam filmnya kal ini ia tidak mau mengecewakan kesempatan yang diberikan kepadanya dengan memberikan akting total dalam membawakan perannya sebagai Abner Meecham. Jangan lewatkan juga penampilan dari Mia " Alice " Wasikowska disni, walaupun tampil tidak banyak dan hanya menjadi peran pembantu namun jelas aktingnya jauh lebih baik ketimbang dalam Alice in The Wonderland.

Overall, That Evening Sun adalah sebuah drama dengan semangat indie yang kental. Ceritanya yang simple tidak membuat film satu ini kehilangan pesan-pesan kuatnya. Pesan tetang bagaimana manusia mempertahankan kenangan masa lalu yang menurutnya sangat berharga, pesan tentang pembelajaran hidup, bahkan untuk orang lanjut usia sekalipun. Semuanya disajikan dengan kesederhanaan dan dukungan akting realistis dari para pemainnya.

7,7/10

visit my blog
Reply With Quote