View Single Post
Old 6th December 2010, 19:00
#473  
Hafilova
Mania Member
Hafilova is offline

Hafilova's Avatar

Join Date: May 2009
Posts: 1,481
Hafilova is a divo/divaHafilova is a divo/divaHafilova is a divo/divaHafilova is a divo/divaHafilova is a divo/divaHafilova is a divo/diva

Default

Cyrus (2010)



Stroy: 7 tahun paska perceraiannya dengan mantan istrinya, Jamie (Catherine Keener), John (John C. Reilly) masih kesulitan untuk membangun kehidupan barunya, sampai suatu hari di sebuah pesta Ia bertemu Molly (Marisa Tomei), seorang wanita cantik yang rupanya terkesan dengan kejujurannya. Selanjutnya semua tampak berjalan manis bagi Jhon, Ia merasa Molly adalah wanita yang dicarinya selama ini, sebuah figur sempurna yang akan mengisi hari-harinya dengan kebahagiaan, tapi kehadiran Cyrus (Jonah Hill), putra Molly yang berusia 21 menjadikan menjadi masalah besar yang harus dihadapinya.


Review: Dalam Cyrus, dua bersaudara, Jay dan Mark Duplass mencoba menghadirkan sebuah indie-romcom dengan premis yang cukup menyegarkan, walaupun harus diakui formulanya sendiri masih tidak jauh berbeda dengan kebanyakan film sejenisnya, namun menjadi menarik ketika Duo Duplass yang juga bertindak sebagai penulis naskah menyajikannya kisah cinta segitiga ini dengan sedikit modifikasi didalamnya. Ya, mereka memasukan sosok Cyrus sebagai sumber konflik utama dalam film yang didistribusikan oleh Fox Searchlight Pictures ini.

Sesuai judulnya, Sosok Cyrus dengan segala keunikan, ke-disfungsionalan, kemisteriusan dan sedikit creepy ini memang menjadi sajian utama film ini. Penonton akan dihadapkan pada pertanyaan-pertanyaan tentang siapa Cyrus ini sebenarnya, mengapa ia seakan-akan seperti seorang bocah 7 tahun yang terjebak dalam tubuh pria 21 tahun? apakah Ia memiliki kelainan atau penyakit tertentu yang membuatnya tumbuh menjadi 'bayi besar' yang tidak bisa lepas dari ibunya? pertanyaan-pertanyaan yang nantinya akan dijawab dengan sebuh twist ringan yang cukup mengejutkan di pertengahan film. Humor-humor yang ada terbilang cukup menghibur, walaupun tidak sampai membuat anda terbahak-bahak namun disajikan dengan santai tanpa harus kehilangan kesan keseriusannya, singkat kata Duplass bersaudara cukup lihai mengahadirkan sebuah tragic-comedy dengan semangat indie yang kental di sepanjang 90 menit.

Mungkin sedikit yang patut disayangkan adalah disaat kisah mulai menarik, tensi kemudian menjadi kendur, bahkan menjelang akhir terkesan konflik terlalu cepat diselesaikan, padahal kalau mau bisa saja Duplass bersaudara memolesnya dengan sedikit bumbu dramatis untuk menjadikan film ini lebih menarik dan tidak terkesan terlalu terburu-buru.

Berbicara soal karakter Cyrus yang unik jelas tidak bisa dilepaskan dari sosok aktor yang memerankannya, ya, aktor itu adalah Jonah Hill yang pada kesempatan kali ini bisa dibilang tampil mengesankan dibandingkan dengan karakter-karakter lain yang dimainkannya selama ini. Setidaknya dengan membawakan peran sebagai karakter bermasalah dan agak "gila" di sini Jonah tidak ingin mengikuti jejak koleganya, Michael Cera yang seakan-akan selalu terjebak dalam peran yang sama. Bisa dibilang sejauh ini peran sebagai Cyrus adalah peran terbaik yang pernah dibawakan oleh aktor berusia 27 tahun ini. Ada John C. Reilly dan Marisa Tomei yang juga tampil baik disini dalam mebawakan karakter masing-masing. Jhon memang terlihat pantas membawakan karakernya, seorang duda labil yang terlihat kacau dan awut-awutan, dan Tomei yang tetap tampil cantik dan mempesona sebagai seorang ibu yang baik hati meskipun terlihat sekali aktris yang memerankan Cassidy dalam The Westler ini sudah tampak mulai menua. Performa ketiganya jelas patut diacungin jempol karena selain tampil apik, sebagai informasi, film ini sama sekali tidak menggunakan skrip tertulis, semua dialog-dialog yang tersaji selama kurang lebih satu jam setengah murni adalah hasil improvisasi dari para pemainnya.

Overall, Cyrus adalah sebuah kisah cinta unik dan menarik, terlebih lagi dua bersaudara Duplass sukses menyelipkan unsur-unsur komedi satirnya dengan takaran yang pas dan tidak terlalu berlebihan tanpa harus kehilangan pesan-pesan yang ingin disampaikan, plus dukungan akting apik dari para pemainnya membuat Cyrus tampil cukup memuaskan.

7,5/10

visit my blog
Reply With Quote