View Single Post
Old 12th December 2010, 13:08
#645  
Hafilova
Mania Member
Hafilova is offline

Hafilova's Avatar

Join Date: May 2009
Posts: 1,481
Hafilova is a divo/divaHafilova is a divo/divaHafilova is a divo/divaHafilova is a divo/divaHafilova is a divo/divaHafilova is a divo/diva

Default

Event Horizon (1997)

[IMG]http://2.bp.********.com/_x_QvHHWcAsg/TF96iHxi8rI/AAAAAAAAA1g/UEQTLHU0jeM/s1600/Event+Horizon+%233.jpg[/IMG]

Dr. Weir: "The ship brought me back. I told you she won't let me leave - she won't let anyone leave. Did you really think you could destroy this ship? She's defied space and time. She's been to a place you couldn't possibly imagine. And now... it is time to go back"

Story: 2040, Event Horizon, pesawat luar angkasa ekperimental yang sedang melakukan perjalanan mendadak raib tanpa sebab bersama seluruh kru-kru nya di orbit planet Neptunus. 7 tahun kemudian kehadiran sebuah sinyal misterius dari pesawat hilang tersebut membuat Lewis and Clark, pesawat luar angkasa lain di bawah pimpinan Kapten Miller (Laurence Fishburne) dan para kru nya, termasuk Dr. William Weir (Sam Neill), sang disainer Event Horizon melakukan misi save and rescue. Masalahnya tidak ada seorangpun mengetahui apa yang sebenarnya terjadi pada pesawat naas tersebut. Ya, mereka tidak pernah mengetahui bahwa sesuatu yang gelap dan jahat sudah menunggu kedatangan mereka di luar sana.

Review: Tidak salah jika ada penonton yang menyebutkan bahwa Event Horizon adalah 'The Shining in space', ya, horror-sci fi buatan Paul W. S. Anderson ini memang sukses menghadirkan teror penuh kengerian, baik secara visual maupun psikologis. Atmosfer creepy sudah terasa begitu kental disaat para kru Lewis and Clark mulai menginjakan kaki mereka di pesawat luar angkasa berhantu ini. Perlahan namun pasti penampakan-penampakan mulai menggangu mental mereka dan bisa ditebak seperti apa nasib mereka akan berkahir. Dukungan set yang meyakinkan juga semakin menambah efek seram film ini.

Jika dibanding film-film Paul W. S. Anderson lain, bisa saya bilang Event Horizon adalah yang terbaik, bukan hanya karena Ia berhasil menghadirkan sebuah horror luar angkasa yang memiliki kadar kengerian tingkat tinggi, namun juga bagaimana sutradara yang juga suami dari Mila Jovovich ini mampu menghadirkan sebuah film dengan premis yang cukup orisinil jika dibandingkan dengan karya-karya lainnya yang kebanyakan menyadur kisah-kisah dari video game, sebut saja Mortal Kombat dan Resident Evil series. Sayang disaat pemuculannya 13 tahun lalu film bedurasi 97 menit ini banyak mendapatkan respon negatif, bahkan merugi di tangga box office dengan hanya meraih 47 juta Dollar dari 70 juta Dollar yang sudah dikeluarkan untuk biaya produksi, sebuah hasil yang saya rasa tidak pantas untuk diberikan kepada film sebagus ini. Namun seiring berjalannya waktu rupanya banyak yang menyukai film ini, dan hinnga kini mampu membuatnya menjadi sebuah cult horror yang menginspirasi banyak film-film lain, sebut saja Pandorum (yang juga diproduseri oleh Anderson) dan beberapa video game, seperti salah satunya Dead Space.

Overall, Event Horizon bisa dibilang sukses mengkombinasikan dengan baik elemen-elemen sci-fi dan horror dengan sangat baik. Kengerian visual maupun psikologis benar-benar di eksploitasi habis-habisan oleh Paul W. S. Anderson, hasilnya adalah sebuah horror luar angkasa yang siap memberikan teror mental bagi para penontonnya.

7,8/10

visit my blog
Reply With Quote