View Single Post
Old 24th December 2010, 11:47
#1000  
narutoluvhinata
Mania Member
narutoluvhinata is offline

narutoluvhinata's Avatar

Join Date: Sep 2008
Location: L 3- 0 NARDO TE 2-5 GUNCANG
Posts: 1,324
narutoluvhinata has becoma a maestronarutoluvhinata has becoma a maestronarutoluvhinata has becoma a maestronarutoluvhinata has becoma a maestronarutoluvhinata has becoma a maestronarutoluvhinata has becoma a maestronarutoluvhinata has becoma a maestronarutoluvhinata has becoma a maestronarutoluvhinata has becoma a maestro

Default

City of Life n Death aka Nanjing! Nanjing! (2009)


[IMG]http://2.bp.********.com/_qJQQ6GDNiIU/S-YCEPL5ROI/AAAAAAAACAA/FJaTOr1LvKs/s1600/city-of-life-and-death-22.jpg[/IMG]

13 Desember 1937 adalah hari di mana ibukota Republik China, Nanjing, ditaklukkan oleh bala tentara kekaisaran Jepang. Beberapa hari sebelumnya, pejabat2 tinggi China sudah memindahkan pemerintahan ke kota Wuhan sebagai ibukota sementara.

Seorang prajurit nasionalis China KMT, Lu Jianxiong dan beberapa prajurit China lainnya tetap bertahan di Nanjing. Mereka menyergap sekelompok pasukan Jepang pimpinan komandan Ida. Penyergapan ini berhasil utk sementara krn ternyata salah seorang prajurit Jepang msh hidup dan membunyikan alarm. Tidak beberapa lama datanglah bala bantuan pasukan Jepang bersenjata lengkap. Lu dan kawan2 mencoba utk bertahan. Tetapi setelah dihujani oleh tembakan artileri berat dan ringan, Lu dkk akhirnya menyerah. Singkat cerita, pasukan China yang tertangkap dibantai dengan berbagai cara. Ditembak, dipenggal, ditusuk oleh bayonet dan dikubur hidup2. 2 orang prajurit China selamat dari pembantaian tsb. Mereka adalah Zhao dan seorang prajurit kecil Xiaodouzi. Mereka berdua lari ke zona aman Nanjing yang dikelola oleh pengusaha Nazi Jerman Dr. John Rabe.

Dalam zona aman ini Dr. John Rabe melindungi sekitar seribuan pengungsi China. Mulai dr orang tua, anak2 kecil hingga prajurit2 China yang terluka. Walopun begitu, zona aman ini sering diterobos oleh bebrapa pasukan Jepang untuk memperkosa wanita2 muda China. Akhirnya para pengelola zona aman ini memutuskan agar para wanita dicukur rambutnya hingga pendek dan memakai pakaian pria untuk mencegah perkosaan kembali. Xiaojiang, salah seorang pengungsi perempuan menolak hal ini. Ia adalah seorang p3lacur yng harus tetap mempertahankan kecantikannya agar ia dapat menafkahi hidupnya.

Setelah berbagai insiden memilukan, Dr. John Rabe atas perintah Hitler sendiri harus segera meninggalkan kota Nanjing. Hitler beranggapan bhw tindakan Dr. Rabe yang melindungi pengungsi Nanjing dapat membahayakan keutuhan persahabatan antara Jepang dan Nazi Jerman. Beberapa hari sebelum kepergian Rabe, tentara Jepang memaksa masuk pengungsian. Mereka menculik wanita2 China dan membunuh prajurit2 China yang terluka. Lewat usaha diplomasi Rabe, komandan Jepang akhirnya setuju utk tidak mengganggu lagi pengungsian tetapi dg catatan bhw Rabe harus menyediakan 100 wanita muda China yang cantik utk menjadi wanita penghibur pasukan Jepang.

Bagaimakah kisah selanjutnya... tonton sendiri aj filmnya....

Sejak pemerintahan Dinasti Ming, kota Nanjing adalah termasuk 5 kota besar di China yang penting. Puncaknya ketika Pemimpin Besar Sun Yat Sen memproklamasikan berdirinya negara republik China, Nanjing dipilih menjadi ibukota negara. Pengepungan Nanjing sendiri berlangsung mulai dr Oktober 1937 hingga Desember 1937. Keputusan petinggi militer utk meninggalkan Nanjing berbuah malapetaka besar bagi para penduduk Nanjing. Selama beberapa minggu setelah penaklukkan Nanjing, pasukan Jepang secara brutal membunuh penduduk sipil dan memperkosa wanita2 Nanjing.

Premis inilah yang cb diangkat oleh Lu Chuan. Dengan menggunakan penataan gambar hitam putih, Lu berhasil merekonstruksi salah satu episode horor selama perang dunia ke-2, khususnya bagi kota anjing. Lu berhasil membangun kota Nanjing pasca penaklukkan yang hancur total. Tidak hanya bangunan fisik tp juga moral para penduduk sipil Nanjing.

Tetapi Lu tidak mau terjebak pd adegan demi adegan kekejaman tentara Jepang. Lu mencoba mengerucutkan fokus film ini pada beberapa tokoh, seperti Dr. Rabe, Mr. Tang (asisten pribadi Dr. Rabe), Ms. Jiang (seorang guru yang membantu Dr. rabe mengelola pengungsian), Zhao dan Xiaoudouzi (dua prajurit yang selamat), Ms. Xiaojiang dan juga tentunya dua orang prajurit Jepang yang berbeda tabiat, Ida (komandan Jepang yg brutal) dan Kadokawa (sersan yang dalam hatinya tidak setuju akan tindak tanduk brutal pasukan JEpang).

Lu berhasil mengeksploit suasana mencekam sekaligus mengharukan dalam film ini. Yang paling menyita emosi saya adalah ketika pemilihan 100 orang wanita China yang akan dijadikan wanita penghibur Jepang. Satu demi satu tangan wanita yang rela terangkat demi menyelamatkan ribuan pengungsi lainnya. Bukan suatu pemilihan yang disukai. Mgk anda pikir ini adalah adegan fiksi utk menambah dramatisasi film ini, tp ternyata hal ini terinspirasi oleh kejadian pemerkosaan yang dialami oleh ratusan wanita muda China yang disekap di Kampus Ginling utk memuaskan nafsu pasukan Jepang. Banyak dr wanita muda itu yang akhirnya meninggal karena harus melayani pasukan jepang non stop...

Secara umum, Nanjing! Nanjing adalah sebuah dramatisasi dari peristiwa kejahatan kemanusiaan yang terjadi di kota Nanjing yang dilakukan oleh pasukan Jepang. Sebuah film yang mungkin mengingatkan kita akan masterpiece Schindler's List. Tetapi seperti yang dikatakan oleh Lu Chuan, film ini bukanlah film utk menghujat Jepang, tetapi menurutnya adalah sebuah peringatan bhw pembantaian yang dialami oleh rakyat Nanjing tidak boleh lagi terjadi lagi di dunia ini. Walaupun sebenrnya kejadian2 seperti ini msh terus terjadi hingga saat ini.

8/10


Last edited by narutoluvhinata; 24th December 2010 at 11:49..
Reply With Quote