View Single Post
Old 25th December 2010, 13:11
#1005  
Hafilova
Mania Member
Hafilova is offline

Hafilova's Avatar

Join Date: May 2009
Posts: 1,481
Hafilova is a divo/divaHafilova is a divo/divaHafilova is a divo/divaHafilova is a divo/divaHafilova is a divo/divaHafilova is a divo/diva

Default

Buried (2010)



Paul Conroy: " I need one million dollars by nine o'clock tonight or I'll be left to die in this coffin! "

Yeah!, that's what you call the real claustrophobic terror. Buried adalah film langka dan unik yang sepertinya sulit untuk kita temui lagi dalam waktu dekat, satu dari sedikit film yang tahu benar bagaimana memberikan apa yang dinamakan dengan teror ruang sempit itu. Di bawah arahan sutradara Spanyol, Rodrigo Cortés terciptalah sebuah konsep minimalis yang sukses 'disulap' dengan sangat baiknya menjadi sebuah thriller indie dengan efek sangat maksimal.

Buried dibuka dengan kegelapan dan keheningan total selama kurang lebih satu menit, samar-samar mulai terdengar suara gaduh, dan di saat cahaya pertama keluar dari sebuah zippo, penonton akan diperkenalkan kepada sosok lusuh Paul Conroy (Ryan Reynolds), seorang supir truk naas dari perusahaan kontraktor Amerika Serikat di Irak yang etah mimpi apa semalam sampai ia harus mengalami peristiwa mengerikan ini. Ya, Paul yang mendapati dirinya terjebak dan terikat dalam sebuah peti kayu sempit, gelap, pengap, terkubur dalam di kedalaman padang pasir negara eks Saddam Hussien itu, jangankan bergerak bebas, untuk bernafas pun Paul tampak kesulitan. Di peti berkuran 2x1 meter ini Paul yang sangat ketakutan dan tidak tahu apa yang terjadi sebenarnya berjuang untuk mempertahankan hidupnya hanya dengan ditemani cahaya api dari zippo kecil miliknya dan sebuah blackberry berbahasa Arab dengan daya batere kurang dari separuh yang sepertinya segaja ditinggalkan seseorang untuknya.

Membuat sebuah film dengan konsep super minimalis seperti Buried ini memang tidak sesederhana yang terlihat. Dibutuhkan apa yang disebut dengan kreatifitas tingkat tinggi agar nantinya tidak menjadi sebuah 'bumerang' yang jika salah-salah malah membuat para audiensnya terjebak dalam kebosanan hebat karena notabene film produksi Spanyol ini hanya menggunakan setting pada satu tempat dan diperankan hanya satu ator di sepanjang 94 menit, sebuah resiko yang sangat besar jika tidak digarap dengan hati-hati. Namun apa yang dibuat oleh Rodrigo Cortés bersama penulis naskah Chris Sparling dalam Buried ini bisa disebut JENIUS!!, kolaborasi keduanya ternyata sukses mendobrak sempitnya konsep yang ditawarkan dengan sajian penuh ketengangan, kengerian dan ketakutan dengan tensi yang terus merangkak naik dengan plot dinamis penuh kejutan di setiap menitnya, membuat penonton menahan nafas pada klimksnya, hingga mencapai puncaknya pada sebuah powerfull ending yang membuat penontonnya terhenyak tak percaya. Tidak melulu menghadirkan ketengangan di dalamnya, baik Cortés dan Sparling juga tidak lupa menyelipkan sindirian-sindiran politis tentang kebijakan politis perang Amerika terhadap Irak, buruknya sistem birokasi negara adidaya tersebut, sampai masalah kesenjangan ekonomi yang semuanya hadir dalam balutan dialog-dialog cerdas dan menarik.

Dengan dukungan teknik kamera jempolan yang memungkinkan pergerakan visual dinamis mampu membuat peti sempit itu terlihat dari berbagai sudut pandang, lagi-lagi sebuah cara yang brilian untuk tetap membuat penontonnya terjaga, apalagi plus scoring jempolan yang digarap oleh Víctor Reyes seakan-akan semakin 'memperparah' kondisi penuh ketakutan dan kengerian dalam ruangan menyesakan tersebut.

Satu nama lagi yang berjasa membuat Buried semakin terasa mengkilap, ya, Ryan Renolds, aktor yang juga suami dari aktris cantik Scarlett Johansson adalah satu-satunya aktor terlihat sepanjang film, dan bisa dibilang Buried sukses membuatnya menampilkan akting terbaik dalam kariernya selama ini. Sebagai pelaku karkater sang supir truk, Paul Conroy yang juga satu-satunya karakter terlihat dalam film ini tampil dalam balutan akting menawan, membuat penonton mampu merasakan apa yang dirasakannya, setiap ketakutan, kemarahan, kengerian dan keputusasaan yangterpancar jelas dalam mimik wajah aktor yang nantinya akan berperan sebagai Hal Jordan a.k.a Green Lantern.

Overall, Buried adalah contoh luar biasa bagaimana sebuah thiller indie minimalis mampu memberikan dampak psikologis yang begitu besar kepada penontonnya. Ya, inilah pengalaman sinematik fantastis yang akan memberikan sebuah sensasi ketegangan dan momen emosional tidak terlupakan, yes, like I said before, Buried is what you call the real claustrophobic terror

8,3/10

visit my blog
Reply With Quote