View Single Post
Old 31st December 2010, 01:23
#1166  
Hafilova
Mania Member
Hafilova is offline

Hafilova's Avatar

Join Date: May 2009
Posts: 1,481
Hafilova is a divo/divaHafilova is a divo/divaHafilova is a divo/divaHafilova is a divo/divaHafilova is a divo/divaHafilova is a divo/diva

Default

The Tourist (2010)



Elise: " You're a part of a plan "

Story: Venesia, Italia, sebuah tempat yang sempurna untuk berlibur, menghabiskan waktu untuk melupakan rasa duka paska kehilangan istri tercinta, ya, mungkin itulah yang ada di benak seorang Frank Tupelo (Jhonny Depp), disaat ia duduk seorang diri di kereta api express lintas Eropa yang akan membawanya ke kota cinta lengendaris itu. Namun sayang semua rencananya mendadak harus berubah ketika seorang wanita cantik menghampiri dan duduk di hadapannya. Wanita misterius itu adalah Elise Clifton-Ward (Angelina Jolie) yang kecantikan dan keanggunannya langsung membuat turis asal Amerika yang juga seorang guru matematika itu terpesona. Nah, masalahnya Frank tidak pernah mengira bahwa pertemuannya dengan Elise akan menyeretnya kedalam sebuah petualangan berbahaya, penuh intrik dan romansa di salah satu kota tercantik di Eropa itu.


Review: Jhonny Deep, Angelina Jolie....ah, berani taruhan hampir semua moviegoers dunia pasti sudah mengenal dua nama mega bintang Hollywood yang kerap kali menghasilkan deretan film box office sukses ini. Lantas bagaimana jika kedua aktor dan artis papan atas yang memiliki daya pikat luar biasa ini dipertemukan dalam satu film? Ya, jawabannya bisa kita lihat dalam The Tourist, sebuah action thriller garapan sutradara asal Jerman, Florian Henckel von Donnersmarck yang sebelumnya menghadirkan The Lives of Others yang sukses mengondol Oscar untuk film berbahasa asing terbaik 2006 lalu.

Dua cast super plus sutradara sekaligus penulis kaliber Oscar tampaknya bakal menjadikan The Tourist sebuah film yang menjanjikan, yeah, you wish!. Alih-alih menjadi sebuah tontonan aksi menarik, film yang didistribusikan oleh Columbia Pictures ini malah tampil melempen, dangkal dan membosankan, ya, walaupun harus diakui film ini lebih baik dan jauh lebih elegan ketimbang film-film lain sejenis yang hadir tahun ini seperti Killers, Knight and Day, atau Bounty Hunter yang menyedihkan, tetap saja The Tourist tidak sanggup memenuhi ekpektasi besar saya yang sebelumnya sudah tergoda dengan tiga kombinasi hebat diatas.

Sangat disayangkan memang Donnersmarck tidak mampu memaksimalkan naskah film yang juga merupakan adaptasi dari film Perancis 2005 lalu, Anthony Zimmer yang meskipun drop di tangga box office namun banyak menuai pujian dari para kritikus. The Tourist terlihat begitu berantakan di bagian ini, premis yang sesungguhnya menarik tidak mampu dieksekusi dengan baik, hasilnya adalah rangakaian adegan-adegan yang alih-alih menghibur dan menengangkan, film ini malah terjebak dalam alur lambat nan membosankan yang terkesan terlalu dipanjang-panjangkan dengan menampilkan banyak adegan tidak penting diidalamnya plus beberapa joke yang terkesan 'garing' dan dipaksakan. Sayang memang, padahal 20 menit awal sudah dibuka dengan sangat menjanjikan namun harus berakhir dengan antiklimaks.

Lantas bagaimana pengaruh Depp-Jolie? yeah, seperti biasa keduanya tetap tampil mempesona, maksud saya disini hanya dalam artian fisik semata, tidak dengan performa akting mereka. Yah, inilah resiko menaruh dua mega bintang yang memiliki star mangnet hebat dalam satu tanpa dilandasi dengan kekuatan chemistry yang baik diantara keduanya, bak dua kutub magnit sama, keduanya tidak mampu berbaur satu sama lain, tidak ada chemistry kuat disini untuk membangun unsur romansanya. The Tourist seakan-akan hanya menjadi 'panggung' Jolie dan Depp untuk tebar pesona masing-masing.

Naskah buruk, performa mengecewakan dari kedua pemainnya, tidak ada nya adegan yang benar-benar seru dan menegangkan membuat The Tourist seakan-akan menjadi sebuah action-thriller yang serba 'nanggung'. Jika ada satu-satunya yang bisa dinikmati di sepanjang kurang lebih satu jam setengah ini mungkin adalah pemandangan Venesia. Ya, kota cinta nan Indah yang terletak di bagian utara Italia ini memang sukses diekspos habis-habisan oleh Donnersmarck dengan dibantu oleh sinematografer John Seale (Prince of Persia: The Sands of Time, Harry Potter and the Sorcerer's Stone). Sisanya, yah, seperti yang sudah saya katakan, "nanggung".

So, mungkin jika alasan anda menonton The Tourist karena hanya ingin melihat bagaimana sih jika Jhonny Depp dan Angelina Jolie bemain bersama dalam satu film, hmm... tidak bisa disalahkan memang, karena faktor 'X' itu jugalah yang menjadi adalah alasan utama saya menontonnya film ini. Namun selain pesona keduanya dan juga pemandangan indah kota Venesia, anda tidak akan mendapatkan apa-apa lagi disini.

6,8/10

visit my blog

Last edited by Hafilova; 31st December 2010 at 02:10..
Reply With Quote