View Single Post
Old 10th January 2011, 12:23
#1545  
narutoluvhinata
Mania Member
narutoluvhinata is offline

narutoluvhinata's Avatar

Join Date: Sep 2008
Location: L 3- 0 NARDO TE 2-5 GUNCANG
Posts: 1,324
narutoluvhinata has becoma a maestronarutoluvhinata has becoma a maestronarutoluvhinata has becoma a maestronarutoluvhinata has becoma a maestronarutoluvhinata has becoma a maestronarutoluvhinata has becoma a maestronarutoluvhinata has becoma a maestronarutoluvhinata has becoma a maestronarutoluvhinata has becoma a maestro

Default

Battle Of Bulge (1965)




Hitler dan para jendralnya merencanakan sebuah serangan besar terhadap posisi pasukan sekutu di eropa. Tujuan dr ofensif ini adalah untuk memecah belah pasukan sekutu dan menduduki Antwerp, Belgia, yang menjadi kota logistik bagi pasukan sekutu. Jenderal Kohler diserahi tugas utk memimpin ofensif tsb dan Letnan Kolonel Hessler, komandan pasukan panzer, akan menjadi komandan yang memimpin pasukan pendahulu.

Sementara itu, Letnan Kolonel Kiley, perwira pasukan intelijen, berhasil menemukan serangkaian bukti2 yang menegaskan bhw Jerman akan melakukan ofensif dalam waktu dekat. Sayangnya pendapat Kiley ditentang oleh koleganya Kolonel Pritchard.

=====================================

Battle of Bulge dirilis pd tanggal 16 Desember 1965, tepat 21 tahun Battle of Bulge terjadi. Battle of Bulge sendiri adalah ofensif besar terakhir yang dilakukan Jerman terhadap pasukan sekutu. Ofensif ini sebenernya dikenal dg Ardennes offensive tp karena serangan awal yang dilakukan oleh pasukan Jerman begitu menonjol/deras bagi pasukan garis depan sekutu sehingga pertempuran ini malah lebih dikenal dg Battle Of Bulge. Serangan ini bertumpu pada 4 resimen tempur panzer Jerman, yaitu The Sixth PAnzer, The Fifth Panzer, The Seventh Army, dan The Fifteenth Army. Masing2 resimen memiliki tugas masing2 utk mendukung ofensif besar ini.

Tp dalam film, kita disajikan beberapa fiksionalisasi dari karakter2 yang bermain. Hessler, Kyle, Pritchard, dll. Beberapa scene dalam film ini jg mengandung beberapa kesalahan. Misalnya, di awal film seorang narator menjelaskan bhwJenderal Montgomery memimpin The Eight Army. Pada kenyataannya Monty memimpin The 21st Army Group selama pertempuran Bulge. Monty memang pernah memimpin The Eight Army, tp pd saat pertempuran Bulge, The Eight Army sedang bertempur di medan Italia. Kemudian pertempuran puncak di film ini terjadi di Celles pd tgl 26 Desember 1944 di mana US 2nd Armored Division berhasil menghancurkan German 2nd Panzer Division. Di film divisi tank amerika "mengorbankan diri" demi menghabiskan bahan bakar panser2 jerman dan sepanjang pertempuran tidak ada satu pun salju menghiasi film ini. Pdhal seharusnya pertempuran berlangsung di tengah guyuran salju yang tebal.

Film ini berpusat pd dua tokoh yang berlawanan, Hessler, seorang perwira tinggi Jerman yang berharap banyak bs membawa kemenangan bg Jerman dalam pertempuran ini dan Kyle, seorang perwira intelijen yang berusaha meyakinkan pimpinannya bhw akan ada ofensif besar2an dari pasukan Jerman. Tetapi hal ini menjadi blunder terbesar film ini. Ya memang mereka memainkan peran mereka dg prima, tp karena karakter mereka adalah fiksi ditambah dg berbagai ketidakakuratan sejarah dalam film ini membuat Battle of Bulge hanyalah menjadi sebuah sajian film perang biasa seperti film2 perang yang dibintangi oleh John Wayne.

Kelebihan film ini adalah musik latarnya yang bagus dan heroik dan jg tentunya sajian ratusan tank, sherman milik AS dan tiger milik jerman, saling berjibaku di hampir sepanjang film ini. Bg anda penikmat film perang boleh anda skip film ini krn film ini hanyalah film perang biasa. Oiyah, film ini mengingatkan saya pd sebuah film lama jg yang berjudul D-Day yang ternyata malah film drama cinta.

Oiyah, klo mau lebih detail battle of bulge atau ardennes offensive dapat anda saksikan di mini seri Band Of Brothers. Di miniseri tsb ada episode yang menceritakan ardennes ofensive.

verdict : 6/10

Reply With Quote