View Single Post
Old 12th January 2011, 11:41
#1596  
Hafilova
Mania Member
Hafilova is offline

Hafilova's Avatar

Join Date: May 2009
Posts: 1,481
Hafilova is a divo/divaHafilova is a divo/divaHafilova is a divo/divaHafilova is a divo/divaHafilova is a divo/divaHafilova is a divo/diva

Default

Catfish (2010)



Catfish? apa itu Catfish? ikak lele? sebuah kode operasi seperti dalam film Swordfish atau apa? ha..ha..Seperti taglinenya yang berbunyi " Don't let anyone tell you what it is " Saya juga tidak akan repot-repot menjelaskan terlalu banyak kepada anda tentang apa yang coba disajikan oleh dokumenter satu ini, ketidaktahuan menjadi kunci utama disini, karena semakin sedikit anda mengetahui 'isi' dari Catfish maka semakin besar kemungkinan anda akan dikejutkan olehnya. Ya, Catfish memang adalah sebuah dokumenter menarik, bahkan menjadi kontroversi dan perbicangan hangat di festival film Sundance lalu karena tingkat keakuratannya masih diragukan. Banyak yang mengatakan bahwa Catfish tidak lebih dari sebuah HOAX, fake documentary, atau Mockumentary, namun menariknya hal tersebut ditentang oleh kedua sutradaranya, Henry Joost dan Ariel Schulman yang mengatakan bahwa semua yang tersaji dalam film sepanjang 86 menit ini benar 100% adanya. Saya sendiri tidak terlalu memusingkan tentang tingkat keorisinalitasan Catfish, toh, jika memang apa yang disajikan adalah bohong belaka, mereka berarti sudah berhasil membuat sebuah fake documentary yang sangat bagus.

Ya, terlepas dari benar atau tidaknya apa yang disajikan di sini, harus diakui Catfish sudah menghadirkan sebuah fenomena menarik, menyegarkan, dan up to date. Sebuah gambaran nyata tentang bagaimana efek dari media elektronik bernama Internet yang belakangan ini tumbuh dengan pesatnya, menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari saya, anda dan banyak manusia di di jagat raya ini. facebook, google maps, youtube, yang juga nantinya banyak kita jumpai di sini menjadi sebuah medium untuk dapat berhubungan dengan manusia lain tanpa harus bertemu langsung. Kita dapat berteman dengan siapa saja, dimana saja dan kapan saja hanya dengan sekali klik, melihat dan mengetahui aktvitas orang lain hanya dengan melihat status mereka atau dari video yang mereka unggah, ya, pendek kata melalui jejaring sosial kita secara tidak langsung sudah membeberkan diri kita, pribadi kita untuk menjadi konsumsi publik, dan semua itu tentu ada konsekuensinya sendiri. Bahkan mungkin banyak dari kita, secara sadar atau tidak juga pernah melakukan apa yang sudah dilakukan disini (dalam Catfish) meskipun mungkin tidak sampai se-ekstrim itu.

Jika The Social Network milik David Fincher mengupas suka duka dibalik terbentuknya facebook, Catfish memilih untuk meyuguhkan bagaimana dampak dari berkembangnya situs jejaring pertemanan fenomenal tersebut. Tenang saja Saya jamin dokumenter satu ini akan sangat menarik, mungkin yang terbaik di 2010 lalu, jauh dari kata membosankan, seperti menonton sebuah thriller misteri dimana kita turut diajak untuk menguak segala misteri, teka-teki, puzzle atau apapun istilahnya. Secara perlahan namun pasti sebuah fakta mengejutkan dan juga mengharukan akan menjadikan pembelajaran moral bagi kita semua yang sudah bersentuhan dengan teknologi bernama Internet. Sekali lagi, benar atau tidak, semuanya berpulang kepada anda yang menontonnya.

7,8/10

visit my blog

Last edited by Hafilova; 12th January 2011 at 12:36..
Reply With Quote