View Single Post
Old 17th February 2011, 10:16
#2370  
kura2ninja
Mania Member
kura2ninja is offline

kura2ninja's Avatar

Join Date: Oct 2007
Location: Solokan Kebahagiaan
Posts: 3,247
kura2ninja is a legendkura2ninja is a legendkura2ninja is a legendkura2ninja is a legendkura2ninja is a legendkura2ninja is a legendkura2ninja is a legendkura2ninja is a legendkura2ninja is a legend

Default

Quote:
Originally Posted by narutoluvhinata View Post
cb2 nimbrung ahhhh :

Kunci utk mengerti Trilogy The Matrix adalah kembali pd "The Architect" dr film ini, yaitu : Wachowski Brothers (WB). Ud banyak diketahui orang2 bhw WB adalah maniak pembaca buku2 filsafat kelas berat macam Jean-Francois Lyotard, Jean-Baudrillard dan Kevin Kelly. WB juga doyan membaca buku2 dg tema relijius, Bible, taurat, zhuang zhi, Veda, dll....

Kisah awal Matrix kn diceritakan bhw penduduk dunia sedang berusaha utk membuat semacam energi baru utk menggantikan matahari. Mereka membuat sebuah Artificial Intelligence (AI) yang dapat menyokong kehidupan manusia bila energi matahari nanti habis. Konsep ini jelas bgt tertuang dalam bukunya karya Jean-Francois Lyotard, The Inhuman : Reflection on Time yang memang menceritakan ketakutan manusia akan habisnya energi matahari dan berusaha mencar tools menggantikan fungsi matahari. Syangnya AI tsb malah mendominasi manusia dan mengancam keberadaan manusia.

Sekelompok manusia yang dipimpin oleh Morpheus, yakin bhw akan ada messiah (konsep messiah ini dikenal pd agama2 samawi, Islam, Kristen dan Yahudi yg artinya "yang diurapi" atau mengacu pd Raja atau Juruselamat atau pd agama2 ketimuran dg konsep "Avatar"-nya). Morpheus menemukan sosok terseb7ut dalam diri Mr. Anderson yg dipanggil Morpheus Neo (lihat kalau dibalik Neo menjadi One yg mengacu pd sosok Messiah atau Avatar yg memang hanya satu).

Untuk membuat cerita yg menarik, WB Kemudian membuat dunia simulasi yang konsepnya yang diambil oleh mereka dr buku filsafat favorit mereka karya Jean-Baudrillard yang judulnya Simulacra and Simulation dan utk menegaskan konsep AI diambil jg karya Kevin Kelly (Introduction Evolutionary Psychology) ttg evolusi dunia robotik. Nah dua buku inlah yang disuruh dibaca oleh Keanu oleh WB sebelum membaca naskah The Matrix.

Keanu Reeves berperan sebagai Thomas Anderson yang kemudian dijuluki NEO, yang berusaha mencari kebenaran hidup. Dia selalu gelisah dan merasa ada sesuatu yang salah dalam kehidupan yang dijalaninya.

" Kita merasakan, setiap waktu, sesuatu yang kita ragukan apa kita sadar atau sedang bermimpi," Ia merasa tidak punya "connection" dalam dunia realitas.
Di dalam pencariannya, ia merasakan adanya tirai selubung yang menutupi kehidupan, kemudian ia mencari Morpheus untuk membuka selubung itu.

" Kau merasakannya selama hidupmu, ada yang tidak beres dengan dunia ini. Kau tidak tahu apa yang salah , tetapi itu ada, seperti sesuatu dalam benakmu yang membuatmu gila. Perasaan itulah yang membawamu kepadaku," kata Morpheus.

Inilah isu yang dibicarakan Baudrillard tentang " kegelisahanlah yang mampu menghadirkan kesadaran " dan " bukan dalam pencariannya, tetapi pada kejadiannya."

Inilah yang menarik dari Wachowski bersaudara, yang mengangkat ide Baudrillard tentang dunia simulasi . Bahwa yang kita lihat dan kita anggap kenyataan dalam kehidupan sebenarnya hanyalah simulasi ( atau maya/semu/tidak nyata dalam pemahaman Buddhisme ).
" Kau bisa melihatnya jika kau melihat ke jendela-mu, atau jika kau menyalakan televisi, kau bisa merasakan saat kau pergi bekerja atau saat kau di gereja, saat kau membayar pajak. Itulah dunia yang disajikan dihadapan mata kita untuk menutupi kebenaran, " kata Morpheus.

" Apa itu kebenaran? " tanya Neo.

" Bahwa kau seorang budak. Seperti yang lain, kau lahir dalam keadaan terkekang. Lahir dalam penjara yang tidak bisa kau cium, kau rasakan atau sentuh. Sebuah penjara bagi pikiranmu." jawab Morpheus.


Nah karena ide yang asing bagi kita kebanyakan dr kita lgs menyerah utk mndalami lagi film ini. Pdhal pesan ddalam film ini begitu luar biasa loh,

Bahwa kita harus berusaha membebaskan diri kita dari penjara pikiran kita.
Pikiran yang menganggap keseharian yang kita jalani merupakan kenyataan yang sesungguhnya dan tidak lagi sempat kita pikirkan kembali serta hayati. Padahal, kita sudah diingatkan oleh Sokrates bahwa kehidupan yang tidak dipikirkan adalah kehidupan yang tidak layak dijalani.


Kemudian unsur relijius yang sangat kental dalam film ini. Andy dan Larry sebenarnya sedang mengerjakan satu babakan tentang icon religius. Icon yang melambangkan Tuhan mulai kehilangan kekuatan hubungan sejati sebab secara tidak sadar kita telah memindahkan icon tersebut. Akibatnya yang kita lihat adalah simulasi ikon yang menjadi "berhala" bagi kehidupan kita, ikon Tuhan mengalami degradasi makna.

Lewat peran Neo, kita disadarkan oleh Andy dan Larry Wachowski untuk menempatkan ikon itu pada tempatnya semula dalam kesadaran kita.

heheheheee... kira2 begitu pemikiran dr gw seh

CMIIW....
kalo THE MATRIX beneran, jangan2 anak2 forfil tabung plug-nya satu kawasan.. :B

THE EMPEROR'S SHADOW

@RED
salah satu kisah (fiksi) tentang Qin Shi Huang ketika hendak menaklukan seluruh daratan Cina, di mana penyatuan tersebut memakan banyak jiwa serta protes sana sini.. untuk mewujudkan hal tsb Ying Zheng (QSH), berpikir utk memompa semangat prajuritnya harus menggunakan lagu kebangsaan.. dipanggilah sahabat masa kecilnya Gao Jianli..
Gao Jianli sendiri berpikir mungkin dengan dekatnya ia dgn sang sahabat, ia bisa merubah kekejaman2 si sahabat yg hendak menyatukan Cina


lumayan seru.. walo lagi2 filmnya ttg potrayal buram dan kejam dari Qin Shi Huang..
Jiang Wen cukup baik memainkan peran Ying Zheng (nama lama Qin Shi Huang) di mana terkadang menggambarkan seseorang yg kejam tapi di lain pihak sebagai pemimpin besar juga.. Ge You, sebagai Gao Jianli sang teman, juga bermain cukup apik.. sayangnya jalan cerita agak bertele2 kalo gw bilang
pesan yg bisa diambil adalah "bercinta menciptakan banyak keajaiban" #ngaco
7/10

like ninja turtle, i love pizza
Reply With Quote