View Single Post
Old 3rd March 2011, 09:24
#2837  
Hafilova
Mania Member
Hafilova is offline

Hafilova's Avatar

Join Date: May 2009
Posts: 1,481
Hafilova is a divo/divaHafilova is a divo/divaHafilova is a divo/divaHafilova is a divo/divaHafilova is a divo/divaHafilova is a divo/diva

Default

The Troll Hunter / Trolljegeren (2010)



Hans: "My job is to kill all the trolls who break out of their territories..."

Tidak peduli seberapa palsunya genre ini, tampaknya mockumentary benar-benar sudah menjadi tren mewabah akhir-akhir bagi para sienas dunia untuk dapat menghadirkan efek horror lebih nyata. Setelah terakhir ada Singapura dengan Haunted Changi-nya, kali ini Norwegia pun sepertinya juga tidak mau ketinggalan menghadirkan sajian fake documenter versi mereka dalam The Troll Hunter yang diluar dugaan saya sebelumnya ternyata mampu tampil mengagumkan. Dari judulnya saja sebenarnya kita sudah dapat mengetahui bahwa horror-thriller garapan André Øvredal akan menawarkan sesuatu yang berbeda dari mockumentary lainnya yang kebanyakan selalu terjebak dalam kisah-kisah hantu, klenik ataupun alien. Nah, dalam The Troll Hunter, André Øvredal akan mengajak penontonnya, khususnya bagi mereka para pengila mockumeter bersama ketiga mahasiswa yang juga para filmaker muda serta seorang pemburu profesional bernama Hans untuk menjadi saksi sebuah perburuan terhebat abad ini.

Seperti menyaksikan acara perburuan hewan buas dalam Discovery Channel ataupun National Geographic, namun bukan singa ataupun beruang yang dijadikan target buruan mereka disini, melainkan Troll, ya, anda tidak salah baca, memang Troll, mahluk raksasa buas berwajah jelek dengan bau tubuh luar biasa yang berasal dari mitologi bangsa Skandinavia dimana biasanya hanya dapati dalam dongeng anak-anak maupun kisah-kisah fantasi seperti seri Harry Potter atau trilogi Lord of The Rings kini akan hadir dalam balutan dokumenter yang digarap dengan sangat realistis, meyenangkan dan menegangkan ini.

Dari awal tampaknya André Øvredal sudah menyiapkan The Troll Hunter dengan sangat baik. Dibuka dengan narasi yang sepertinya ingin meyakinkan penontonnya bahwa dokumenter yang berasal dari potongan-potongan footage hard drives sepanjang 283 menit ini memang bukan rekayasa dan sudah dibuktikan keasliannya oleh tim investigasi yang berwenang meskipun kita tahu bahwa pernyataan tersebut seperti kebanyakan mocku lainnya hanyalah akal-akalan pembuatnya untuk menarik perhatian. Lucunya lagi closing credit terdapat sebuah pernyataan menggelikan, "no Trolls were harmed during the making of the movie" yang seakan-akan malah membenarkan kepalsuan film ini.

Menyaksikan The Troll Hunter seperti menyaksikan gabungan antara keseraman mistis dalam The Blair Witch Project dan ketegangan ala Cloverfield, namun menariknya disini André Øvredal juga menyelipkan serta tips-tips bagaimana memburu Troll yang baik dan benar, fakta-fakta menarik dibalik mahluk berbulu itu, semuanya tersaji dalam balutan humor-humor suble ala budaya Norse yang satir. Jika dibandingkan kedua film diatas, The Troll Hunter terasa lebih 'rajin' dalam memberikan 'penampakan-penampakan' dan kejutan-kejutan di sepanjang 90 menit, sehingga jauh dari kesan membosankan, terutama bagi mereka yang kurang menyukai genre ini, apalagi semuanya terbungkus oleh rangkaian adegan aksi yang mencekam plus dukungan CGI rapi dan meyakinkan, membuat para Troll yang terdiri dari berbagai jenis dan ukuran ini terlihat sangat nyata. Selain itu André Øvredal sepertinya tahu benar bagaimana mengkesploitasi keindahan lanskap Norwegia yang dingin dengan sangat baik.

Senang rasanya ketika mengetahui bahwa The Troll Hunter ternyata mampu berbicara lebih banyak dari yang saya kira sebelumnya. Yup, untuk ukuran sebuah horror mockumentary yang kurang terdengar gaungnya, jelas karya André Øvredal satu ini layak di beri acungan dua jempol, bukan hanya karena sukses menghadirkan premis yang orisinil dan menyegarkan, namun juga bagaimana Øvredal mengemasnya dengan apik, serealistis mungkin dan sangat menghibur.

7,9/10

visit my blog
Reply With Quote