View Single Post
Old 15th March 2011, 10:02
#3223  
Hafilova
Mania Member
Hafilova is offline

Hafilova's Avatar

Join Date: May 2009
Posts: 1,481
Hafilova is a divo/divaHafilova is a divo/divaHafilova is a divo/divaHafilova is a divo/divaHafilova is a divo/divaHafilova is a divo/diva

Default

Yours Truly (2011)



Todi: ” Mudah-mudahan ketika pintu ini dibuka, bukan sosok Mince Karmince yang keluar “

Perkenalkan saya Todi (Todi Pandapotan). Saya bekerja di Yours Truly, sebuah toko bunga di Jakarta. Tugas saya disini sebagai kurir yang biasa mengantar bunga-bunga pesanan pelanggan. Namun jujur saja pekerjaan ini sangat sulit buat saya, kenapa? karena tidak seperti kurir kebanyakan yang hanya mengantar pesanan lalu pergi, saya masih harus membacakan pesan para pelanggan, yang kebanyakan beirisi pesan cinta atau pesan permintaan maaf kepada kekasih mereka dengan dinyanyikan sembari sedikit berdansa. Ya, anda tidak salah dengar, dinyayikan sambil berdansa. Dan untuk orang yang pendiam dan kaku seperti saya yang hanya ‘bersahabat’ dengan tape recoder hal tersebut sebenarnya sangat sulit untuk dilakukan, namun bagaimanapun saya juga memiliki keinginan besar untuk berubah, keinginan untuk dapat menjadi pribadi yang bertolak belakang, keinginan untuk dapat memulai sebuah pembicaraan dan pekerjaan inilah yang mungkin bisa memaksa saya untuk berubah menjadi sedikit demi sedikit lebih baik.

Pekerjaan saya juga bisa dibilang cukup mendebarkan dan penuh kejutan, karena disaat saya mengetuk pintu, saya sama sekali tidak tahu siapa yang harus saya hadapi, dengan siapa saya nantinya harus menyayikan pesan yang saya bawa. Ya, jika sial saya akan bertemu dengan sosok seperti Mince Karmince (Cecep Reza), ah, anda bisa membayangkan sendiri seperti apa orang yang menamakan dirinya seperti itu. Namun jika beruntung…..sangat beruntung, ketukan saya akan disambut oleh Kayla (Kyla Pisita White). Kayle mungkin adalah wanita tercantik yang pernah saya temui selama bekerja di Yours Truly. Sosok malaikat yang sampai-sampai membuat saya kesulitan untuk mengendalikan emosi saya yang meledak-ledak. Ya, harus saya akui saya telah jatuh cinta kepada Kayla, tapi apakah orang seperti saya mampu merebut hatinya? Sepertinya hanya mimpi disiang bolong.

16 menit penuh kejutan, ya seperti itulah saya mengambarkan Yours Truly, sebuah short film produksi Cine et Cetera yang dibesut duet sutradara Elvira Kusno dan Ian Salim. Saya tertarik melihat pemlihan judulnya yang sedikit banyak mengingatkan saya pada The Loved Ones, thriller produksi Australia 2009 lalu yang sama-sama mengambil tajuk manis bernuasa romantis namun pada kenyataanya sangat bertolak belakang dengan isinya. Ya, Yours Truly memang adalah sebuah thriller, namun hebatnya anda tidak tahu sampai kapan film ini menunjukan wujud aslinya hingga kemudian BAMMM!!! anda dibuat tersengat oleh ketajaman twistnya yang sampai-sampai membuat film ini langsung berubah 360 derajat.

Yup, saya harus mengakui bahwa pasangan suami istri ini sudah memberikan sebuah sugguhan thriller yang menyegarkan di tengah carut marutnya perfilmana Indonesia. Memang ini hanyalah sebuah film pendek dengan durasi yang sangat singkat, namun jelas mereka sudah melakukan banyak hal fantastis disini. Berbekal track record Ian Salim dalam menggarap beberapa wedding clip berkualitas tinggi yang banyak mendapatkan tanggapan positif, keduanya mampu menjadikan debut film pendek pertama mereka ini bergerak cerdas melalui adegan demi adegannya yang digarap rapi, dengan kualitas sinematografi dan editing di atas rata-rata, visual cukup tajam meskipun hanya dishoot melalui kamera DSLR dan didukung tatanan scoring sendu dan depressing dari Albert Juwono yang sukses menciptakan aroma thriller kental menyayat dari menit-menit awal. Singkat kata dari segi teknis Yours Truly sudah memenuhi kriteria sebagai sebuah film berkualitas.

Digarap dengan dana yang sangat terbatas, kru yang hanya berjumlah 9 orang tanpa pengalaman di dunia pembuatan film, proses produksi yang sempit serta casting dadakan tentu saja membuat Yours Truly tidak lepas dari beberapa kekurangan minor. Namun saya tentu dapat memakluminya, toh kekurangan-kekurang tersebut tidak sampai mempengaruhi kenikmatan saya menikmati setiap menitnya karena mampu ditutupi oleh kelebihannya yang jauh lebih menonjol.

Jauh sebelum Yours Truly sebenarnya saya sudah sering mengikuti sepak terjang Ian Salim dalam menggarap klip-klip pre wedding, dan sungguh saya begitu terpesona bagaimana ia membuat rangkaian momen penuh kebahagian itu dengan sugguhan visual dan editing menawan layaknya sineas profesional, bahkan saya sepat terpikir bagaimana jadinya jika suatu saat seorang Ian Salim membuat film, maka Yours Truly menjadi jawaban dari pertanyaan saya waktu itu. Yap, jarang-jarang bisa melihat thriller buatan lokal dengan kualitas sebaik ini, baik naskah maupun teknis penggarapannya , apalagi mengingat keduanya tidak perlu terlalu bayak menyugguhkan adegan berdarah apalagi penampakan para dedemit untuk dapat membuat anda duduk terpaku selama 16 menit. Great job guys! ditunggu kejutan selanjutnya dari Cine et Cetera.

7,8/10

visit my blog
Reply With Quote