View Single Post
Old 8th April 2011, 23:17
#3663  
putra_kali_bekasi
Banned
Maleputra_kali_bekasi is offline

Join Date: Dec 2008
Location: ALS no. 388 Route: Medan-Sby-Malang Chassis: M-Benz OH1526 Body: Tentrem Scorpion X
Posts: 27,343
putra_kali_bekasi Super Legendputra_kali_bekasi Super Legendputra_kali_bekasi Super Legendputra_kali_bekasi Super Legendputra_kali_bekasi Super Legendputra_kali_bekasi Super Legendputra_kali_bekasi Super Legendputra_kali_bekasi Super Legendputra_kali_bekasi Super Legendputra_kali_bekasi Super Legendputra_kali_bekasi Super Legend

Send a message via MSN to putra_kali_bekasi Send a message via Yahoo to putra_kali_bekasi
Default

MADRASAPATTINAM (2010)


CAST : Arya, Amy Jackson, Nassar, Cochin Haneefa

STORY :
Amy Wilkinson sudah berusia senja, dan baru saja kehilangan suaminya. Tiba-tiba ia menemukan sebuah kalung yg ia dapat di India. Ia pun memutuskan untuk pergi ke India, mencari pemilik kalung itu. Ketika tiba di Chennai, ia teringat ttg kenangan di masa mudanya.
Amy Wilkinson adalah anak dari Gubernur Madrasapattinam (sekarang Chennai) pada masa pemerintahan Inggris di India. Ia tinggal di Inggris, dan mendapat kesempatan berkunjung ke Madrasapattinam. Dengan bantuan Nambi, pegawainya, ia berkeliling kota Madrasapattinam.
Ia berjumpa dgn seorang tukang cuci keluarga Inggris bernama Parithi. Parithi tinggal di sebuah kampung yg penduduknya adalah tukang cuci. Kampung tersebut terancam digusur akibat proyek lapangan golf oleh pemerintah. Robert Ellis, seorang tentara Inggris, ditugaskan menangani proyek tersebut. Ia kebetulan menyukai Amy.
Berkat usaha Amy, kampung tersebut tidak jadi digusur karena Robert kalah bergulat dengan Parithi, yg juga seorang pegulat handal. Itu sesuai dgn perjanjian yg ditetapkan Amy.
Tapi kejahatan Robert tak pernah usai. Ia tetap berusaha memusnahkan Parithi. Tapi Amy lebih menyukai Parithi, sampai akhirnya ketika kemerdekaan India ditetapkan, semua orang asing harus pulang, termasuk Amy. Parithi dan Amy berupaya meloloskan diri dari kejaran ayahnya dan Robert yg menyuruhnya pulang. Pada akhirnya Amy memilih membiarkan Parithi lepas dari kejaran tentara Inggris dgn menenggelamkannya di sungai. Sejak itu mereka tak pernah berjumpa kembali, dan Parithi tak diketahui nasibnya.
Beberapa tahun kemudian, Amy berupaya mencari Parithi, orang yg meninggalkan kalung itu. Kalung itu, menurut adik perempuan Parithi, adalah titipan dari almarhumah ibunya untuk orang yg menjadi istri Parithi nantinya. Dan karena Amy bukan istri Parithi, Amy merasa tak berhak memilikinya dan ingin mengembalikannya kepada Parithi. Akankah Amy berhasil berjumpa dgn Parithi, dan bagaimana nasibnya sekarang???

REVIEW :
Mungkin ini filem pertama tentang sejarah India pada masa kolonial Inggris yg pernah saya tonton. Jadi saya bisa tau latar belakang sejarahnya, walaupun yg terjadi dalam filem ini belum tentu nyata.
Penggambarannya lumayan bagus, begitu juga dgn ceritanya. Jadi antara masa lalu dan masa kini itu seling-selingan, gak kayak kebanyakan filem sejarah di mana penggambaran masa kini, terus masa lalu (gak ada selingan masa kini), terus ke masa kini lagi. Tapi menurut saya pribadi, justru karena ini ceritanya jadi agak membingungkan. Ditambah lagi dari masa lalu ke masa kini atau sebaliknya penandanya gak kerasa.
Terus di tengah-tengah agak membosankan. Dan masih menurut saya terlalu dramatis, terutama adegan-adegan di mana Amy dan Parithi mencoba meloloskan diri, waduh itu lama banget dan bikin berdebar-debar, kelamaan buat saya.
Salah satu nilai plusnya adalah musiknya. Lagunya enak-enak, begitu juga background musicnya. Saya sendiri tahu nama filem Madrasapattinam ini setelah download lagu "Pookal Pookum", tabla (gendang)-nya enak banget, berirama. Begitu juga lagu-lagu lain. Sentuhan tradisional India-nya kerasa banget. Tariannya juga bagus.
Lumayan buat ditonton, terutama buat yg pengen tau gimana India di masa lampau dan bagaimana cerita ttg penjajahan Inggris di India. Ternyata mereka merdeka setelah dijanjikan, bukan direbut oleh rakyat.

Intermezzo, Amy Jackson yg berperan sebagai Amy Wilkinson (waktu masih muda) adalah pemenang Miss Teen World tahun 2008 dan Miss Liverpool 2010 (orang Liverpool nih, markasnya klub bola favorit saya). Mukanya cantik, dan bahasa Tamil-nya lumayan bagus.

Score : 7,5 / 10
Reply With Quote