View Single Post
Old 16th April 2011, 17:38
#3772  
sapiterbang
Groupie Member
Femalesapiterbang is offline

sapiterbang's Avatar

Join Date: Feb 2008
Location: disudut gedung tua
Posts: 22,424
sapiterbang Super Legendsapiterbang Super Legendsapiterbang Super Legendsapiterbang Super Legendsapiterbang Super Legendsapiterbang Super Legendsapiterbang Super Legendsapiterbang Super Legendsapiterbang Super Legendsapiterbang Super Legendsapiterbang Super Legend

Default

TANDA TANYA (?) at Djakarta Theater


Sinopsis : berkisah dua sahabat wanita dan problemanya masing-masing, Menuk (Revalina S. Temat) dan Rika (Endhita). Menuk kerja di rumah makan punya si engkoh yang sangat toleran (Henky Soelaiman) dan Rika punya toko buku. Menuk punya suami pengangguran yang marah2 melulu. Rika baru saja bercerai dari suaminya yang mau memadunya. Rika sesuai panggilan hatinya pindah agama dari Islam ke Katolik, sementara anaknya semata wayang, Abi tetap islam, bahkan khatam al qur'an. Sementara Menuk wanita berjilbab , yang memilih menikah dengan Soleh (Reza Rahardian), seorang pemuda pengangguran yang akhirnya menjadi anggota GP Anshor, walaupun Menuk ditaksir setengah mati oleh anak bossnya, Hendra (Rio Dewanto). pergulatan batin masing-masing wanita ini menjadi pokok cerita film ini.

Review : Film dengan semangat mengkampanyekan toleransi. Alhasil banjir petuah sana-sini. Masih diperlukan sih, sama masyarakat kita yang sudah lupa bertoleransi. ada beberapa adegan lebay di dalam film ini, misalnya saat Rika ditanya pastur mengenai apakah arti Tuhan bagimu, eh dia menjawab dengan nama-nama Asmaul Husna.. agak berlebihan buat gue. Trus saat Soleh yang cemburu dan marah karena istrinya disuruh masuk pas hari kedua lebaran, dia langsung ngajak temen2nya untuk menghancurkan restoran si engkoh. dan yang paling absurd, saat Surya (Agus Kuncoro) yang muslim harus berperan jadi Yesus yang disalib , dan dilakukan di gereja... Yakin banget yang umat gereja pasti tersinggung.
Ok sudahlah dengan kelebay-annya. Filmnya sendiri cukup "berani" mengangkat issuenya. Tapi eksekusinya justru gak seberani yang dibayangkan. masih ada beberapa jalan kompromistis yang dipilih hanug, saat endingnya si Hendra memilih masuk islam.. (itu juga agak lebay sih, moso abis restorannya dihancurkan umat islam, dia malah masuk islam..he he he..)
Soal akting, kredit lebih buat Agus Kuncoro.. seperti biasa, he's the scene stealer...Revalina lumayan, Enditha masih agak kaku, yang paling ngaco, Glenn Fredly... gak usah akting lah bung.. situ nyanyi aja lebih bagus.

Bukan karya terbaik Hanung,...

Rate : 7/10
Reply With Quote