View Single Post
Old 14th June 2011, 15:02
#4513  
stifler
Groupie Member
stifler is offline

stifler's Avatar

Join Date: Dec 2007
Location: Jkt - Bdg - Jgj - Mlg - Dps - Kpg Patas PP
Posts: 22,968
stifler Super Legendstifler Super Legendstifler Super Legendstifler Super Legendstifler Super Legendstifler Super Legendstifler Super Legendstifler Super Legendstifler Super Legendstifler Super Legendstifler Super Legend

Default

SECRET ORIGIN : THE STORY OF DC COMICS



Ini film dokumenter tentang asal usul dari DC Comic yang banyak mengeluarkan komik-komik dengan tokoh-tokoh super hero yang iconic banget. Dalam penyampaian dokumenternya, jalan cerita dibagi menjadi beberapa bagian. Sesuai dengan jaman-jamannya pas itu.

THE GOLDEN AGE
Ini bagian si Jerry Siegel dan Joe Shuster imigran Yahudi yang menciptakan Superman. Yang pada kenyataannya karakter Superman adalah simbol dari keinginan atau khayalan dari penciptanya tentang seseorang yang bisa melindungi mereka berdua pada saat Yahudi mengalami masa suram. Dan saat itu masih belum banyak komik-komik yang ada, kebanyakan ada di surat kabar atau koran. Dengan adanya Superman, keluarlah Detective Comic yang menjadi dasar untuk perusahaan DC Comic berdiri.
Lalu muncul Bob Kane yang menciptakan karakter Batman juga, disusul Wonder Woman di saat US sedang ditinggal ama kaum prianya, karena adanya Perang Dunia.

THE SILVER AGE
Pada saat Perang Dunia berakhir, komikpun jadi nampak surut penjualannya. Sebelum-belumnya komik menjadi salah satu penjualan terbaik sepanjang masa, dan juga menjadi faktor penyemangat para pejuang Perang Dunia kala itu. Diantara surutnya komik pada saat itu, karakter Superman, Batman dan Wonder Woman jadi konyol banget. Gak ada lagi keperkasaan mereka, nampak lebih buruk daripada serial Super Friends yang memperlihatkan betapa manisnya superheroes nya. Lalu muncul karakter-karakter baru seperti Flash dan Green Lantern yang menandai dimulainya Silver Age dengan karakter komik yang baru. Perombakan karakter Flash dan Green Lantern dari Golden Age terjadi secara besar-besaran. Si Flash yang pake topi panci diganti dengan topeng yang lebih bagus, dan asal usul yang lebih baik. Begitu juga dengan Green Lantern yang sebelumnya menggunakan kostum merah diganti menjadi kostum hijau dengan alter ego nya Hal Jordan.

THE BRONZE AGE
Karakter-karakter seperti Superman, Batman dan Wonder Woman benar-benar kepayahan pada saat itu, dan makin terlihat konyol saja. Jadi dimulai era baru, dimana setiap karakter gak selalu lurus-lurus saja, yang baik gak selalu baik dan yang jahat gak selalu jahat. Diperlihatkan dengan Crossovernya Green Lantern dan Green Arrow. Dimana karekter Green Arrow jadi terlihat seperti kejam tapi memiliki nilai kebenaran. Hal ini karena para penulis dan artisnya yang hippies mengambil tema sesuai dengan masa itu, yaitu masalah Ras dinegara US yang lagi panas-panasnya.
Tapi juga ada pergerakan dengan munculnya ide Justice League ketimbang Justice Society. Dan kemunculan pelem Superman yang disutradarain oleh Richard Donner yang fenomenal. Ditambah dengan kemunculan dari film Batman oleh sutradara Tim Burton juga.

THE MODERN AGE
Masa ini masa perubahan yang banyak terjadi. Kemunculan penulis Alan Moore dan Frank Miller membawa perubahan yang luar biasa pada DC Comic. Pelan-pelan mainstream komik jadi mengalami perubahan, contohnya kemunculan komik Watchmen yang sangar abis dan terlihat berbeda dengan komik-komik lainnya. Lalu V For Vendetta yang temanya lebih ke politik.
Banyak perubahan juga terjadi dengan karakter-karakter ikoniknya DC Comic, kayak contohnya dengan mematikan karakter Superman yang jadi bom penjualan luarbiasa bagi DC. Akhirnya malah diikuti oleh penulis-penulis lainnya dengan mematikan beberapa karakter penting di DC Universe.
Ataupun Batman menjadi lebih gelap dari sebelumnya, ditambah dengan kemunculan film Batman Begins nya Christopher Nolan.

Dokumenter yang bagus banget, jadi ngerti perjalanan komik dari awal-awalnya. Ngeliat karakter-karakternya yang pertama kali digambar. Lucu-lucu sih

Point 8/10
Reply With Quote