View Single Post
Old 11th May 2013, 05:40
#77  
svensen2017
Registered Member
svensen2017 is offline

Join Date: Mar 2013
Posts: 1
svensen2017 is a new comer

Default “Study banding 4: Kapal induk China”

CV16 Lioning, the baby finally born……

China udah memulai program kapal induk jauh jauh hari, sejak thn 1970. Sejak 1985, udah sempat punya 3 kapal induk bekas yg di beli utk tujuan research. 2 bekas dari Soviet (Minsk dan Kiev yg kesohor dulu) dan 1 dari Australia. Rencana awalnya akan mencoba memproduksi sendiri di thn 1987. Tetapi karena permintaan standard Navy China yg termasuk sangat tinggi, akhirnya program kapal induk sempat berhenti krn ketidak-mampuan China dalam tech know-how.

Program yg mengambang akhirnya dilanjutkan kembali di thn 2002 saat memiliki Varyag yg dibeli dari Ukraina. Varyag sendiri merupakan project era Soviet thn 1990an yg baru rampung secara struktural (rangka) dan terpaksa dihentikan dalam keadaan 30% rampung tanpa mesin, propeller, atau system navigasi karena Soviet mendadak bangkrut. Saat dilelang, semua peralatan militer berikut system propellernya udah dipereteli sehingga Varyag tidak lain hanyalah sebongkah besi tua.

Tadinya Varyag dibeli oleh Tycoon Macau pada thn 1998 utk keperluan komersial (casino). Memakan waktu yg cukup lama dalam proses towing dari Ukraina krn sempat tertahan sekitar 16 bulan di Laut Hitam krn pemerintah Turkey tidak mengizinkan melewati selat Bosphorus yg berbahaya dan jembatan Istambul krn faktor keamanan.

Turkey akhirnya mengizinkan setelah China terlibat negosiasi yg alot dan menjamin keselamatan dalam towing yg menghabiskan 6 jam secara berhati2 dgn dikawal secara ketat oleh 27 kapal. Padahal normalnya hanya butuh 1,5 jam. Hal ini disebabkan karena tonase Varyag yg bongsor, 56,000 Ton.

Varyag tiba di China thn 2002 setelah melalui proses towing dgn rute yg panjang. Biaya towing aja memakan US$ 5 juta, dibandingkan dgn harga Varyag yg cuman US$ 25 juta. Lumayan berat di ongkos...

Project Varyag termasuk project experimenting, sekedar scientific research tetapi bersamaan dgn perkembangan China yg maju pesat dari segi ekonomy dan technology, pada thn 2005 project ini ber-transformasi menjadi “exciting” + “serious”, dan akhirnya resmi dimulai pada thn 2007, full project.

Project ini berjalan cepat dan mulus, hampir rampung di akhir thn 2008. Project Varyag rampung 6 thn lebih awal dari yg semula diproyeksikan selesai pada thn 2015. Menjelang akhir thn 2009, mesin dan semua heavy equipment berikut radar baru telah berhasil dipasang.

Tapi baru pada thn 2011 China secara resmi menyatakan kepada dunia kalo China udah memiliki kapal induk. Mungkin demi prestige, China memastikan semuanya udah mantap dulu baru berani kasih tau ke dunia luar. Biasalah, very typical Chinese character….

Last edited by svensen2017; 11th May 2013 at 06:37..
Reply With Quote