View Single Post
Old 17th May 2013, 21:04
#163  
svensen
Addict Member
svensen is offline

svensen's Avatar

Join Date: Aug 2010
Posts: 621
svensen is a legendsvensen is a legendsvensen is a legendsvensen is a legendsvensen is a legendsvensen is a legendsvensen is a legendsvensen is a legendsvensen is a legendsvensen is a legendsvensen is a legend

Default

Quote:
Originally Posted by khafidtheabasers View Post

anyway ngegossipin apalagi yah tentang china?
oh yah dari sektor ekonomi mengenai masalah SDM murah disana yang ikut mendukung perkembangan ekonomi disana,
The China way

MADE IN CHINA or SERVICED IN CHINA?

A Short report on Seminar on Small and Medium Enterprises Development for Developing Countries.

Oleh Deny Willy

Perkembangan Ekonomi China

China sedang mempersiapkan take off dari Made in China menjadi Serviced in China. Rencana besar masa depan China yang ingin bergeser dari kelas pekerja menjadi sejajar dengan negara maju, kedepan China akan sejajar dengan dunia barat dengan yang kental dengan knowledge-based-nya dimana pada saatnya China akan dikenal dengan “Invented in China”

Selain menyadari pentingnya project financing dan guarantee system pemerintah China juga menaruh perhatian luar biasa terhadap Innovation Service Platform & System atau R&D Center yang juga menjadi bagian kunci utama strategi menggenjot pembangunan ekonomi melalui SMEs.

Banyak sudah upaya yang dilakukan oleh pemerintah China dalam hal tersebut, antara lain:
1. Memperkuat lembaga riset atau government think-tank tentang SMEs yaitu Academic of Social Sciences, yg membantu pemerintah meriset pasar, product development, dls.Think tank yang menyiapkan strategi dan rencana pengembangan kota-kota andalan dalam Specialized Economic Town (SET), pengembangan sistem klustering hingga ASEAN+3 Countries.

2. Pemerintah China sangat concerned dengan Project Financing, intinya kuantitas dan kuantitas, jadi bank dan lembaga pembiayaan, guarantee body termasuk para kontraktor/pelaksana mendapatkan insentif pajak, dan kemudahan dls dari pemerintah secara khusus, apalagi project dengan labour intensive dan capital intensive. Pemerintah provinsi dan daerah mendapatkan berbagai reward dari pemerintah bila menghasilkan banyak project.

3. Pemerintah bikin beberapa R&D center di pemerintahan daerah, untuk boosting up their project quantity.

4. Sosialisasi jargon baru Serviced in China dengan slogan ‘10+100+1000’ yakni outsourcing intermediary service, misal perbankan, investment agency, R&D center dls, yang kira-kira saya tangkap menyiapkan 10 outsourced major overseas company dibangun di China, terus terbangun 100 Supporting Company, dan tercipta 1000 projects (keyword: China dapat ilmu service dan dapat proyek).

5. Para profesor dan profesional yang sudah retired juga diencourage oleh pemerintah untuk menjalankan State-Own Enterprise (SOE) walau voluntarily tapi China tidak mau tenaga-tenaga bagus tersebut berhenti berkarya, beberapa perusahaan yang telah maju kemudian dilepas dan Profesor atau profesional tersebut pindah lagi untuk merintis dan memajukan perusahaan yang lainnya.

6. Stimulus pemerintah China untuk membantu SMEs adalah:
1. Start-up SMEs (registered) tidak perlu bayar pajak 1 sd 2 tahun pertama.
2. Income Tax perusahaan dibedakan (roughly):
mikro: 3%
menengah: 17%
besar: 20% dan 25%
juga dilihat dari apakah perusahaan tersebut basisnya high technology atau bukan
c. pemerintah China juga siapkan:
- Promotion & management yang berorientasi pada listing/IPO di Bursa
- Training SDM gratis
- Technology Inovation training
- Overseas bidding
- dan masih banyak lagi
d. Ada juga special Fund untuk start-up fund, development fund, dll.
e. Pajak sangat customized, tidak pukul rata.

Last edited by svensen; 17th May 2013 at 21:25..
Reply With Quote