View Single Post
Old 3rd June 2013, 10:38
#374  
sieg
Groupie Member
Malesieg is offline

sieg's Avatar

Join Date: May 2013
Posts: 12,960
sieg Super Legendsieg Super Legendsieg Super Legendsieg Super Legendsieg Super Legendsieg Super Legendsieg Super Legendsieg Super Legendsieg Super Legendsieg Super Legendsieg Super Legend

Default

Quote:
Originally Posted by svensen View Post
Hi

Mana janjinya? Udah telat 4 x 24 x 60 menit lho….
Quote page 30 #293
Sori TS, awalnya saya mau bikin rangkuman juga kayak FLG, pingin ngumpulin sumber2 gitu biar lebih sip, tapi karna akir2 ini saya agak ribet di TM, jadi saya beri opini singkat aja deh.

Jadi menurut saya "Leap forward" yang terjadi di China, selain karena kepribadian positif yang diperlukan untuk majunya suatu negara yang dimiliki rakyat dan pemerintahnya (nasionalisme, fokus, ulet, hardworking, dll), juga selain karena pengakhiran era pengisolasian diri yang dilakukan Deng XiaoPing, tapi menurut saya juga karena peningkatan kemampuan cyberwar oleh China.



Bila misalkan Amerika dengan susah payah merayap menuju 5th-gen-fighter. China yang memiliki keunggulan dalam cyberwarnya dengan mudah meloncat ke tahap itu setelah mendapat bocoran desain akhir fighter itu melalui backdoor yang bisa saja sudah ditanamkan dalam hardware2 yang mereka ekspor ke USA (jumlah impor Amerika untuk MadeinChina khan banyak sekali). Dan itu tak hanya dilakukan dalam bidang militer, bahkan dunia menyebut tahun 2011 sebagai "Hackmageddon" akibat intensnya hacking yang mayoritas dilakukan oleh ip China.

Simpelnya gitu, tapi memang belum ada bukti2 yang kuat bahwa China melakukan hal itu. Tapi sampai saat ini, memang dikatakan China adalah negara yang paling banyak dan paling ganas dalam melakukan hacking.

Walau benar China melakukan hal itu, martabat China pun tidak bisa dibilang jatuh sebagai tukang copas. Karena China tak cuman berhenti sampai tahap plagiarismenya, tapi mereka betul2 mempelajari dan mengembangkan lebih lanjut apa yang sudah mereka bajak itu, dengan tujuan bisa lebih baik dari desain yang mereka bajak itu.
Jadi bukan asal copas dan pakai, itulah yang membedakan mereka. Untuk masalah moralnya mengenai hacking itu sendiri, saya kira USA juga akan melakukan bahkan hal yang lebih terhina dan keji, bila memang diperlukan untuk memajukan negaranya.

Dengan begitu, China dapat menghemat banyak sekali anggaran dalam riset militer mereka. Kelebihan anggaran tersebut dapat dialokasikan pada efisiensi budget pada hasil hacking mereka, biaya produksi armada mereka, peningkatan riset pada bdang lain, peningkatan ekonomi, dan kesejahteraan rakyatnya. Jadi di kala neraca USA babak belur setelah menyelesaikan proyek super mahal B2 dan J20nya, di kala Jepang menangis darah melihat F35-JSF mereka terus meroket harganya sampai sudah di atas 1.2T/pesawat. China diam2 ketawa2 sambil terus memproduksi bomber dan jet mereka yang berbudget jauh lebih rendah.

Yah, opini saja seh... Maaf bila kurang berkenan atau bila bukan merupakan hal yang "baru"...

Hutang saya lunas yah TS
*Bonus, ada infographics di bawah ini, dibaca aja yah..."




Last edited by sieg; 3rd June 2013 at 11:29..
Reply With Quote