View Single Post
Old 11th June 2013, 19:11
#478  
svensen
Addict Member
svensen is offline

svensen's Avatar

Join Date: Aug 2010
Posts: 621
svensen is a legendsvensen is a legendsvensen is a legendsvensen is a legendsvensen is a legendsvensen is a legendsvensen is a legendsvensen is a legendsvensen is a legendsvensen is a legendsvensen is a legend

Default

How can China make “Stealth” fighter? (Bagian pertama)



Prelude
Masih ingat kasus tabrakan antara pesawat mata2 intelligence USA dan pesawat tempur pencegat China di thn 2001 (Hainan Incident)? Peristiwa tersebut mengakibatkan jatuhnya pesawat tempur (model lama) China ke laut dan pesawat surveillence USA mendarat darurat di China. Pesawat mata2 USA ditahan dan dipereteli oleh pihak China.

Saat itu mata dunia tertuju pada China. Apa yg akan China lakukan? Setelah melalui negosiasi yg alot dan lama (bulanan), akhirnya China membebaskan semua personil USA, sekitar 20an orang. Tapi banyak pihak yg simpati pada China dan memberi point pada China dgn beberapa menyebut ini kemenangan awal diplomatik keras China terhadap USA….









China keberatan atas berlalu lalangnya pesawat mata2 USA di pesisir China. Sementara USA menyatakan mereka berhak melakukan apa aja di wilayah international. Dan bahkan setelah insiden itupun, USA tetap menyatakan mereka akan terus melakukan kegiatan rutin mereka (alias terus melakukan pemantauan di dekat pesisir China). Namun kenyataanya setelah itu tidak ada lagi atau jarang terdengar ada kasus pesawat China mencegat pesawat USA. Kemungkinan salah satu persyaratan China saat membebaskan personil USA ialah: “Subject to “only if” you willingly promise not to do it again”.

Seperti biasa, mari berandai2….
Gimana perasaan anda seandainya pesawat surveillance (pengawas/mata2) M’sia, S’pore, Oz atau USA selalu berlalu lalang memata2i di pesisir Indonesia? Apalagi kapal induk USA yg selalu melewati halaman Indonesia, selain utk show off juga sekedar mejeng (membuat jengkel). Dan udah berkali2 di protes tetap aja mereka2 melakukannya dgn alasan rutinitas…. Bahkan pesawat stealth mereka selalu menerobos wilayah udara Indonesia tanpa kita bisa berbuat apa2…..

Atau yg lebih simple aja. Gimana perasaan anda bila ada orang asing (stranger) yg senang tongkrongin di depan rumah anda? Melihat rumah anda, mengawasi rumah anda? Kalo cuman sekali, mungkin kita anggap itu biasa aja. Kalo dua kali, mungkin kita anggap kebetulan. Tapi kalo berulang kali? Apa anda merasa nyaman?

Dan sekarang utk memahami China, kita berganti berandai2 lagi. Gimana perasaan nya bila anda itu negara China? Baik kapal induk maupun pesawat tempur/ pesawat inteligence USA selalu lalu lalang di halaman depan anda, bahkan “kemungkinan” pesawat Stealth USA menyusup sesukanya ke dalam wilayah China (krn tidak terdeteksi radar)?

Berdasarkan classified info, yg ntah benar atau tidaknya. Dikatakan oleh pihak China bahwa pesawat Stealth USA beberapa kali masuk ke wilayah China. Walau system radar China dan pertahanan rudal/udara utk saat ini termasuk yg canggih, tapi di era 90an, kemungkinan besar China masih belum mampu mendeteksi secara akurat keberadaan Stealth USA saat menyusup masuk ke China.

Dan inilah salah satu awal yg melatar-belakangi “desperate”nya China utk memiliki Air Force “Stealth” berikut system pertahanan/radar yg bisa mengakomodasi/counter “Stealth”nya USA….

Lagi2 metafora
China, like a jobless man. Do everything desperately to get a job and when it get the job, China get it done to the ultimate….

Kalo anda adalah seorang pengangguran, anda butuh sebuah pekerjaan utk kelangsungan hidup. Gimana caranya utk dapat kerjaan? Apakah hanya dgn berdoa tanpa usaha? Apakah hanya duduk berdiam di rumah nunggu panggilan kerjaan? Siapa yg akan manggil ato kasih anda kerjaan?

Bagi yg desperate dan ulet, tentunya apapun akan dilakukan. Mulai dari yg gampang spt lihat koran, minta bantuan keluarga, tetangga, teman. Kirim resume. Ikut interview. Call sana sini. Bahkan kalo perlu door to door minta kerjaan… desperately….

Begitu jugalah dgn China. China melakukan apa aja mulai dari scratch, utk mewujudkan mimpinya menciptakan “Stealth”….

Namanya juga desperate, pasti akan melakukan apa aja. Terlepas dari benar tidaknya China “mencuri” data/info Stealth dari USA, China tentunya mesti mempunyai SDM, R&D, dan kemampuan tech yg memadai utk menghasilkan “Stealh” yg katanya sangat “super delicate complex & complicated”nya. Hanya berdasarkan info curian aja, belum tentu mampu menciptakan stealh “tanpa” didasari infrastruture “tech-know how” Stealth itu sendiri.

Ada beberapa, jika tidak banyak, buku2 di gramedia yg mengajarkan kita gimana berhasil, menjadi kaya. Bahkan ada konglomerat yg telah sukses dan berhasil, share pengalamannya di dalam buku bacaan. Apakah hanya dgn baca buku2 sukses kita langsung dijamin akan berhasil? Tentu aja tidak bukan?

Jadi bila benar China mencuri tech dari USA, itu merupakan sebagian penyumbang dari keberhasilan China. Pada dasarnya China kemungkinan besar “memiliki” kemampuan utk menciptakan stealth dari program stealth mereka dan info tech stealth hasil curian itu tentunya akan “boost” kesuksesan China baik dari segi kesempurnaan, kualitas maupun timing….

Ada satu hal, based on true story, yg “mungkin” sangat2 membantu keberhasilan China dalam pengembangan Stealth Tech yakni “Kosovo War” factor……..

1999 KOSOVO WAR






(akan dilanjutkan PART 2…..)

Last edited by svensen; 19th July 2013 at 20:57..
Reply With Quote