View Single Post
Old 23rd July 2013, 21:28
#817  
sieg
Groupie Member
Malesieg is offline

sieg's Avatar

Join Date: May 2013
Posts: 12,960
sieg Super Legendsieg Super Legendsieg Super Legendsieg Super Legendsieg Super Legendsieg Super Legendsieg Super Legendsieg Super Legendsieg Super Legendsieg Super Legendsieg Super Legend

Default

Quote:
Originally Posted by svensen View Post
Ada yg pernah denger soal tumbukan proton/neutron/partikel… udah lupa tepatnya gimana. Dulu pernah baca kalo banyak ilmuwan yg melakukan percobaan ini. Arealnya sangat luas. Dan di buat semacam kitaran & tumbukan dgn kecepatan yg maha tinggi…. bla bla bla….. Bro Sieg ato Bro Arl tau? Ato siapa aja.... maybe Nancy tau kali....?
Yang TS hendak utarakan (khusunya yg dibold) adalah LHC(Large Hadron Collider).

Itu adalah media riset TERBESAR ciptaan manusia, kalo gak salah bentangan diameternya ajah bisa sebesar satu kota.

Kalo gak salah riset LHC bertujuan untuk:
1. Membuat dan mengisolasi anti materi
2. Meneliti asal mula alam semesta dengan modelisasi blackhole.

Kenapa membutuhkan infrastruktur riset yang sedemikian BESARnya?

Sebab, metode risetnya adalah dengan mengakselerasi partikel2 subatom (neutron, proton, dan elektron) sampai atau hampir sampai mendekati c (light velocity) dan ditumbukkan.

Logika sciencenya saya gak gitu ingat, tapi begini kisah kurang lebihnya, sekadar share sajah:

Sebelum terbentuknya universe kita ini, universe kita ini mempunyai massa 99x(CMIIW) lebih besar daripada universe yg sekarang. Terdiri dari materi dan antimateri yang terisolasi satu sama lain. Jumlah materi dan anti materi yang terdapat adalah sama.

Materi dan anti materi bila saling melebur akan melepaskan E(Energy) yg amat teramat dashyat. 1 gram anti materi (misalnya anti hidrogen) dapat diciptakan bom dengan daya letak TNT 100x kekuatan bom atom Hiroshima (CMIIW)

Sampai sesaat sebelum terjadinya BIGBANG, materi dan anti materi yang sedemikian buanyaaakkkknya, oleh suatu sebab, secara tiba2 melebur menjadi satu dan melepaskan Energi yang teramat amat dashyat sehingga terjadilah BIGBANG.

Nah, pertanyaannya ke manakah anti materi2 saat ini? Mengapa sangat sulit ditemukan padahal dihipoitesakan jumlahnya adalah sama dengan jumlah materi.

Itulah yang berusaha diciptakan dan diteliti oleh para ilmuwan dengan mennggunakan LHC.

Sampai saat ini, para ilmuwan masih berkonsentrasi dengan pemciptaan antimateri dari partikel subatomik macam positron, negatron, dll.

Tapi pada visi ke depannya mereka berusaha (masih) untuk menciptakan ati atom: antihidrogen.

Mengapa diteliti?

sebab selain untuk senjata, banyak sekali manfaat dari riset anti materi ini. Salah satunya adalah fenomena Efisiensi sempurna pelepasan energi oleh peleburan anti materi dengan materinya.

Ingat pelajaran SMP? Fisika mengajarkan bahwa tak ada satu pun mesin yang daat mencapai efisiensi 100%, pasti saja ada pengalihan energi tersebut (misalnya menjadi partikel lain/residu) hiungga efisiensi tak mencapai 100%. N

Nah anti materi+materi secara hipotesa akan mencapai efisiensi energi 100% sebab keduanya akan melebur tanpa bekas kas kas kas, gak menghasilkan air/debu/karbon/rapa pun tiu.

Jadi sangat prospekful untuk bahan bakar masa depan

dah ah, ngacir dulu pegel ngetiknya

Reply With Quote