View Single Post
Old 6th October 2017, 18:50
#1  
nadinerzk
Addict Member
nadinerzk is offline

Join Date: Jan 2017
Posts: 320
nadinerzk is a star wannabenadinerzk is a star wannabenadinerzk is a star wannabe

Default Katanya Ini Tips Buat Hubungin Dosen Jaman Now, Ah Masa Iya?

Ini adalah tips mahasiswa jaman now yang dibikin sama UI

Jakarta - Universitas Indonesia (UI) membuat petunjuk etika menghubungi dosen yang ditujukan bagi mahasiswanya. Ada apa dengan mahasiswa UI?

Petunjuk menghubungi dosen itu berjudul 'Etika Menghubungi Dosen Melalui Telepon Genggam'. Sejumlah fakultas di UI mem-posting aturan ini di laman situsnya, salah satunya Fakultas Teknik UI.

Etika menghubungi dosen dibuat dalam dua bahasa dan disajikan melalui infografis. Ada 7 poin etika menghubungi dosen yang dibuat UI. Simak nih untuk mahasiswa 'jaman now':

1. Perhatikan kapan waktu yang tepat untuk menghubungi dosen. Pilihlah waktu yang biasanya tidak dipakai untuk beristirahat atau beribadah. Contoh: hindari menghubungi dosen di atas pukul 20.00 atau di saat waktu ibadah.

2. Awali dengan sapaan atau mengucapkan salam. Contoh: Selamat pagi Bapak/Ibu, atau Assalamualaikum (apabila kedua belah pihak sesama muslim).

3. Ucapkan kata maaf untuk menunjukkan sopan santun dari kerendahan hati Anda. Contoh: "Mohon maaf menganggu waktu Ibu/Bapak".

4. Setiap dosen pasti menghadapi ratusan mahasiswa setiap harinya dan tidak menyimpan nomor kontak seluruh mahasiswa. Maka, pastikan Anda menyampaikan identitas Anda di setiap awal komunikasi/percakapan. Contoh: "Nama saya Putri, mahasiswa Administrasi Negara Angkatan 2016, semester ini mengambil mata kuliah Hukum dan Administrasi Negara di kelas Ibu/Bapak".

5. Gunakan bahasa yang umum dimengerti, tanda baca yang baik dan dalam konteks formal. Hindari menyingkat kata seperti 'dmn, yg, ak, kpn, otw, sy'. Hindari kata ganti non formal seperti 'aku, ok, iye, dll'.

6. Tulislah pesan dengan singkat dan jelas. Contoh: "Saya, memerlukan tanda tangan Bapak/Ibu di lembar pengesahan saya. Kapan kiranya saya dapat menemui Bapak/Ibu?"

7. Akhiri pesan dengan mengucapkan terima kasih atau salam sebagai penutup.

Syumbernyah

Kaku banget deh,, kayaknya dulu gak gitu gitu amat.. #ups

Sebenernya ada lagi tips yang lebih yahud buat ngubungin dosen.. Di sini pasti masih ada yg kuliah kan, nerusin mungkin

Yang udah terlanjur masuk harus nyimak dan komen

Kalo nadine dulu mau ngehubungin dosen mah gini caranya

1. Observasi Dulu

Pastinya harus observasi dulu, kira-kira dosennya ini bisa gak dideketin langsung, atau emang cukup lewat telepon. Masalahnya kalo kayak gini perwujudan dosennya kan sayang kalo cuma via telepon




2. Pasca Observasi, Approach

Setelah udah jelas karakter dosennya, gak usah basa basi. Langsung deketin lah. Berhubung mahasiswanya sendiri, pasti gampang minta nomor buat japri. Udah dapet obrolan empat mata, nope juga dapet. Efisien kan??

Intinya mah ya cuek aja, bilang aja buat "Bimbingan studi pak/bu"




3. Message langsung seolah urgent

Tapi isinya gak usah yg terlalu basa basi, cukup bilang, ini nomorku ya (pak/bu), (nama), nanti aku hubungi pakai nomor ini, disave ya pak.

Note: Jangan tambahin flirt flirt semacam "Disave di hati juga ya pak" Itu terlalu cepat

Kalo kamu gak delay, semoga si dosen masih fresh ingatannya, "Oh ini mahasiswaku yang tadi'.
Keep in mind, kalo si dosen bisa jadi gak ngurusin kamu doang.




4. Tunggu balasannya

Yaiyalah, kalo gak dibales jangan lantas kamu serbu selayaknya ngepoin pacar yang gak ngabarin semenit.

Dosen pasti kan sibuk yah, itu udah peraturan utama deh. Jangan terus dibombardir dengan chat chat posesip. Kalo dapet dosen jomblo mungkin ya dia bakal merasa bersalah. Tapi kalo enggak, alamat bakal dicuekin.




5, Ketika dibalas, sumringahlah

Bukan karena dosen inceran akhirnya merespon atau memperhatikan. Tapi berpikirlah kamu setahap lagi dibimbing sama dia. Bimbingan bisa masalah studi atau hidup. Konsultasi love life belum saatnya. Jangan sampe langsung terjebak yee




6. Mulai ngobrol

Dosen itu juga manusia, jadi gak masalah kalo mau ngobrol hal hal selain perkuliahan. Bisa jadi lho sang dosen lagi butuh temen curhat.
Dan kamu beruntung kalo dipilih sama dia buat mencurahkan hatinya.
Tandanya doi udah asik sama kamu.

Nah setelah fase ini bakalan sedikit tricky. Karena belum tentu perilaku orang sama dengan dunmay dan dunyat.


7. Interaksi setelah ngobrol intense

Setelah ngobrol intens di dunmay, interaksi di dunyat bakalan ada perubahan, atau tidak sama sekali.
Sekali lagi tergantung dosen.

Ada yang cuek seperti gak ada apa apa, (ini misal baper setelah obrolan via chat ya)
Tapi ada yang mulai agak ramah, dan bahkan genit.

Tapi waspada sama yang begini



Kecuali kamu punya teacher-complex


8. Nikmati hasil perjuanganmu deketin dosen

Kalo dari awal lancar dan udah mulai deket baik dunmay atau dunyat, itu udah enak banget sama dosen. Mau butuh apa, doi bisa sedia waktunya. Pastinya juga jgan lantas besar kepala dan merasa harus melulu diprioritaskan.

Kalo campur hati, itu urusan lain,, ini tips buat ngedeketin dosen aja. Bukan buat macarin. Setidaknya gak lebih kaku lah daripada yang di atas. Hehehehehe..

Tapi ada benernya juga kalo musti sopan, ya itu sih pasti ya

Semoga bermanfaat ya gaes..


Boleh dong cendolnyaaa...
Reply With Quote