View Single Post
Old 22nd November 2017, 09:56
#2440  
freya.
Moderators
freya. is offline

Join Date: Mar 2016
Location: di atas tanah, di bawah langit...
Posts: 19,264
freya. Super Legendfreya. Super Legendfreya. Super Legendfreya. Super Legendfreya. Super Legendfreya. Super Legendfreya. Super Legendfreya. Super Legendfreya. Super Legendfreya. Super Legendfreya. Super Legend

Default

Hari ini giliran gue cerita ya.. Agak bingung mau cerita tentang apa.. Tanpa bermaksud menyinggung SARA atau pihak manapun, gue coba cerita ttg pengalaman gue saat kerusuhan Mei 1998 ya.

Begini ceritanya,

Ketika itu gue duduk di bangku kelas 3 SMP (ya bukan cuma duduk-duduk sih, tapi lagi sambil ngerjain soal ujian.) Seingat gue, itu adalah hari terakhir ujian ebta/ebtanas gitu.. Lupa deh gue.. Pokoknya lagi ujian akhir utk menentukan kelulusan, NEM, dll gitu lah.

Pas gue berangkat ke sekolah pagi itu untuk ujian, seinget gue gak ada yang aneh sih. Gak ada isu kerusuhan atau apa sama sekali.. Ketika ujian mata pelajaran terakhir, gue mulai berasa ada yang aneh.. Ada beberapa (gak byk jumlahnya) orang tua / wali murid gitu yang mulai ngetok kelas (menjelang waktu ujian kelar) dan ngejemputin anaknya (temen sekelas gue) dengan wajah yang gimana ya.. kayak muka orang serius lah. Tapi gue masih belom tau ada apa sih. Gue masih mikir ya mgkn mereka buru-buru dijemput karena emang lagi ada keperluan lain aja..

Selesai ujian dan kelas bubar, gue masih sempet papasan sama Kepsek dan nanya kurleb, "Pak, ini kita kelas 3 kelulusan kagak ada rencana pesta perpisahan?" Terus seinget gue, pak Kepsek nya itu jawab, "Situasi lagi kayak begini, kamu masih sempet mikirin pesta perpisahan." Gue agak bingung juga sih dalam hati, situasi kek gimana Pak maksudnya.. Emang ada apaan? Perasaan biasa-biasa aja deh. Cuma gue kagak ngejawabin pak Kepsek nya lagi. Sekedar bingung dlm hati aja. Gue lupa tuh temen gue yang lain pada gimana pulangnya, kayaknya sih kebanyakan udah ada yang nunggu untuk ngejemputin di sekolah.. Sedangkan gue..? Ya gue kagak ada yang ngejemput lah. Pulang-pergi sekolah udah biasa naik mikrolet. Jaman itu handphone kagak ada jadi kagak ada yg bs saling menghubungi dan kasih tau gue apa yang terjadi.

Seingat gue pas gue keluar dari gerbang sekolah, situasi jalanan tuh sepi... Mencekam.. Kagak ada angkot. Aih mak.. Gimana caranya gue pulang??? Gue mulai berinisiatif jalan kaki.. dan ketika gue jalan, gue ngeliat properti kayak pagar rumah gitu disemprot cat atau ditulisin: Milik Pribumi. Gue mulai berpikir: Okay, hmm sepertinya ada sesuatu yang terjadi meanwhile gue lagi ngerjain soal Ebtanas.. Tapi apa dan seberapa buruknya gue totally have no idea. Kagak ada apdetan sama sekali. Gue cuma bisa jalan kaki sambil kebingungan sendirian.

Seperempat jalan arah pulang kan emang deket rumah salah satu tmen deket gue tuh, nah gue memutuskan mampir dulu ke situ.. Kayaknya di rumah dia itu gue baru pinjem telepon dan tukeran kabar sama orang rumah.. Setelah beberapa jam disana, sepertinya gue masih belom ngeh kalo di beberapa titik lokasi tuh, keadaannya bener-bener chaos.. Jadi gue putuskan untuk lanjut jalan arah pulang. Dengan ada rasa was-was juga gue lanjut jalan kaki.. Rute gue pulang ngelewatin rumah salah satu temen gue lagi dan gue memutuskN lagi untuk mampir.. dan akhirnya sepertinya gue baru sadar kalo kayaknya lebih baik gue jangan lanjut jalan kaki lagi dan gue pun menginap disana. Rumahnya di dalam gang kecil, dan disitu.. gue aman. Kalo gak salah saat itu, warga sekitar situ solid sih.. Sama-sama berusaha saling menjaga terlepas dari apapun latar belakang SARA nya.. Sama-sama berjaga-jaga sepanjang malam.. (ya gue sbg cewek kagak ikutan berjaga-jaga sih).

Paginya, setelah terang, gue pamit pulang.. Karena malam nya gak terjadi keributan apa-apa di sekitar sana.. Gue cukup percaya diri sih untuk berjalan kaki ngelanjutin pulang.. Gue lupa juga pas paginya udah ada angkot atau gue bneran lnjut jalan kaki.. Pokoknya intinya setelah nginep semalem, paginya gue pulang.. Situasi jalanan yang pasti belom normal.. Sampe depan rumah, gue ngeliat pager gak ada tanda-tanda kerusakan, gak ada tanda-tanda abis terjadi sesuatu.. ya udah gue lega. Semuanya anggota keluarga gue ada dan dalam keadaan baik-baik saja, ya udah gue lega.

Kalo dipikir-pikir.. Saat itu.., gue seperti benar-benar berada dalam lindungan-Nya.. Bener-bener dijauhkan dan diselamatkan dari marabahaya. Selama gue jalan kaki menclak-menclok itu... Gue aman..

Kalo gak salah, stlh itu gak berapa lama kan ya Pak (Alm) Soeharto mengundurkan diri dari jabatan Presiden RI..


... dan itu lah akhir dari rezim Orde Baru...

Dan dimulailah Orde Reformasi..


In life, sometimes you win - sometimes you learn
Reply With Quote