View Single Post
Old 30th November 2017, 00:09
#2975  
scorpina
Jawara Forsel
Female scorpina is online now

scorpina's Avatar

Join Date: Feb 2014
Location: Seoul Korea Selatan
Posts: 62,797
scorpina Super Legendscorpina Super Legendscorpina Super Legendscorpina Super Legendscorpina Super Legendscorpina Super Legendscorpina Super Legendscorpina Super Legendscorpina Super Legendscorpina Super Legendscorpina Super Legend

Default

Dear Guru Idola Yang Tidak Pernah Marah

Kepada Yth,
Pak Syafi'i
Di
Tempat


Assalamualaikum wr.wb.

Bapak pasti bertanya-tanya kenapa saya mengirim surat hanya kepada bapak sedangkan guru yang lain tidak.
Itu sudah jelas karena bapak adalah guru idola saya. Dan bapak sangat akrab kepada para murid kelas 3 IPA termasuk kepada saya yang kata bapak adalah anak yg spesial pedas karetnya 7.

Jujur kalau soal pelajaran saya lebih menyukai pelajaran Biologi yang dipegang Pak Mus daripada pelajaran Fisika yang dipegang sama bapak. Saya memang sangat bosan dengan rumus2 fisika. Makanya dulu sewaktu bapak menjelaskan dipapan tulis, saya dengan santainya membaca komik yg luarnya dilapisi sama buku cetak Fisika.

Beberapa kali saya dengan kurang ajar melakukan hal tersebut sampai suatu hari tiba-tiba bapak memergokin saya tidak memperhatikan papan tulis. Akhirnya bapak menyuruh saya mengulang penjelasan bapak barusan tapi saya sama sekali tidak tahu. Akhirnya bapak mendatangi meja saya dan mengambil komik milik saya itu. Tapi anehnya bapak tidak memarahi saya malah lanjut meneruskan penjelasan dipapan tulis.

Setelah pelajaran selesai, bapak mengembalikan komik saya. Diluar dugaan, bapak malah berkata sambil tersenyum "ceritanya tentang apa sih? Kayaknya seru banget sampai saya dicuekin didepan kelas" Betul-betul guru yang sesuatu sekali bapak ini. Luar biasa. Sejak saat itu saya tidak lagi mengulangi perbuatan saya membaca komik saat jam pelajaran. Saya sangat tersentuh dengan gaya mendidik bapak. Bukan dengan marah-marah seperti guru lain yang suka galak sama saya. Bapak selalu berusaha mengerti perasaan murid seperti saya. Saya juga menyadari bahwa bapak sudah berusaha keras membuat pelajaran Fisika yang bapak ajar menjadi menyenangkan dengan menyelipkan candaan-candaan dan games.

Semenjak saat itu saya juga mulai sedikit agak serius memperhatikan pelajaran bapak. Walau sambil diam2 ngemil keripik pisang atau makan buah salak. Yang penting pandangan tetap fokus ke papan tulis. Untung perbuatan yang ini tidak pernah ketahuan. Malah si Novi yang ketahuan makan dikelas. Dan bapak lagi-lagi tidak marah malah mencomot cemilan si Novi sambil bilang "enak ini beli dimana? Kamu kalau kelaparan ijin aja sama saya ke kantin daripada pingsan dikelas" Benar-benar humoris sekali bapak ini. Novi aja sampai keki.

Satu lagi kejadian berkesan saat Ika dan Amah bapak tegur gara-gara berisik ngobrolin telenovela. Bukannya dimarahin Bapak malah bilang begini "Eh Dulce Maria gimana ceritanya? Saya kelupaan nonton. Saya suka gayanya kalau lagi manggil Ciripa sama tante rambut palsu"
Bukannya ngejawab tapi Ika dan Amah malah tertunduk malu.

Ya begitulah kesan-kesan saya terhadap bapak. Betul-betul seorang guru yang berbeda daripada yang lain. Walaupun saya dan teman-teman terkesan bandel dan tidak menghormati bapak, namun sebenarnya kami menyukai diajar sama bapak. Betul-betul sosok yang menyenangkan.

Sebelum mengakhiri surat saya ini, saya ingin mengucapkan mohon maaf yang sedalam-dalamnya atas perbuatan-perbuatan tidak terpuji saya dimasa lalu. Dan saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas ilmu, pelajaran hidup, dan semua yang telah bapak berikan.

Semoga bapak selalu sehat, panjang umur, murah rezeki, dan tetap menjadi seorang guru yang murah senyum dan tidak pernah marah seperti yang saya kenal dulu.

Selamat Hari Guru Pak Fi'i.

Ttd,
Murid terpedas karet 7
"pina"

Last edited by scorpina; 30th November 2017 at 00:14..
Reply With Quote