View Single Post
Old 21st April 2009, 08:26
#30  
sabukhitam
Addict Member
sabukhitam is offline

sabukhitam's Avatar

Join Date: Apr 2009
Posts: 595
sabukhitam is a divo/divasabukhitam is a divo/divasabukhitam is a divo/divasabukhitam is a divo/divasabukhitam is a divo/divasabukhitam is a divo/diva

Default

Quote:
Originally Posted by jstsu View Post
ts, ikutan2 ya.. au pe dang pakar ateh, na mambege2 hata ni natua2 taringot tu paradaton do..

mungkin tergantung lokasi dan pribadi jg nambru.. walau sudah banyak kejadian yang mentolerir hal2 seperti itu.. bahkan sudah ada yang dari masih satu "punguan" sudah mentolerir hal seperti itu..

tapi, masih banyak daerah2 yg menentang hal2 sperti "terdakwa"
ada banyak tempat yg bilang "selama masih ada persamaan diantara marga atau bersilangan [seperti kasus "terdakwa"] pasti ditolak karna bagaimanapun si laki2 adalah tulang dari si cewek, walaupun sejauh mana hubungan darah itu.

artinya tergantung kebijakan ts dan keluarga serta kondisi "paradaton" lahhhhhhh.... klo sudah mentolerir, hajarrrr bleh!!!
Sebaiknya memang ditanyakan ke punguan marga yg bersangkutan, biar lebih jelas dan bisa dipastikan.
Terlebih penting didiskusikan dengan keluarga dekat dulu, kalo mengenai kasus yg sama seperti ini sudah banyak disekitar kita.


Quote:
Originally Posted by qadhal.athrex View Post
@ TS......gw sih bukan pakarnya adat, cuma sekedar sharing pengalaman aja......

tante gw yg paling kecil merit sama cowok yg marganya sama dgn nenek gw (mama-nya tante gw) dan gw tau betul itu tdk pernah dipermasalahkan dari awal dulu sampai skrg, so kesimpulan gw bukan sesuatu yg tabu sih.....

kalo mengenai urusan tata cara adatnya waktu ada pesta atau gimana, ya gw sih gak terlalu tau, tapi yg jelas blm pernah gw dengar bermasalah....dah pernah kok ada bbrp kali upacara adat, lancar-lancar aja kok.....

kalo bisa bikin elo lbh tenang, suaminya tante gw itu, orang tua & keluarganya masih tinggal di daerah asal mereka yg asli, jadi bisa diasumsikan mereka pasti tau betul & masih megang ketat urusan adat.
jadi asumsi gw sih kalo itu emang tabu ya pasti mereka dari awal dah ribut dong.....

sekali lagi, gw emang gak bisa jelasinnya secara adat, tapi yg jelas gw dah ngeliat langsung kejadian kayak gitu dan aman-aman aja.....
Sekarang memang banyak contoh yang terjadi sama dgn kasusnya TS, mungkin TS perlu lebih banyak diskusi dgn tetua adat dari punguan marga yg bersangkutan, sebaiknya ditelusuri pasti tarombo kedua calon mempelai jangan sampai nanti menjadi penghalang.


Buat warga medan, salam kenal dari sabukhitam
Reply With Quote