View Single Post
Old 13th June 2009, 09:44
#9  
vivian_tanujaya
Registered Member
vivian_tanujaya is offline

Join Date: Jun 2009
Posts: 1
vivian_tanujaya is a new comer

Default

Ibu, kami ikut berduka cita atas berpulangnya putri ibu. Kami memahami perasaan kehilangan orang yang kita sayangi.

sekedar ingin berbagi.. sebelumnya, kakak saya juga kehilangan anaknya di rs gleni. Prosesnya sangat cepat dan tidak kami sadari.

Dua hari sebelumnya kandungan kakak saya dinyatakan baik baik saja. Ternyata dua hari kemudian kakak saya mengalami pendarahan dan anak dalam kandungannya yang sudah delapan bulan akhirnya keguguran dan lahir tidak lebih dari 20 menit kemudian sang bayi meninggal dunia.

Awal kami sekeluarga sangat sakit hati dan menuduh dokter nya tidak siaga dan kurang ahli dalam penanganannya. kami sempat berfikir untuk menggugat dokter nya. namun ada saudara dan kawan menyarankan kami untuk ketemu dulu dengan dokter dan rs.

pihak rs dan dokter ternyata sangat terbuka menerima keluhan kami. setelah kami pelajari ternyata kami harus menerima kenyataan bahwa dari awal kandungan kakak saya yang tidak pernah menceritakan dan mengungkapkan keluhan atau kendala di saat mengandung. Kakak kami ternyata mengalami pre-eklampsia.

Sungguh kami sekeluarga sangat menyesali sikap dan kelakuan kami. rs gleni telah berusaha semaksimal mereka untuk menolong kakak dan demikian juga sang bayi.

kami tau pada saat kakak kami kehilangan banyak darah dan PMI tidak ada stok karyawan rs gleni pun mendonorkan darah mereka. syukurlah, kakak kami tertolong. Demikian juga bayinya saat baru lahir, dokter anak telah berusaha seoptimal nya sama2 perawat menolong calon ponakan kami. Namun, telah apadaya akhirnya bayi akhirnya meninggal juga.

Kami sekeluarga sekarang berhubungan baik dengan dokter-dokter tersebut. Karena pada akhirnya kami menyadari karena kurangnya pengetahuan kami sebagai orang umum, informasi dari dokter tidak semuanya dapat kami mengerti dan kurangnya komunikasi akhirnya banyak langkah langkah pencegahan tidak kami lakukan.

bagaimanapun kita juga harus banyak belajar dan cari tahu masalah kesehatan. kalau merasa tidak dilayani dengan baik sebaiknya rekan-rekan sampaikan komplain, karena saya yakin tidak ada dokter atau rumah sakit yg berniat mencelakai pasiennya. Sebaiknya kita lebih komunikatif dan waspada dalam penjagaan kesehatan diri kita dan keluarga kita. Dokter dan Rumah Sakit hanya dapat membantu untuk mencegah dan menyembuhkan, tapi tidak dapat mengembalikan waktu yang telah berlalu.

salam..
Reply With Quote