View Single Post
Old 9th February 2018, 17:29
#1  
scofi.tech
Addict Member
scofi.tech is offline

Join Date: Jun 2017
Posts: 255
scofi.tech is a new comer

Default Ini Dia Beberapa Masalah Jika Motor Sering Digunakan Jarak Jauh!



Hi Semuanyaaa!



Rasanya agak jarang dari kita yang gapunya motor. Ya, motor emang udah jadi salah kendaraan favorit bagi banyak orang, termasuk ane gan hehe. Selain praktis dan mudah digunakan, motor saat ini juga udah hadir fitur-fitur yang memudahkan bagi pengendaranya menjalani aktivitas dengan nyaman.

Ngomongin soal motor, pasti salah satu dari kita ada yang menggunakan sering menggunakan motor untuk berkendara dengan jarak jauh. Nah, agan perlu hati-hati nih saat sering berkendara jauh karena dapat menyebabkan beberapa masalah

Well, apa aja sih masalah yang bisa muncul jika motor sering digunakan jarak jauh? Cekidot dulu deh, Bro!

1. Keluar asap pada bagian body motor

Gejala ini sering bikin kita panik. Biasanya kalo agan sering menggunakan motor dengan jarak tempuh yang jauh bisa menyebabkan salah satu bagian pada motor mengeluarkan asap misalnya pada bagian body motor. Penyebab utamanya biasanya karena adanya korsleting dari sistem listrik motor agan.

Korsleting sendiri bisa sebabkan oleh pemasangan kabel yang salah, kabel yang terkelupas atau kerusakan pada bagian magnet, spull, dan bagian kelistrikan lainnya. Kalo agan dihadapin sama masalah ini, cara ngatasinnya dengan memerhatikan pemasangan kabel terminal agan.

Gak cuma itu, agan juga harus rajin cek perkabelan secara berkala, minimal 1 tahun sekali. Hindari juga ngelupas kabel untuk pemasangan tertentu. Dan jangan lupa, perhatikan kondisi sekring motor agan. Karena ini bisa berdampak fatal jika kita nggak rajin merhatiin, gan.

2. Kebocoran pada blok mesin

Saat motor sering digunakan pada jarak jauh, mesin motor anda bisa mengalami kebocoran. Hal ini bisa memicu knalpot motor anda berasap karena oli motor anda terbakar saat proses pembakaran terjadi. Kebocoran sendiri terjadi karena adanya kerusakan atau aus pada bagian paking blok mesin.

Dampak dari kerusakan ini, membuat oli yang seharusnya tidak terhalang masuk ruang bakar menjadi tembus dan ikut terbakar yang akhirnya menyebabkan asap keluar dari knalpot motor.

Masalah ini bisa diatasin dengan melakukan penggantian paking set blok mesin, agar mencegerah kebocoran oli masuk ke ruang pembakaran. Agan juga bisa kondisi piston set motor, dan segera lakukan penggantian ataupun oversize kalo emang diperlukan, agar masalah ini bisa teratasi.

3. Sistem pendinginan motor yang kurang optimal

Motor yang sering digunakan dengan jarak jauh juga punya masalah pada sistem pendinginan motornya. Ya, sistem pendinginan yang kurang optimal bisa disebabkan oleh banyak hal misalnya air radiator yang habis dan tidak terkontrol atau kerusakan pada kipas dalam mesin motor
Kalo performa pendingin motor tidak berfungsi dengan optimal ini, bahayanya bisa berpengaruh mesin motor yang akan cepat panas. Kalo hal ini terjadi, tentunya mesin bisa cepat rusak dan mengalami kerusakan pada bagian-bagian tertentu lainnya.
Jadi, kalo agan dihadepin masalah ini sebaiknya selalu cek instalasi pendinginan di motor agan, bisa dimulai dari selang radiator, selang oil cooler, air radiator, kipas, kelistrikan radiator dan juga thermostat. Dan selalu cek kadar radiator motor yang digunakan, jangan sampai habis dan kering.


4. Mesin Overheat

Nah masalah yang satu ini sering banget terjadi. Pengunaan motor dengan jarak jauh yang berlebihan, bisa menyebabkan mesin motor mengalami overheat atau mesin mudah panas sehingga bisa mengeluarkan asap. Mesin overheat ini biasanya juga bisa disebabkan oleh hal lain gan.

Contohnya adalah terlalu lama mengendarai motor dengan rpm yang tinggi, hal ini bisa menyebabkan gesekan pada silinder dengan blok mesin yang menjadi penyebab utama mesin cepat panas.
Solusi buat ngatasin masalah overheat ini adalah dengan menepikan atau mengistirahtkan mesin motor jika sudah menempuk jarak lebih dari 50 km. Jangan pernah siram mesin motor yang sedang panas dengan air, justru diamkan saja hingga mesin menjadi dingin sendiri selama kurang lebih 30 menit.

Pada dasarnya jika agan gamau menghadapi masalah pada motor ketika sering mengendarakannya dengan jarak jauh, adalah dengan melakukan servis besar minimal 1 kali selama setahun. Dengan demikian agan tahu, apa masalah dalam bagian mesin dan menjaganya agar tetap dalam kondisi yang baik.

Gak cuma itu, pemilihan oli yang tepat juga punya pengaruh agak motor tidak cepat panas. Kalo ane karena pake motor matic nih, biasanya ngegunain Eni Oil i-Ride 4T Matic atau dulunya bernama Agip, karena bikin mesin motor tetap dingin di segala cuaca dan tarikan motor tetap enteng saat dikendarai.

Nah, itu dia beberapa masalah yang sering terjadi pada motor jika sering digunakan jarak jauh. Kalo dari agan sendiri, punya masalah lain yang kalian pernah alami pada motor kalian saat sering digunakan untuk berkendara jarak jauh? Boleh banget nih, share pengalamannya di komentar!



Reply With Quote