View Single Post
Old 15th May 2018, 00:50
#1  
scofi.tech
Addict Member
scofi.tech is offline

Join Date: Jun 2017
Posts: 255
scofi.tech is a new comer

Default Baca Ini Untuk Merawat Motor Jadi Awet!



Sekarang ini, gampang banget buat punya motor. Yang akhirnya bikin jalanan macet karena volume kendaraan bermotor makin bertambah. Apalagi jalanan di kota-kota besar, dan banyak diantara kita milih menggunakan motor matic untuk transportasi sehari-hari.

Kalo ngomongin soal motor pasti udah gak asing lagi bagi banyak orang Bro. Kendaraan yang satu emang udah merajalela di jalanan dan jadi favorit bagi banyak. Emang saat ini buat dapetin motor itu gampang banget. Bahkan motor sekarang udah jadi kebutuhan primer bagi banyak orang.

Coba bayangin, sekeren apa motor hingga bisa kebutuhan utama bagi banyak. Pastinya kenapa bisa begitu karena gak jauh fungsinya yang makin mempermudah setiap orang untuk beraktivitas. Apalagi sekarang, model sampai fitur yang dihadirkan juga udah beragam banget Bro.

Harganya juga makin bersaing setiap harinya dan relatif terjangkau loh. Tapi, jangan pernah lupa nih Bro, layaknya sebuah barang yang lo sayang pastinya lo harus bisa merawatnya. Merawat motor itu penting loh, meskipun dalam penerapannya nih emang gampang-gampang susah.

Disini, gue mau sharing sedikit tentang gimana merawat motor jadi tetap awet. Dan beberapa tips ini bisa dibilang mudah buat dlakuin, terutama buat cowok nih. Apa aja tuh tipsnya?

1. Rutin Mengganti Oli!
Oli adalah cairan pelumas yang menjadi komponen penting untuk menjaga mesin motor lo. Jangan salah Bro, fungsi oli motor itu beranekaragam loh! Mulai dari menjaga mesin motor jadi tetap awet, tidak cepat panas atau mengalami gejala overheat, sampai menjaga bahan bakar jadi tetap irit.



Gak cuma itu, oli juga pelumas yang memastikan tidak adanya gesekan antar komponen penting yang membuat beberapa bagian di dalam mesin motor jadi cepat berkarat yang berakibat pada kerusakan fatal Bro.

Walaupun nih, masih banyak dari kita yang belum pentingnya oli itu sendiri.
Salah satu bukti gasadarnya bisa dari hal yang simple, tidak rajin mengganti oli. Padahal lo dianjurkan untuk mengganti setiap pemakaian motor mencapai 1000 km atau 1 sampe 2 bulan. Dan ganti oli itu sebenarnya cukup mudah loh gan. Lo bisa memulainya sendiri atau ke bengkel untuk lebih mudah.

Oli itu juga gabisa sembarangan digunain ya Bro. Karena oli yang tidak sesuai dengan spesifikasi motor malah akan jadi senjata makan tuan buat lo sendiri. Pastiin kalo oli yang digunakan emang bener-bener pas dan sesuai untuk jenis motor yang lo gunakan untuk aktivitas sehari-hari.

Kalo gue sih biasanya pake Eni Oil i-Ride 4T Matic karena pake motor matic, karena udah cocok banget dan manfaatnya kerasa banget buat motor. Mulai dari tarikannya yang enteng, akselerasinya yang handal, sampe irit bahan bakar dan mesin motor juga gak jadi cepat panas.

2. Cek Kondisi Busi
Busi adalah salah satu komponen penting pada motor yang berfungsi untuk menjaga system pembakaran di dalam mesin. Menjaga kondisi ini penting banget, karena busi sangat berpengaruh pada kondisi mesin motor jadi bisa tetap awet atau tidak. Dan untuk mengeceknya sendiri sebenarnya lo bisa melakukannya sendiri Bro.



Untuk melakukannya, Bro cuma perlu kunci busi, sedikit bensin dan juga sedikit amplas buat bersihin businya. Karena umumnya kalau kita beli motor, bakal dapet kunci busi. Jadi lo bisa mengeceknya sendiri tanpa harus ke bengkel jika gak pengen ribet. Caranya juga cukup mudah loh!

Cek busi dimulaik dengan celup ke bensin sedikit, terus bagian kepala businya bersihin pake amplas. Udah deh, simple banget Bro? Dan jangan lupa pastiin busi motor agan masih hidup ya. Karena kalo busi motor lo udah aus atau berkarat, biasanya akan menimbulkan beberapa rusak hingga mesin motor mati total loh!

3. Periksa Kampas Rem
Ngomongin soal motor pasti gabisa lepas yang dari namanya rem. Bagian dari motor ini memang fungsi untuk memperlambat atau menghentikan pergerakan pada motor. Tanpa rem, laju kencang kendaraan kita tidak dapat terkontrol dengan baik. Penting banget kan fungsinya?



Meski penting, masih aja nih yang lupa akan memeriksa bagian penting dalam pengunaan sehari-harinya Bro. Biasanya kalo udah terjadi hal-hal yang tidak diinginkan baru de mulai sadar. Ngomongin soal rem ini, ada salah satu bagian yang bernama kanvas rem. Kanvas rem berfungsi untuk dapat menahan laju kecepatan motor.

Bagian yang satu ini bisa semakin tipis karena penggunaan yang rutin setiap saat. Ketika posisi kampas rem udah makin tipis, fungsi dari rem pun jadi semakin ga optimal. Kalo terus dipaksain nih pengunaannya ketika kampas sudah mulai tipis, tentunya hal ini bisa menyebabkan aus atau karat di bagian rem itu sendiri Bro.

Makanya, lo harus rajin mengecek dan mengganti kanvas rem saat sudah merasakan performa rem udah mulai gak optimal (pengguna motor pasti banget bisa ngerasain kok). Jangan lupa Bro, ganti dengan spare part yang asli dan dibengkel yang resmi dari produsen motor agan.

4. Rajin Ke Bengkel
Kalo yang hal satu ini masih sering dilewatin itu artinya lo bener-benar gak sayang sama motor lo Bro. Karena cara merawatnya beneran mudah banget beda dari yang kita udah bahas tadi. Dan caranya adalah dengan rajin membawa motor agan ke bengkel untuk di cek kondisinya.



Disini lo perlu bawa ke bengkel yang bisa service motor lo. Tapi, lo juga harustau apa yang nantinya mau di benerin atau di cek saat di bengkel. Nah, hal-hal mendasar ini sebenernya bisa lo akuin sendiri Bro, karena gak punya alat selengkap makanya lo beralih ke bengkel.

Di bengkel sendiri, lo bisa mendapatkan perawatan motor dari para tenaga ahli yang emang udah handal dan paham dengan jenis motor yang lo gunakan. Eits, tapi pastiin juga ya kalo pergi ke bengkel resmi agar bisa mendapatkan perawatan yang memang benar-benar sesuai dengan motor lo.
Nah, itu dia beberapa cara merawat motor dengan mudah yang bisa lo sendiri dengan mudah, iya kan Bro?

Tau cara lain buat merawat motor jadi tetap awet? Share di komentar ya!
Attached Images
    
Reply With Quote