View Single Post
Old 28th June 2009, 09:28
#8  
bizon
Addict Member
bizon is offline

Join Date: Jun 2009
Location: Alam Maya
Posts: 134
bizon is a new comer

Default

Quote:
Originally Posted by d4nk_83 View Post
menurut bro,...
kira2 cara bwt ngilangin rasa takut ini gmana,..??

jadi mungkin ini cuma psikologis aja yah bro,..??
Yap. Jangan sampe deh mati karena stress.

Persepsi terhadap kematiannya itu yang harus diubah bro. Kematian itu indah kalo yang kita tuju adalah surga.

Yang bisa gw saranin adalah: daripada fokus sama ketakutan akan kematian, coba deh fokus pada rasa syukur atas semua nikmat yang pernah bro terima. Bro bisa bikin jurnal syukur harian. Bukan buat menghitung nikmat loh, tapi buat melatih diri untuk menyadari bahwa bro sebenarnya sangat beruntung, anggota tubuh masih lengkap, masih punya keluarga yang saling menyayangi, masih punya kerjaan, masih bisa bernafas, masih bisa makan, dll. Ga bakalan kehitung deh bro, nikmat yang udah bro terima.

Setiap bangun tidur, cobalah bersyukur karena masih bisa bangun, kemudian tersenyumlah. Kemudian yakinkan diri bahwa setiap hari adalah hari terbaik dalam hidup bro.

Trus, tips lainnya coba rutinkan olahraga bro, kalo bisa tambahin olahraga pernafasan, soalnya itu membantu pikiran buat rileks. Kondisi mental kita sangat dipengaruhin oleh kondisi fisik, begitu juga sebaliknya, kondisi fisik dipengaruhi oleh kondisi pikiran. Tubuh dan pikiran itu satu kesatuan.

Gunakan kata-kata positip setiap harinya. Dan kalo perasaan takut itu tiba-tiba muncul, cobalah berkata begini pada diri sendiri:

"Ya Alloh, meskipun saya takut mati, saya ikhlas menerima perasaan takut ini, dan saya pasrahkan kepada-Mu sepenuhnya ketenangan hati saya."

Ulangi berkali-kali sampai perasaan itu hilang.

Kalo masih terasa sulit untuk menghilangkan ketakutan itu, bro lebih baik hubungi terapis NLP, terapis SEFT, atau hypnoterapist.

Semoga membantu
Reply With Quote