DetikForum

DetikForum (http://forum.detik.com/index.php)
-   Hidup Sehat (http://forum.detik.com/forumdisplay.php?f=30)
-   -   Masih Pandemi! Jaga Terus Sistem Imun Tubuh Supaya Ngga Gampang Sakit! (http://forum.detik.com/showthread.php?t=2653573)

caryancanda 7th August 2020 14:07

Masih Pandemi! Jaga Terus Sistem Imun Tubuh Supaya Ngga Gampang Sakit!
 
https://res.cloudinary.com/dk0z4ums3...i-penyakit.jpg

Halo gansist!
Balik lagi sama gue disini, sicantik yang tak terlihat. :ngakaks

Oke gansist, kali ini gue pengen bahas mengenai situasi di Indonesia saat ini. Belum lama ini gue liat diberita tv, kasus positif covid19 meningkat. Huft. Sedih banget gue dengernya. Kapan semua ini akan berakhir, Ya Tuhan. :(

Semoga aja kita semua selalu dalam lindunganNYA ya gansist. Ini virus bukan main-main, bener-bener ada dan sangat berbahaya. Buat mereka yang sedang berjuang melawan covid19, mari kita doakan semoga bisa segera pulih seperti sedia kala.

Nah, buat kita yang masih sehat-sehat aja, jangan pada cuek juga ya gansist! Virus tuh ngga kenal usia, kalau lagi apes bisa aja kita yang kena (amit-amit cabang baby). Makanya, disini gue pengen ngajak kalian untuk lebih aware sama kesehatan. Sebenernya dengan kita menjaga sistem imun, itu udah bisa menjauhkan kita dari virus loh!

Menjaga sistem imun juga ngga susah, gampang banget kok! Asal kitanya mau melakukan aja.

1. Istirahat yang cukup

Usahakan jangan begadang kalau bukan untuk hal penting. Manusia butuh tidur setiap harinya selama 8 jam. Tubuh kita juga butuh istirahat gansist, jangan disiksa dengan dipaksa aktivitas selama 24 jam.

2. Olah raga rutin

Terdengar sepele, tapi ini sangat berpengaruh sama sistem imun kita. Melalui olahraga, sel darah putih bisa bersirkulasi lebih cepat. Maka dari itu, sel-sel tersebut bisa lebih awal untuk mendeteksi penyakit. Menariknya lagi, olahraga juga bisa membantu mengeluarkan bakteri dari paru-paru dan saluran pernapasan.

Sayangnya, masih banyak orang yang susah luangin waktu buat olahraga. Ngga harus olahraga berat kok, kalian jalan kaki selama 30-60 menit setiap harinya aja udah lumayan.


3. Konsumsi makanan bergizi

Sistem imun juga bisa diperkuat melalui makanan-makanan yang baik bagi sistem kekebalan tubuh. Contohnya, brokoli dan bayam. Brokoli kaya serat, antioksidan, vitamin A, C, dan E. Kandungan nutrisi inilah yang bisa memperkuat sistem imun tubuh.

Selain bayam dan brokoli, makanan lainnya yang bisa kita konsumsi adalah bawang putih, kunyit, buah-buahan (jeruk, lemon, kiwi, beri, jambu, hingga pepaya), makanan laut (ikan, kerang, dan tiram), hingga yoghurt.

Yogurt ini favorit ane, gan. Selain gampang ditemui, cara konsumsinya juga ngga ribet. Bisa langsung makan/minum aja. Ane biasanya beli yogurt ini di tokopedia https://www.tokopedia.com/yummydairy. Jadi, ngga perlu keluar rumah deh lagi pandemi gini.

4. Jangan stres

Stres bisa memicu tubuh untuk terus memproduksi hormon kortisol. Tingginya hormon kortisol dalam tubuh bisa membuat sistem imun melemah. Oleh karena itu, ketika stres menyerang, cobalah kelolanya dengan baik.

Meluangkan waktu melakukan hobi, aktif bersosialisasi, melakukan teknik relaksasi, atau olahraga bisa memperlambat pelepasan hormon stress.

5. Hindari minuman beralkohol

Mengonsumsi alkohol secara berlebihan bisa menjadi bumerang bagi diri, apalagi di tengah-tengah pandemi COVID-19. Ingat, kadar alkohol yang berlebihan di dalam tubuh bisa memengaruhi sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, batasilah atau hindarilah konsumsi alkohol yang berlebihan.

Gampang banget kan, gansist cara untuk menjaga sistem imun tubuh kita. So, dari sekarang yuk kita mulai perbaiki gaya hidup dan lebih aware sama kesehatan diri sendiri, supaya terhindar dari covid19 dan penyakit lainnya.


alya1512 1st October 2020 19:45

Newbie here
 
terima kasih untuk tips menariknya :)


All times are GMT +8. The time now is 05:08.


Powered by vBulletin
Copyright © 2000 - 2006, Jelsoft Enterprises Ltd.