DetikForum

DetikForum (http://forum.detik.com/index.php)
-   Berita Daerah (http://forum.detik.com/forumdisplay.php?f=210)
-   -   Perkembangan Ilmu Pengetahuan di Iran, Tercepat di Dunia (http://forum.detik.com/showthread.php?t=144712)

DulJeber 20th February 2010 14:23

Perkembangan Ilmu Pengetahuan di Iran, Tercepat di Dunia
 
Perkembangan Ilmu Pengetahuan di Iran, Tercepat di Dunia


Quote:

Jurnal Newscientist edisi Kamis (18/2) memuat hasil penelitian Science-Metrix, sebuah perusahaan di Motreal, Kanada yang melakukan evaluasi atas perkembangan dan produk ilmu pengetahuan serta teknologi di berbagai negara. Dalam laporan hasil penelitiannya, Science-Metrix menyebutkan bahwa kemajuan ilmu pengetahuan di negara Iran sebelas kali lebih cepat dibandingkan negara-negara lainnya di dunia.

Perusahaan itu mengamati adanya "pergeseran geopolitis dalam bidang ilmu pengetahuan dan karya" yang dihasilkan negara-negara di dunia. Menurut Science-Metrix, banyaknya karya-karya ilmiah yang dimuat di Web of Science menunjukkan bahwa standar pertumbuhan karya ilmiah di Timur Tengah, khususnya di Iran dan Turki, nyaris mendekati angka empat kali lebih cepat dari rata-rata pertumbuhan di dunia.

"Iran menunjukkan pertumbuhan yang paling cepat di dunia dalam bidang ilmu pengetahuan. Asia terus mengejar, bahkan lebih cepat dari yang kami pekirakan sebelumnya. Eropa mempertahankan posisinya lebih dari yang diharapkan, dan Timur Tengah adalah kawasan yang patut diperhatikan," kata Eric Archambault yang menulis laporan Science-Metrix.

Ia mengatakan, publikasi karya-karya ilmiah dari Iran kebanyakan tentang kimia nuklir dan tentang fisika partikel. "Iran juga mengalami kemajuan pesat di bidang ilmu kedokteran dan pengembangan pertanian," tukas Archambault.

Ia menambahkan, perkembangan teknologi di Iran pada tahun ini sangat cepat bahkan melampaui negara China yang oleh dunia diakui cemerlang dalam bidang sains .

Meski lebih dari 30 tahun diembargo Barat, Iran telah melakukan langkah besar di berbagai sektor, termasuk sektor ruang angkasa, nuklir, kedokteran, penelitian tentang sel dan kloning. Tanggal 2 Februari kemarin, Iran berhasil meluncurkan satelit yang diberi nama Kavoshgar 3 ke ruang angkasa. Satelit itu membawa berbagai organisma hidup seperti tikus, dua ekor kura-kura dan cacing untuk keperluan penelitian.

Sebelumnya, di bulan Januari, Iran menjadi negara pertama di Timur Tengah yang mampu mengembangbiakkan hewan ternak transgenik, seperti domba dan kambing. Iran juga tercatat sebagai salah satu negara dari sedikit negara yang berhasil mengembangkan teknologi dan perangkat untuk mengkloning hewan ternak yang bisa digunakan untuk keperluan penelitian di bidang kedokteran dan untuk memproduksi zat antibodi manusia untuk menangkal penyakit.

Anak domba bernama Royana dan dua sapi bernama Bonyana dan Tamina adalah hewa-hewan hasil kloning pertama di Iran.



sains china ternyata lewat ama iran tuh....
kena 30 thn embargo sana sini aja 11 kali lebih cepat kemajuannya.....
gimana kalo gak di embargo, mungkin adi daya amerika dah roboh deh....







.

nendri 20th February 2010 15:03

Quote:

Originally Posted by DulJeber (Post 9829181)
Perkembangan Ilmu Pengetahuan di Iran, Tercepat di Dunia







sains china ternyata lewat ama iran tuh....
kena 30 thn embargo sana sini aja 11 kali lebih cepat kemajuannya.....
gimana kalo gak di embargo, mungkin adi daya amerika dah roboh deh....







.

ada yg bilang Iran masih keturuan bangsa Aria yang menjadi KEBANGGAAN orang Eropa. mohon pencerahaan ...

reki 20th February 2010 16:35

Iran dulunya dikenal dengan Bangsa Persia. Dan sejak dahulu kala juga, bangsa persia sangat terkenal dengan ilmu sastra dan ilmu pengetahuannya.

para pencinta sastra di seluruh dunia telah mendengar keunggulan sastra Iran dan mereka antusias untuk mempelajari bahasa dan karya-karya sastrawan Iran. Para penyair Iran seperti Ferdowsi, Khayyam, Sa'di, dan Hafez, serta ilmuwan seperti Ibnu Sina, Biruni, Razi, Farabi, telah meninggalkan warisan berupa karya-karya bernilai tinggi dan abadi sehingga mereka menjadi terkenal di dunia.

Di jaman sekarang, dimana Iran mendapat tekanan dari blok barat dan juga mengalami embargo, tidak menghentikan bangsa ini untuk berkarya...Justru dengan kondisi seperti ini, seakan-akan mereka terpecut untuk menjadi bangsa yang lebih besar lagi...dan ini dibuktikan dengan pengembangan teknologi untuk ilmu pengetahuan dan persenjataan militernya.

SCIENCE AND TECHNOLOGY

- Laser

Sejak 3 hingga 8 Februari bulan ini, diselenggarakan sejumlah pameran kemajuan yang dihasilkan para pakar Iran di bidang teknologi laser di Tehran. Pameran yang terbuka untuk umum ini memamerkan penemuan para ilmuwan Iran baik yang masih dalam proyek maupun yang sudah pada tahap produksi. Teknologi laser dimanfaatkan hampir di setiap bidang dan penggunaannya semakin meluas.

Sinar laser banyak digunakan untuk kepentingan kedokteran, pertanian, peternakan, industri, perbintangan, prakiraan cuaca, biologi, antariksa dan militer. Di pameran Tehran, Doktor Jamshid Sabbaghzadeh, Ketua Pusat Sains dan Teknologi Laser Iran menyatakan, "Kini di Timur Tengah, Iran terdepan di bidang produksi beragam laser dan di Asia berada di urutan kedua setelah Jepang. Sementara di dunia Iran berada di urutan kesepuluh."

Laser banyak dimanfaatkan di dunia kedokteran. Di Tehran, laser untuk kedokteran juga banyak dipamerkan. Satu dari jenis laser ini untuk menghancurkan batu ginjal tanpa membutuhkan pembedahan. Pengobatan batu ginjal dengan menggunakan laser lebih baik ketimbang cara lainnya dan penderita tidak terlalu merasakan sakit. Mesin laser CO2 adalah produk lain yang dipamerkan di pameran kali ini yang bermanfaat untuk mengobati gangguan kulit. Sementara mesin terapi laser yang juga ikut dipamerkan begitu mendapat perhatian kalangan ilmuwan dunia.

Penggunaan laser dalam mengobati pelbagai penyakit, otot dan sendi seperti penyakit arthritis dan sakit kepala migren. Salah satu kegunaan paling penting laser di bidang kedokteran saat melakukan pembedahan, khususnya saat operasi mata. Saat ini hampir 90 persen operasi mata dilakukan dengan menggunakan teknologi laser. Dalam pameran Tehran ini pelbagai alat operasi yang menggunakan sinar laser dipamerkan untuk umum.

Satu dari kelebihan pameran teknologi laser Tehran adalah produksi laser disk yang teknologinya hanya dimiliki oleh sebagian negara maju di dunia. Alat ini punya peran penting dalam industri dan dipakai untuk memotong dan menyambung dengan ketelitian yang tinggi. Menurut para ilmuwan Pusat Sains dan Teknologi Laser Iran, lembaga ini telah memproduksi satu mesin laser penting terkait laser optik yang mampu mengukur dengan sangat teliti. Jenis laser ini dipakai juga untuk alat pencari, radar, pembuatan permata, jam, pemotongan dan penyambungan yang teliti.

reki 20th February 2010 16:50

BIDANG ANTARIKSA

Para ilmuwan Iran tahun lalu, telah mengirim satelit nasional Omid ke ruang angkasa lewat roket peluncur Safir 2. Keberhasilan para ilmuwan Iran ini tentu saja membuat takjub seluruh dunia. Karena pembuatan dan peluncuran satelit membutuhkan teknologi maju dipelbagai bidang. Di peringatan Sepuluh Kemenangan Revolusi tahun ini, Iran mengirimkan roket Kavoshgar 3 ke angkasa dengan sebuah kapsul yang berisikan sejumlah mahkluk hidup. Acara yang dihadiri Presiden Ahmadinejad rencananya menjadi pendahuluan bagi Iran sebelum mengirim manusia ke ruang angkasa.

http://pic90.picturetrail.com/VOL222.../383052593.jpg

Sumber :http://en.wikipedia.org/wiki/Safir_(rocket)

Roket Kavoshgar 3 bukan satu-satunya keberhasilan para ilmuwan Iran di bidang teknologi antariksa, tapi berbarengan dengan itu Iran juga memamerkan tiga satelit dan sebuah motor pembawa satelit. Motor pembawa satelit bernama Simorgh merupakan capaian baru yang lebih modern dari roket safir 2. Roket pembawa satelit ini mampu membawa satelit seberat 100 kilogram di ketinggian 500 kilometer.

Sumber : http://uskowioniran.********.com/201...voshgar-3.html

Satelit Tolou termasuk satelit buatan ilmuwan Iran yang diresmikan oleh Presiden Ahmadinejad. Tugas asli satelit ini untuk mengambil gambar bumi dan mengirimkannya ke stasiun bumi. Gambar ini akan dimanfaatkan terkait pemetaan, penelitian kerusakan sumber-sumber bumi, ilmu pertanian dan perhutanan, menyaksikan ketebalan awan dan penyebaran populasi.

http://pic90.picturetrail.com/VOL222.../383052717.jpg

Satelit Mesbah 2 adalah satelit lainnya yang dipamerkan di Sepuluh Kemenangan Fajr. Mesbah 2 adalah satelit komunikasi yang akan menyimpan dan menemukan informasi. Mahasiswa Iran juga tidak mau kalah dari para seniornya dan mereka ikut membuat sebuah satelit bernama Navid yang mampu memfoto bumi dengan presisi yang sangat akurat.

reki 20th February 2010 17:10

MILITER

Produksi roket anti-kendaraan lapis baja dan helikopter diresmikan Menteri Pertahanan Iran, bertepatan dengan hari keenam dari peringatan Sepuluh Hari Fajar Kemenangan Revolusi Islam Iran. Dimulainya produksi roket anti-kendaraan lapis baja Toufan V dan roket anti-helikopter Qaem, disaksikan langsung oleh Jenderal Ahmad Vahidi. "Roket Toufan V termasuk salah satu roket anti-kendaraan lapis baja canggih yang memiliki dua hulu ledak.

Hulu ledak pertama untuk melobangi target dan hulu ledak kedua untuk menembus tank atau panser musuh." "Adapun roket anti-helikopter Qaem adalah roket kelas menengah yang dapat dikontrol. Roket ini mampu memburu target dengan kecepatan dan ketinggian yang rendah," tegas Jenderal Vahidi. Menurutnya, roket ini sangat ideal untuk menembus pertahanan helikopter yang memiliki body semi-lapis baja. Roket tersebut dinilai kebal terhadap perang elektronik atau sistem pengacak mengingat roket ini menggunakan pelacak laser.

bakaSHINJI 20th February 2010 17:20

Mau bagi2 gak ke kita? :ngiler:

Atau diem2 aja dipakai sendiri buat mendukung ambisi jadi pemimpin regional? :hi:

reki 20th February 2010 17:35

URANIUM

http://pic90.picturetrail.com/VOL222.../383053615.jpg

Iran telah berhasil memproduksi 20% pengayaan uranium yang bertujuan untuk PLTN. Dan dari sini pastilah akan banyak manfaat yang akan di dapat bagi rakyat Iran.
Namun media-media barat (yang sudah dikuasai yahudi zionis) membuat suatu opini internasional dengan menuduh bahwa produksi uranium Iran bertujuan untuk produksi senjata nuklir.

Namun media barat tidak pernah memberitakan apa saja yang sudah dibuktikan Iran mengenai tujuan pengayaan uraniumnya, dimana salah satu contohnya adalah.....

http://pic90.picturetrail.com/VOL222.../383053614.jpg

Iran telah memproduksi mobil nasional Samand bertenaga listrik. Bahkan mobil nasional Iran Samand telah dieksport ke switzerland dan beberapa negara lainnya.

http://pic90.picturetrail.com/VOL222.../383054258.jpg

jediez 20th February 2010 18:29

bohong tuh. sumbernya paling dari situs abal2. kenyataannya kok universitas2 di Iran tak ada yang masuk peringkat 100 besar dunia. dan tak pernah ada orang iran yang memenangkan nobel fisika/kimia/kedokteran. bisa dicek sendiri di:

http://en.wikipedia.org/wiki/Academi...ersities,_2009
http://en.wikipedia.org/wiki/List_of...y_countryhttp:

Boleh2Aja 20th February 2010 18:39

Sebenarnya apa hubungannya Indonesia dan Iran?

Kenapa di forum2 banyak sekali yg fanatik dengan Iran melebihi negara2 sesama ras di Asia Tenggara?

Seharusnya kita bangga terhadap kemajuan Malingsia..........cuma bercanda.......tapi kalo dipikir2 memang haruskan.

Denger2 teknologi Iran dimiliki oleh pemerintah.......artinya.......kita jg bisa ikut mencaploknya.......gratis!

Hubungan kita dengan Iran cukup dekat, baik pemerintah dan rakyat. SBY harus terbang ke Iran malam ini!

putra_kali_bekasi 20th February 2010 18:54

ilmu pengetahuan boleh berkembang...

tapi hak asasi manusia??? wah, Iran di tingkat cetek tuh...

mendingan mana sekarang???


All times are GMT +8. The time now is 09:50.


Powered by vBulletin
Copyright © 2000 - 2006, Jelsoft Enterprises Ltd.