View Single Post
Old 13th May 2015, 21:02
#116  
maksimaho
Groupie Member
Malemaksimaho is offline

maksimaho's Avatar

Join Date: Dec 2010
Location: Diantara kamu, carrier dan kamera
Posts: 10,135
maksimaho Super Legendmaksimaho Super Legendmaksimaho Super Legendmaksimaho Super Legendmaksimaho Super Legendmaksimaho Super Legendmaksimaho Super Legendmaksimaho Super Legendmaksimaho Super Legendmaksimaho Super Legendmaksimaho Super Legend

Send a message via Yahoo to maksimaho
Default

Pasar Apung kuin, banjarmasin, kalsel

Pasar terapung merupakan tempat dimana kita akan menyaksikan atau beraktivitas langsung di pasar sungai menggunakan perahu. Pasar terapung ini berlokasi di Banjarmasin tepatnya Sungai Kuin. Pasar terapung di Banjarmasin merupakan refleksi budaya orang Banjar yang telah berlangsung sejak dahulu.

Pasar apung bisa punya akses yang cukup mudah, karean kita tidak usah berkali-kali naik turun angkutan, berhubung ini perjalanan luar pulau mau gak mau harus naik pesawat, biasanya gw kalo untuk perjalana yang menggunakan pesawat gw gw udah atur perjalanan sebulan sebelum hari H, kenapa karena biasanya tiket2 yang dibeli jauh-jauh hari harganya lebih murah, setibanya di bandara samsudin noor, gw langsung ke luar bandara dan nyari taxi (taxi yang dimaksud disini buka kayak taxi-taxi di pulau jawa, taxi di banjarmasin itu adalah sebutan untuk angkutan2 umum seperti angkot), dari bandara gw langsung menuju penginapan di pal 6, penginapan di pal 6 permalam cuma dibandrol 80 ribu (kamar mandi didalam dan spring bed, dan ternyata itu adalah hotel esek ), nyampai hotel gw langsung tidur karena besok harus berangkat sekitar subuh

sekitar jam 4 pagi lebih, travelmate gw sudah menjemput dengan manisnya di depan kamar hotel, seorang sahabat yang baru gw kenal sebulan sebelum gw berangkat ke banjarmasin, itupun cuma bebrapa kali kontak, dan yang bersangkutan menawarkan diri buta mengguide selama gw disana setelah basa-basa sebentar kita langsung berangkat kesana, dan jaraknya lumayan deket kalo naik ojek dipagi buta sekitar 50 ribu, karena kita harus berangkat pagi, karena pasar apung akan sangat ramai pada pagi hari, setelah kami parkir motor, akhirnya kita menuju pelabuhan dan disana bebarapa orang langsung menawarkan kami untuk diantar ke pasar apung, dan akhirnya kami memilih seorang bapak dengan dua anak untuk mengantarkan kami, setelah nego alot dan dengan biaya 150 ribu, sebenarnya murah, karena perahu bisa muuat 6 orang lebih, karean yang kita sewa perahunya,

namanya klotok, semacam perahu yang dibuat dari kayu dengan menggunakan mesin sebagai penggeraknya, jujur aje gw agak takut, dengan goncangan ketika klotok mulai mebelah sunga barito, sampai gw kagak konsen motret saking takutnya setelah beberapa menit, klotok yang kita tumpangi sampai pasar apung

Spoiler

Spoiler

Spoiler

Spoiler

suasana persis sama kayak pasar pada umumnya cuma transaksinya berlangdung atas sungai dengan menggunakan perahu baik si pembeli maupun si penjual, gw jujur aja takjub melihat keunikan ini, yang dijual pun beraneka macam dari makanan, minuman, sayur dan buah-buah2an, gw sempet beli wadai (orang banjarmasin menyebut kue dengan wadai), dan buah pisang.
wisatawan disana bukan hanya wisdom atau ada wisman juga

Spoiler

Spoiler

Spoiler

puas putar2 disana, kita langsung ke pulau kembang, pulau kembang adalah salah pulau di tengah sungai yang ada di sungai barito, pulau tersebut dihuni oleh ratusan kera, kera atau bekantan gitu, pokoknya doyan pisang, itulah gunanya kenapa gw beli pisang pas dipasar apung, kera disana cukup banyak dan hidup bergerombol, disana gw kagak berani ngeluarin kamera, takut diambil sama si onyet setelah puas menikmati pulau kembang, sekitar jam 9 kita cuzzz balik ke banjarmasin.

sorenya gw dijemput sama travelmate gw dihotel yang sama dan ngajak nongkrong di siring, siring adalah tempat nyantai urang banjar, semua kalangan biasanya kalo sore memadati siring, siring tempat nongkrong dipinggir sungai, biasanya kita ngobrol dipinggir sungai, beralaskna tikar yang sudah disediakan sama para penjual makanan kecil disana, biasanya yang banyak di jual disana itu jagung, roti dan pentol. pentol kalo dikalsel itu jajan fav disegala penjuru ada pedagang pentol, pentol itu bakso yang dicocol dengan saos pedas atau saos omat, anak kecil sampai opa-opa suka sama jajanan ini, nggak peduli siang pagi atau malam makan ini tetap favorit, kalo kebanjarmasin jangan lupa, nyicipn makanan yang lain seperti masak habang, olahan itik, dan soto banjar

Last edited by maksimaho; 13th May 2015 at 21:04..
Reply With Quote